Yuk Kita Cari Tahu Perenang Tercepat Di Dunia!

Cheetah adalah hewan yang terkenal sebagai hewan yang hidup di darat dan memiliki kecepatan paling cepat di dunia.

Namun di dalam laut sana pun tidak kalah, dimana di laut juga ada ikan yan memiliki kecepatan setara dengan cheetah, yaitu ikan Sailfish. Sailfish atau dalam bahasa kita disebut dengan ikan layaran adalah perenang yang menjadi perenang tercepat di dunia.

Ikan yang hidup di perairan hangat samudera-samudera di dunia ini pada umumya berwarna biru keabu-abuan. Dan ciri khas lainnya yang unik yaitu moncongnya yang berbentuk memanjang menyerupai moncong ikan pedang. Ikan ini memiliki badan yang lurus, kaku dan meruncing serta memiliki sirip ikan menyerupai gunting, dan ikan layar ini diciptakan memang untuk bergerak cepat. Pergerakan cepatnya ini disesuaikan dengan kemampuan dirinya dalam menggerakan ekornya ke depan dan belakang hingga ratusan kali dengan memanfaatkan ototnya yang sangat kuat. Kecepatan ikan ini pun didukung oleh kemampuan menggerakan siripnya dalam waktu yang cepat terutama sirip yang terdapat pada punggungnya yang lebar. Sirip tersebut membantu mengurangi efek tarikan serta mengurangi resistansi pada terhadap pergerakannya sendiri. Tidak hanya itu, tulang punggungnya pun sangatlah fleksibel untuk bisa menambah daya dorong tubuhnya sendiri ketika ia berenang.

Sirip punggung ikan yang satu ini biasanya terlipat ketika beranang, namun mengembang apabila dirinya merasa terancam atau sedang aktif dan membuatnya akan lebih besar dibandingkan dengan ukuran yang sebenarnya. Dan metode ini pun bisa diamati ketika ikan ini makan, ketika sekelompok ikan layaran menggunakan sirip layar mereka untuk menggirin kumpulan ikan atau cumi untuk diburu bersama-sama.

Ikan ini merupakan ikan perenang yang sangat luar biasa. Ikan tercepat ini telah diukur untuk bergerak melintasi laut dengan kecepatan yang sangat luar biasa pula yakni 110 km/jam atau 68mph. Dan hal tersebut membuat ikan tersebut sebagai ikan perenang tercepat yang diketahui oleh manusia.

Ikan ini pada dasarnya bisa tumbuh hingga 1,5 meter dengan berat 80 kg. Ikan ini memang memiliki ukuran cukup besar, namun mereka juga dikenal sebagai ikan yang sering melompat ke permukaan. Untuk itulah banyak orang yang ingin melihat ikan yang satu ini. Ikan layaran ini biasanya menjadi pavorit para pemacing-pemancing yang sudah profesional.

Sebenarnya ikan yang satu ini masih menjadi misteri bagi para ahli bidang biologi kelautan. Hal tersebut disebabkan karena pergerakannya sangat cepat dan tingkat perpindahannya sangatlah tinggi. Selain itu ikan yang memiliki nama lain Istiophorus albicans, untuk ikan yang berada di Samudra Pasifik dan Istiophorus platypterus untuk yang bermukim di Samudera Atlantik ini tersebar hingga ratusan mil dari pantai. Karena hal itu membuat para ahli kesulitan untuk mencari lokasi dan tempat pasti ikan yang satu ini.
Penelitian terbaru menunjukan ikan ini memang cepat. Dalam 36 jam setelah bertelur, telur-telur tersebut bisa langsung menetas. Dan pertumbuhan tubuh meraka pun sangat cepat, sekita 6 kaki dalam per tahunnya.

Hal unik lain dari ikan yang satu ini, dimana mereka bisa merubah tubuhnya menjadi biru muda dengan garis-garis kuning, sehingga akan membuat bingung mangsa dan memberi isyarat kepada ikan layaran yang lainnya.

Wow menakjubkan bukan? Yuk klik share untuk berbagi bersama teman dan orang terdekat anda, serta jangan lupa berikan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook