Wow! Penemu Vaksin Anti Kanker Serviks Ini Ternyata Adalah Orang Indonesia

Perkembangan ilmu pengetahun dari masa ke masa semakin berkembang.

Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin besar dari waktu ke waktu pun turut dirasakan di Indonesia. Perkembangan itu turut mempengaruhi anak-anak Indonesia untuk semakin aktif dan juga kreatif dalam menciptakan dan menemukan berbagai hal baru. Dengan penemuan-penemuan yang berhasil dibuat oleh anak-anak Indonesia, tak jarang berbagai penghargaan didapatkan oleh anak-anak Indonesia tersebut.

Ada beragam penemuan yang belakangan ditemukan oleh anak Indonesia dan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keperluan masyarakat di era sekarang. Salahsatu yang cukup penting adalah penemuan mengenai vaksin untuk penyakit Kanker Serviks. Kanker serviks merupakan salahsatu penyakit yang disebabkan oleh virus HPV atau Human papilloma virus.

08 indonesiaku

Penemuan vaksin dari kanker serviks ini adalah seorang pria asala Bogor bersuai 35 tahun bernama Richard Rianto Rustandi. Richard diketahui sebagai seorang Profesor dari Universitas Chicago dan juga ilmuwan yang bekerja di perusahaan penyedia layanan kesehatan Meck Sharp and Dohme (MSD). Richard mengaku selama delapan tahun melakukan penelitian mengenai bahaya yang bisa ditimbulkan oleh virus HPV.

Hasil dari delapan tahun penelitian akhirnya Richard berhasil menemukan vaksin HPV quadrivalent yang merupakan buah pemikirannya selama bekerja di MSD. Dengan penelitiannya tersebut pula Richard menemukan fakta jika virus HPV memiliki hingga 130 jenis yang sangat berbahaya. Virus HPV juga bisa menjadi penyebab dari berbagai penyakit lainnya sebut saja kutil kelamin, pra kanker vulva, pra kanker kelamin dan berbagai penyakit mengerikan lainnya lagi.

Persebaran virus ini juga dirasa sagat mengkhawatirkan, WHO mencatat jika dalam 11,4 persen wanita yang melakukan papsmear normal mereka terkena virus HPV. Untuk kanker serviks sendiri, dari 100 persen penderita, 99,7 persen penderitanya merupakan orang yang terkena virus HPV.

Penularan kanker satu ini sebagian besar diketahui karena kontak seksual atau kontak kelamin. Mengejutkan jika dikemudian hari di Indonesia bisa ditemukan hingga 38 kasus kanker serviks setiap harinya. Lebih mnegerikannya lagi, dari semua kasus yang seringkali terjadi 70 persen kasus kanker ini ditemukan telah dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Tentunya ini menjadi perhatian yang sangat serius.

Dengan klehadiran dari vaksi HPV quadrivalent karya Richard ini persebaran dari penyakit akibat dari persebaran virus HPV lebih bisa ditangai dan diantisipasi. Vaksi buatan anak Indonesia ii diketahui bisa memberikan perlindungan yang lengkap terhadap bahaya virus HPV. Sehingga setiap yang divaksin tentunya akan bis terlindungi dari bahaya kanker serviks dan juga berbagai jenis penyakit lainnya yang berasal dari persebaran virus HPV.

Atas penemuannya tersebut Richard sebagai anak Indonesia merasa jika potensi Indonesia khususnya di bidang pendidikan itu sangatlah besar. Lebih lanjut lagi ia menyatakan optimismenya terhadap pendidikan Indonesia. Menurut Richard, pla materi pendidikan di Indonesia itu sudah sangat baik, bahkan di beberapa negara materi SMA yang diajarkan di Indonesia itu cukup mirip dengan materi yang diberikan di tingkat perkuliahan jenjang S2. Meskipun demikian Richard mengatakan jika memenag masij perlunya pola pendidikan dan pengajaran yang pas untuk bisa mentransfer ilmu secara optimal. Pola dan praktiknya itu kurang bisa memotivasi para peljara atau muridnya. Menurutunya hal terbsut tentu menajdi tanggung jawab dari pemerintah untuk memberikan contoh dan pola yang baik.

Mari bagikan informasi mengenai karya penemuan dari anak bangsa ini dengan menggunakan media sosial anda masing-masing. Anda bisa berbagi kepada teman dan sahabat anda dengan cara menekan tombol berbagi yang telah disediakan di halaman ini. Jangan lupa juga untuk berinteraksi dengan pembaca lainnya dengan cara menekan tombol berbagi yang telah disediakan di bagian bawah dari artikel ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook