Wow! Alat Ini Mampu Menyedot Sampah Di Lautan! Simak Di Sini!

Kepedulian lingkungan menajdi salahsatu isu yang cukup meanrik utnuk dibahas saat ini.

Dunia yang sedang mengalami krisis kepedulian lingkungan telah mulai menunjukan cukup banyak perubahan, dari mulai permasalahan pencairan es karena global warming, sampai isu-isu lainnya semacam pembakaran hutan dan juga sampah yang tidak pernah ada habisnya.

Konsumsi manusia yang terus meningkat dari waktu ke waktu juga dibarengi dengan banyaknya penggunaan bahan-bahan yang diangap kurang ramah lingkungan, salahsatunya adalah plastik. Plastik yang dipergunakan dalam berbagai segi kehidupan manusia saat ini sianggap sebagai salahsatu material yang cukup sulit untuk ditangani oleh alam, sebab sangat sulit untuk diurai oleh organisme alami.

02

Dengan semakin banyaknya sampah hasil rumah tangga dan juga industri yang berbentuk plasti, akhirnya hal tersebut berimbas pada kotornya dan rusaknya laingkungan. Contoh yang paling nyata adalah banjir, sebab air yang harusnya lancar mengalir harus tersumbat oleh begitu banyaknya sampah plastik. Sampah plastik dan berbagai sampah yang sulit lainnya juga ternyata sangat banyak ditemukan kini mulai mengotori lautan, dan tentunya hal tersebut sangat tidak baik untuk organisme di laut tersebut, sebab bukan tidak mungkin bisa membunuh ikan-ikan atau burung yang mencari makan di lautan.

Hal tersebut jugalah yang ternyata mengganggu pikiran 2 orang lelaki asal Australia yang bernama Andrew Turton dan Pete Ceglinski, mereka sangat terganggu dengan permasalahan sampah yang semakin merusak lingkungan, hingga akhirnya mereka menemukan sebuah alat unik nan sederhana. Kedua pria tersebut menciptakan alat tersebut untuk bisa membantu mereka lebih mudah dalam mengumpulkan sampah-sampah plastik yang banyak sekali tercecer di lautan. Yang paling unik dari karya buatan mereka ini adalah hasil plastik yang terkumpul dari alat mereka tersebut pada akhirnya akan mereka daur ulang kembali menjadi alat baru sehingga menjadi sebuah efek domino dan terus berulang.

Alat unik hasil gagasan 2 prang pria tersebut diberi nama Seabin. Selain dengan sampah plastik ternyata seabin buatan mereka tersebut bisa juga menyedot dan menampung carian deterjen hingga ceceran bahan-bakar atau minyak di lautan. Orang yang hendak menggunakan alat ini bisa meletakannya di saat kapal mereka sedang diam atau di pelabuhan dan tentunya di lokasi-loaksi laut yang memiliki permasalahan sampah yang banyak. Untuk membuat seabin mereka mencoba untuk memasukan model seabin ke sebuah situs crownfunding atau donasi yaitu indieGoGo. Dengan memasukannya ke dalam situs crownfunding tersebut, mereka berharap bisa mendapatkan bantuan dana untuk menutupi seluruh biaya pembuatan prototype dari Seabin yang berjumlah USD 230.000.

Mau tahu bagaiamana cara kerja dari alat unik penyedot sampah di lautan ini? Berikut video profile dari alat sederhana namun berefek luar biasa bernama seabin, hasil buatan Andrew Turton dan Pete Ceglinski. Simak videonya di bawah ini!

Demikianlah inovasi unik dari sebuah alat sederhana pengumpul sampah di lautan bernama seabin yang diciptakan oleh 2 orang pemuda asal Australia tersebut. Alat yang memiliki bentuk unik namun sangat ebrguna dalam mengumpulkan sampah di lautan ini memang sangat efisien dan menjadi salahsatu pilihan bagi anda yang mencintai lingkungan dan kebersihan, nmaun dengan biaya yang murah dan juga sederhana.

Silahkan bagikan video dan juga artikel mengenai proyek cinta lingkungan, yakni mengenai alat pengumpul sampah bernama seabin satu ini dengan cara menekan tombol share yang terletak di halaman ini, kemudian silahkan lanjutkan dengan mengisi kolom komentar dengan pendapat anda tentang bagaimana proyek seabin ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook