Wisata Papua: Menyelami Keindahan Alam Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Liburan panjang tiba, mungkin saatnya untuk kembali mencoba menyelami keindahan alam laut Indonesia.

Jika berbicara mengenai alam laut beserta keindahannya yang luar biasa, maka tak perlu lagi ada keraguan yang hinggap kepada kita untuk memutuskan untuk berkunjung dan berlibur ke berbagai spot bawah laut terbaik yang berada di Indonesia. Pemandangannya yang sangat indah dan merupakan yang terbaik di dunia itu merupakan anugerah yang tidak bisa dielakan lagi dan sudah sewajibnya kita kunjungi sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang tercurah melalui keindahan yang telah diberikkan Tuhan tersebut.

Dari ujung ke ujung kita bisa menemukan spot bawah laut indah di berbagai lokasi yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, bahkan mungkin dari sekian banyak spot yang kini terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan justru masih ada lagi surga indah yang masih tersembunyi dan belum tereksplorasi secara optimal.

Nama-nama besar seperti Taman Nasional Wakatobi, Taman Nasional Bunaken dan beberapa spot lain adalah lahan dan area bersenang-senang bagi sebagian besar para pecinta dan pengagum keindahan bawah laut. Ujung timur Indonesia dengan kealamian alam Papua juga seiring dengan waktu semakin menunjukan keindahan dan pesonanya, yang membuat orang-orang tak hanya dari Indonesia bahkan seluruh dunia tertarik untuk datang berkunjung, di mana salahsatu spot paling diincar adalah Raja Ampat.

Tak ada habisnya memang alam Papua ini, keindahannya selalu bisa mempesona mata setiap orang. berbicara mengenai liburan dan Papua, khususnya Papua Barat, selain Raja Ampat sepertinya anda harus mencoba mengunjungi lokasi lain dan menemukan pengalaman yang mungkin akan sangat jarang dan mungkin tidak pernah anda temukan sebelumnya di beberapa spot lainnya, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.
Perpanjang waktu liburan anda di Papua, karena setelah Raja Ampat, anda harus menuju sebuah tempat bernama Taman Nasional Teluk Cendrawasih, di mana taman nasional ini merupakan sebuah taman nasional dengan lokasi perairan terluas di Indonesia.

Berkat wilayah perairannya yang sangat luas tersebut, alam bawah laut Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini memiliki keragaman biota laut yang sangat banyak dan tentunya memukau. Tak hanya kekayaan biota lautnya, kekayaan alamnya pun tak kalah mengagumkan, bagaimana tidak Taman Nasional Teluk Cendrawasih menjadi rumah bagi banyak sekali jenis flora dan fauna yang beberapa di antaranya juga termasuk yang dilindungi. Dengan berkunjung ke areal Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga anda akan menemukan sejarah bagaimana nenek moyang dari orang-orang yang mendiami wilayah tersebut pada masa lalu melalui berbagai peninggalan berupa tengkorak dan benda-benda perlengkapan sehari-hari. Semua hal tersebut bisa anda temukan di sebuah gua yang dipercaya menjadi tempat tinggal dari nenek moyang mereka pada zaman dahulu. 

Menyelami Keindahan Bawah Laut Teluk Cendrawasih

Jika anda mengira jika Raja Ampat saja yang mampu menyimpan kekayaan bawah laut super mengagumkan, maka itu salah besar, justru Teluk Candrawasih juga memiliki keindahan yang tak kalah besarnya dibanding Raja Ampat, berlokasi di area lempeng benua mungkin menjadi salahsatu penyebab bagi kesuburan serta keragaman pesona alam yang luar biasa.

Dari sekian banyak atraksi yang tersimpan di tempat ini, maka cobalah segera eksplorasi wilayah perairannya, sebab di sana anda akan menemukan pengalaman yang sangat berbeda dari sejumlah petualangan yang telah anda lakukan sebelumnya. Lumba-lumba, hiu, paus remis raksasa akan menjadi sebagian kecil dari penghuni alam laut Teluk Cendrawasih yang akan menemani anda menjelajahi alam indah ciptaan Tuhan tersebut. Dari perairannyayang sangat luas tersebut, sekitar 70.000 hektar menjadi rumah yang nyaman bagi tumbuh dan berkembangnya karang hidupnya saja.

Dari sekian banyak atraksi yang ditunggu-tunggu, mungkin berenang dan bercengkrama bersama salahsatu penghuni terbesar lautan menjadi sajian menu utama dari beragam aktivitas yang menyenangkan di sana. Sebagai salahsatu lokasi bagi penelitian hiu paus, maka binatang besar yang satu ini tak sungkan untuk muncul ke permukaan dan menyapa orang-orang. Akan banyak sekali kesempatan anda untuk melihat binatang besar bernama hiu paus ini, sebab kemunculannya terbilang sangat mudah ditemui, di mana biasanya mereka akan muncul di sepanjang perairan Teluk bahkan hingga di depan rumah-rumah para nelayan.

Karena Teluk Cendrawasih ini merupakana taman nasional yang terbilang sangat luas, teluk ini memiliki sejumlah pulau yang sangat indah dan menarik untuk di eksplorasi, di mana setiap pulau akan menyuguhkan keberagaman atrakasi alam, seperti Pulao Yoop yang merupakan lokasi favorit untuk melihat paus dan lumba-lumba, Pulau Roon yang memiliki gereja tua, Pulau Misoowar yang akan memperlihatkan anda peradaban zaman dahulu melalui tulang belulang rangka beserta berbagai benda bersejarah lainnya.

Akses Menuju Teluk Cendrawasih

Jika berencana untuk mengunjungi Teluk Cendrawasi anda tinggala mengikuti rute berikut.

Dari titik awal keberangkatan anda bisa menggunakan penerbangan dari beberapa maskapai penerbangan di Indonesia, melalui beberapa bandara di Jakarta, Surabaya dan Bali. Penerbangan dilakukan dari lokasi tersebut menuju ke Biak.

Setelah sampai di Biak, anda bisa melanjutkannya Nabire dengan menggunakan jasa penerbangan dalam negeri.
Setelah dari nabire, transportasi beralih dengan menggunakan perahu motor dengan perjalan yang memakan waktu hingga 3 jam perjalanan menuju lokasi utama yakni Teluk Cendrawasih yang terletak di Pulau Rumberpon.

Penginapan Terdekat

Pilihan akomodasi selama anda berwisata dan berpetualang di Taman Nasional Cendrawasih mungkin cukup terbatas, sebab ketersedian dan penataan area wisatanya masih dirasakan belum optimal. Ada tiga pilihan utama jika anda berkunjung ke Teluk Cendrawasih, di antaranya adalahh

  1. Paling mudah dan murah mungkin anda bisa mencoba mencari penginapan dan hosting di rumah warga yang berada di Rumberpon. Fasilitas dan pelayanan tentunya tergantung kepada rumah yang anda dapatkan dan tinggali.
  2. Ahe resort mungkin bisa menjadi pilihan jika bujet liburan anda cukup memadai dan besar, sebab tawaran paket yang tersedia berkisar pada angka 1.120 USD dengan lama wisata adalah 1 minggu dengan fasilitas bagus dan lengkap.
  3. Live-aboard mungkin menjadi pilihan yang bisa anda ambil, sebab pengalaman yang ditawarkan sangatlah berbeda dan menjadi pengalaman tersendiri. Dengan memilih untuk live-aboard anda akan tinggal di atas perahu dengan fasilitas yang cukup dan kepuasan sebab anda bisa mengunjungi satu-persatu spot indah di loksai Teluk Cendrawasih.

Tips Wisata

Dari sekian banyak atraksi yang ditawarkan maka cobalah beberapa tips berikut agar liburan anda tetap nyaman dan aman, juga bisa lebih optimal. Berikut tipsnya.

  1. Cobalah berkunjung pada bulan Mei hingga Oktober di mana dikatakan bulan tersebut merupakan waktu terbaik kunjungan, meskipun anda akan tetap melihat keindahan yang sama pada bulan-bulan lainnya, justru pada waktu itulah keindahan dari Teluk ini akan mencapai titik optimalnya.
  2. Bagi anda yang sangat bersemangat untuk berenang dan berinteraksi dari dekat dengan hiu paus tetap perhatikan keselamatan melalui instruksi yang disampaikan guide, sebab meskipun jinak,interaksi yang berlebihan dapat membahayakan keselamatan ada dan juga habitat dari hewan-hewan di sana.
  3. Persiapkan dana lebih ketika berkunjung, sebab lokasi yang dituju memiliki akses transportasi yang cukup sulit dicapai, sehingga dikhawatirkan meleset dari bujet yang telah ditentukan.

Mari coba berkunjung dan merasakan keindahan Alam Teluk Cendarawasih, setelah sebelumnya anda menyebarkan dulu artikel dan videonya dengan cara menekan tombol share. Jangan lupa juga berikan komentar dan tanggapan anda.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook