Wisata Menuju Desa Tersembunyi Wae Rebo Di Nusa Tenggara Timur

Berpetualang dan mendapatkan pengalaman baru memang selalu mengasyikan dan menjadi pengalaman tak terlupakan dalam hidup.

Kegiatan wisata dan berpetualang merupakan salahsatu cara yang bisa anda lakukan untuk menguji banyak hal dalam diri anda, seperti pengetahuan, kemampuan bertahan, dan banyak lagi lainnya, disamping ada kelebihan rekreasi yang bisa kita dapatkan.

Berbicara mengenai petualangan, wisata dan Indonesia, maka anda bisa menemukan banyak lokasi indah dan menarik di indonesia yang bisa anda jadikan destinasi kunjungan berwisata yang memberikan sebuah pengalaman dan pelajaran berharga dari banyak sisi kehidupan anda.

04-wae-rebo

Salahsatu destinasi wisata menarik dan menyimpan berbagai hal berharga adalah Wae Rebo. Wae Rebo merupakan sebuah desa unik yang letaknya tersembunyi di antara lembah dan pegunungan di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kecamatan Satarmese Barat.

Indahnya Desa Wisata Tradisional Wae Rebo

Wae Rebo merupakan sebuah desa yang sangat unik dan bersejarah, lokasinya yang berada dikungkungan gunung, hutan dan lembah menjadi hal unik tersendiri yang patut untuk anda telusuri dan rasakan atmosfirnya. Lokasinya yang tersembunyi di antara lembah, hutan dan gunung bahkan membuat anda harus melakukan perjalanan hingga 5 jam lamanya untuk dapat mencapainya.

Selain letaknya yang sangat unik, wae Rebo juga merupakan salahsatu dusun di Indonesia yang masih mempertahankan keaslian budaya dari mulai keseharian hingga rumah tinggal mereka yang memiliki arsitektur sangat unik. Rumah yang diwariskan oleh leluhur mereka itu bernama Mbaru niang. Rumah berbentuk kerucut tersebut memiliki 5 tingkat dengan ruang tengah besar untuk berkumpul.

Mbaru niang sendiri hampir punah di tahun 70-an akbiat dari keutusan pemerintah yang mencoba merelokasi orang-orang pegunungan ke dataran rendah, meskipun demikian ternyata warga Wae Rebo yang hanya terdiri dari satu klan saja itu masih memilih bertahan dan melestarikan budaya leluhurnya tersebut. Salahsatu contoh kebudayaan yang masih dilestarikan adalah ritual meminta izin untuk bercocok tanam, sebab mereka percaya jika hendak menggali maka haruslah sesuai dengan izin dan kikhlasan dari alam.

Transportasi Menuju Wae Rebo

Melihat lokasinya yang sangat terpencil dan tersembunyi, perjalanan menuju lokasi ini akan menjadi perjalanan panjang menarik bagi anda yang melakukannya. Perjalanan panjang akan anda tempuh dengan menggunakan banyak sekali transportasi.

Jika perjalanan anda dimulai dari denpasar, anda bisa mengambil pnerbangan langsung menuju ke Ruteng, yang merupakan ibukota Manggarai atau juga menuju Labuan Bajo kemudian berlanjut menuju Ruteng. Setelah mencapai ruteng, perjalanan berlanjut menuju ke Denge yang merupkan desa terdekat menuju ke Wae Rebo. Dari Denge anda kemudian melanjutkan perjalanan dengan trekking selama 3-4 jam perjalan menyusuri hutan lebat menuju ke Wae Rebo.

Akomodasi Wisata Wae Rebo

Bagi anda yang berniat berkunjung ke Wae Rebo, maka ketika mencapai desa tersebut anda bia berinteraksi bersama para penduduknya untuk kemudian mendapatkan kesempatan bermalam di salahsatu Mbaru Niang yang ada di Wae Rebo.

Sebelum mencapai Wae Rebo sendiri, tepatnya di Denge anda bisa menyewa sebuah homesaty bernama Wae Rebo Lodge yang seringkali digunakan oleh para traveler yang hendak menuju Wae Rebo sebagai titik transit, menunggu waktu pagi sebelum berlanjut trekking meuju ke desa Wae Rebo itu sendiri.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung mengunjungi lokasi unik dan manrik satu ini? Jangan lupa untuk berbagi bersama dengan teman dan sahabat anda dengan cara menekan tombol share yang ada di bagian bawah.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook