Toya Bungkah Pemandian Alam Indah Di Kintamani, Menikmati Wisata Dataran Tinggi DI Pulau Bali

Berbicara mengenai wisata Indonesia tidak akan pernah lengkap rasanya jika tidak memasukan nama besar Bali dalam daftar lokasi wisata terfavorit dan terkenal di Indonesia, bahakn di seantero dunia.

Bali memang selalu membuat banyak orang yang selalu rindau dan ingin kembali menjelajahi dan merasakan alamnya yang sangat indah dan rupawan. Beragam atraksi hiburan bertema alam memang menjadi kekuatan bagi Bali untuk menarik wisatawan atau berkunjung dan merasakan indahnya alam yang dimilikinya. Bagi kebanyakan orang yang berkunjung ke Bali, mungkin yang menjadi tujuan utamanya adalah pantai atau wisata baharinya. Wisata pantai di Bali merupakan yang paling dimintai dan menarik banyak wisatawan, beberapa nama dari mulai Kuta, Sanur, Seminyak dan masih banyak lagi pantai indah lainnya.

Sebenarnya Bali masih menyimpan sejuta keindahan alam lainnya yang tidak kalah indah dan menariknya. Jika anda berniat mencoba alternatif wisata di Pulau Dewata Bali, anda bisa mengunjungi wisata alam yang tidak berhubungan dengan laut, seperti pura-pura, kebun bintang Bali, dan yang sangat bisa anda coba adalah dengan mengunjungi wilayah-wilayah dataran tinggi di Pulau Dewata Bali.

Salahsatu tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah sebuah lokasi bernama Toya Bungkah, yang berada di kaki Gunung Batur. Toya Bungkah merupakan merupakan sebuah kolam pemandian air panas alam yang airnya berasal dari Gunung Batur.

Dengan berendam di Toya Bungkah anda akan merasakan perasaan tenang dengan suasana alamnya yang sangat indah dan mengagumkan. Dengan kandungan sulfur yang terkandung dalam airnya juga Toya Bungkah tak hanya digunakan sebagai tempat merelaksasi otot-otot yang tegang tetapi juga mampu menjadi alternatif penyebuhan bagi beragam permasalahan kulit.

Keindahan Toya Bungkah ini semakin lengkap dengan pemandangan indah yang ditawarkan oleh pemanadangan alam dari Danau Batur. Nama Toya Bungkah sendiri berarti air dari Gunung Batur yang mengalir dari celah-celah bebatuan. 

Kini Toya Bungkah menjadi destinasi wisata berkembang di Gunung Batur, di mana tiap tahunnya wisatawan dari berbagai lokasi baik luar maupun dalam negeri datang untuk sekedar berkunjung dan merasakan manfaat serta keindahan yang ditawarkan oleh Toya Bungkah ini. dengan berkembangnya potensi pariwisata di Toya Bungkah beragam akses dan akomodasi untuk melayani kunjungan wisatawan ke tempat ini semakin meningkat, baik dari segi fasilitas, transportasi, hingga pelayanan kepada para pengunjung. Kolamnya sendiri kini ada 2 buah, di mana yang 1 masih berbentuk alam dan lainnya sudah mendapatkan perbaikan dengan perbaikan dan pembangunan sperti tembok pembatas dan lain sebagainya.

Relaksasi Di Toya Bungkah

Sudahkah memutuskan untuk berangkat dan mencoba mengeksplorasi keindahan alam sekitar Gunung Batur yang sejuk dan indah? maka anda pula sudah dipastikan mendapatkan berjuta pengalaman menenangkan ketika berada di Toya Bungkah.

Sebelum mencapai lokasi saja anda akan disuguhi oleh pemandangan indah nan menarik dari keajaiban alam yang ditimbulkan oleh tumpahan lahar Gunung Batur yang mengeras. Anda pula akan disajikan gambaran keindahan alam yang subur dan menarik dengan banyaknya kebun sayuran yang terhampar luas di tempat yang hanya berjarak 2 jam perjalanan saja dari Denpasar ini.

Setelah lelah melakukan perjalan menuju lokasi, maka anda sebaiknya langsung menuju objek utamanya, yakni berupa pemandian air panas. Berendam di pemandian air panas alam tersebut akan membuat otot-otot anda yang tegang menjadi relaks dan nyaman, belum lagi sejuknya udara sekitar kaki Gunung Batur tersebut memuat kegiatan berendam semakin ditunggu dan dinantikan.

Dari tempat ini, bagi anda pecinta alam dan ingin mencoba trek pendakian Gunung Batur maka tempat ini menjadi salahsatu titik gerbang pendakian menuju puncak Gunung Batur. Kegiatan mendaki juga sebenarnya dapat menjadi pilihan, terlebih ketika pagi hari pada saat matahari terbit. Anda bia menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Batur yang muncul dari balik Gunung Rinjani dan Gunung Abang. Anda hanya perlu menempuh perjalanan mendaki selama 2 jam saja untuk medapatkan pemandangan indah tersebut.

Atraksi lain yang dapat anda temui di sini adalah sebuah Balai Seni Toya Bungkah Balai Seni Toya Bungkah, merupakan sebuah balai seni yang didirikan oleh seorang novelis terkenal Sutan Takdir Alisjahbana, yang juga dikenal sebagai Bapak Bahasa Indonesia.

Dari Toya Bungkah anda juga dapat melanjutkan wisata anda menuju ke Desa Trunyan, di mana anda bisa menyaksikan budaya lokal yang berkaitan dengan tata cara penguburan jenazah yang sangat menarik dan juga sudah cukup dikenal dikalangan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Desa trunyan berjarak tidak terlalu jauh dari Toya Bungkah. Di mana jika anda berniat mengunjunginya mka dapat menggunakan transportasi berupa perahu yang digunakan untuk menyebrangi Danau Batur.

Transportasi Menuju Toya Bungkah

Toya Bungkah terletak di Desa Pakraman Batur, Kintamani. Jika anda berada di titik awal Denpasar, maka anda hanya perlu berkendara sekiitar 2 jam perjalanan menuju Kintamani dengan menggunakan mobil sewaan atau bisa juga menggunakan bemo. Dari Penelokan anda akan memilih jalan turun yang menuju Danau Batur, di mana anda nantinya akan menemukan pertigaan. Di pertigaan pilihlah jalan meuju ke arah kiri di mana disekitarnya banayak sekali batu-bau besar berserakan hasil dari lava letusan Gunung Batur. Dari situ perjalanan anda akan berakhir tepat di Toya bungkah.

Akomodasi Wisata Toya Bungkah

Dengan berkembangnya pariwisata di Toya Bungkah, maka akomodasi dan berbagai tempat menginap sudah tersedia dengan cukup baik di sini. Anda bisa melakukan reservasi pada beberapa hotel yang tersedia di sana seperti Toya Devasya Resort and Spa, the ayu kintamani dan beberapa nam lainnya. Lain daripada itu bagi anda yang ingin merasakan pesona alam indah dari Gunung Batur, anda juga bisa mendirikan tenda dan berkemah sembari menunggu matahari pagi muncul dari atas Gunung Batur.

Tips Berwisata Di Toya Bungkah 

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika menunjungi Toya Bungkah. Tips berikut ini bisa menjadi masukan bagi anda ketika mencoba menjelajahai dan menikmati kesotisme Bali di dataran tingginya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan.

  1. Jika anda bermaksud mengunjungi Toya Bungkah maka cobalah untuk menikmati sajian lainnya semacam Gunung Batur hingga Desa Wisata Trunyan.
  2. Perhatikan jadwal kunjungan, sebab transportasi bemo hanya beroperasi hingga jam 1 siang saja, dan akan mulai jarang yang melayani jalur tersebut.
  3. Jangan lupa bawa juga pakaian trekking dan sepatu yang nyaman sebab lokasi ini juga merupakan pintu masuk menuju Gunung Batur.
  4. Jangan lupa membawa pakaian ganti untuk mengganti pakaian anda setelah melakukan aktivitas berendam di Toya Bungkah. 

Tertarik untuk berkunjung dan berwisata di Toya Bungkah? Jangan lupa ajak teman dan sahabatmu dengan cara menekan tombol share dan memberikan komentarmu.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook