Sungai Ini Merupakan 5 Sungai Terpanjang Di Indonesia

Sungai merupakan sebuah jalur aliran air yang mengalir dari hulu ke hilir.

Indonesia sebagai negara tropis selain memiliki banyak hutan juga memiliki banyak sungai-sungai besar yang mengalir di sejumlah tempat dari ujung timur hingga barat, dari yang berukuran kecil hingga yang besar. Sungai sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni sungai tetap atau permanen, sungai periodik, sungai episodik dan sungai ephemeral.

Dari berbagai macam jenis sungai yang ada, sungai permanen biasanya merupakan sungai dengan ketetapan debit air yang sama sepanjang tahun dan cenderung merupakan sungai-sungai besar. Aliran aliran sungai ini berasal dari gunung dan mengalir terus hingga bermuara ke laut. Di beberapa tempat sungai juga dapat digunakan sebagai salahsatu sarana perlintasan tranportasi dan cukup vital bagi kelangsungan kehidupan di daerah tersebut.

Jika kamu ingin mengetahui sungai-sungai apa saja yang mengalir di Indonesia dan disebut-sebut sebagai yang terpanjang, berikut adalah 5 sungai di Indonesia yang dikategorikan sebagai yang terpanjang.

5. Sungai Musi

Berada di Sumatera Selatan, Sungai Musi disebut sebut sebagai yang terpanjang di Pulau Sumatera setelah Sungai Batanghari. Sungai ini membelah Kota Palembang menjadi 2 bagian, yakni seberang ilir di utara dan seberang ulu di selatan. Panjang sungai ini mencapai 750 Km. Sungai Musi juga disebut sebagai batanghari sembilan di mana merupakan muara dari 8 sungai lainnya.


4. Sungai Batang Hari

Memiliki panjang mencapai 800 Km sungai ini menjadi yang terpanjang di Sumatera, sekaligus terpanjang nomor 4 di Indonesia. Sungai Batanghari ini memiliki mata air yang berasal dari Gunung Rasan. Pernah dengar istilah Swarna Dwipa yang ditujukan kepada Pulau Sumatera sebagai Pulau Emas dalam bahasa sansekerta? Itu karena aliran Sungai Batanghari ini membawa banyak deposit emas dalam alirannya. Secara sejarah, sungai ini juga sangat terkait erat dengan perkembangan peradaban Melayu.

3. Sungai Barito

Sungai Barito disebut juga sebagai Sungai Dusun atau Sungai Banjar Besar terletak di Kalimantan Tengah. Bermuara di Laut Jawa sungai ini mengalir sepanjang 909 Km dari hulu di Tanah Barito. Pada zaman dahulu sungai ini disebut juga sebagai Sungai China, penamaan tersebut didasarkan pada aktivitas perdagangan orang-orang Tionghoa pada era tersebut. Sungai Barito memiliki lebar rata-rata mencapai 650-800 meter dan kedalamam hingga 8 meter menuju dasar.


2. Sungai Mahakam

Bermuara di Selat Makasar sungai ini merupakan sungai terpanjang yang berada di Kalimantan Timur. Panjang Sungai Mahakam Ini mencapai 920 Km, melintang dari Kabupaten Kutai Barat sebagai hulu hingga bermuara di Samarinda sebagai hilir. Di Sungai Mahakam terdapat spesies pesut mahakam yang merupakan salahsatu spesies ikan air tawar yang terancam punah. Sungai ini juga merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sepanjang aliran sungainya dari mulai ekonomi juga transportasi.

1. Sungai Kapuas

Sungai yang berada di Kalimantan Bara ini merupakan sungai terpanjang yang mengalir di Indonesia. Pankang aliran Sungai Kapuas ini adalah sejauh 1.143 Km. Memiliki predikat sebagai yang terpanjang, maka Sungai Mahakam ini juga memiliki potensi yang sangat besar dalam berbagai hal, seperti salahsatunya adalah potensi perikanan di mana di sana terdapat hingga 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Sebagai tempat wisata Sungai ini juga beberapa kali dijadikan sebagai venue bagi beberapa festival seperti festival kapal hias, Wisata sungai Kapuas, meriam karbit dan lain sebagainya

Share info menarik ini ke teman-temanmu ya.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook