Setan Jawa, Film Bisu Indonesia yang Siap Diputar Dalam Ajang Opening Night of Asia Pacific Triennial of Performing Arts Australia

Dunia perfilman di Indonesia telah di mulai sejak masa penjajahan Belanda masih berlangsung di bumi pertiwi.

Di era tersebut dunia perfilman tentunya belum semaju sekarang. Salahsatu yang paling diingat mungkin di era tersebut film masih dibuat tanpa menggunakan suara, atau dengan kata lain film bisu. Berbicara mengenai film bisu, maka memorial kenangan film bisu di era tahun 20an tersebut akan kembalidiperlihatkan dalam sebuah karya berjudul “Setan Jawa” yang disutradarai oleh Garin Nugroho.

Film Setan Jawa merupakan sebuah karya dari sutradara terkenal Garin Nugroho yang diproduksinya dalam rangka merayakan 35 tahun dirinya berkarnya di dunia perfileman Indonesia. Bagi Garin, karya film bisu berjudul Setan Jawa ini merupakan sebuah terobosan unik yang pernah ia lakukan selama berkarnya. Garin mencoba menampilkan sebuah karya yang mengangkat mitos-mitos kedaerahan yang masih kental di masyarakat Indonesia pada umumnya.

05 indonesiaku

Film dengan konsep unik buatan Garin ini ternyata mampu membanggakan Indonesia dengan berkesempatan ditampilkan pertama kali dalam acara internasinoal di Opening Night of Asia Pacific Triennial of Performing Arts yang digelar di Melbourne Australia. Pada saat pemutaran sendiri nantinya akan ada sekitar 20 pengrawit handal yang bakal tampil untuk mengisi suasana langsung ketika pemutaran film berlangsung. Dengan demikian nuansa era 20an akan semakin terasa.

Setan Jawa sendiri digarap Garin dengan mengangkat konsep roman yang dibalut dengan nuansa mistik yang khas dan masih kental terasa, khususnya Jawa.Dengan uniknya konsep yang diusung oleh Garin dari segi penyajian maupun cerita, Setan Jawa menjadi sebuah film yang patut untuk disimak dan diberikan apresiasi.

Secara umum Setan Jawa bercerita mengenai kisah cinta yang dibalut dnegan tragedi kemanusiaan pada era 20an. Setio yang merupakan karakter utama cerita memadu cinta dengan seorang perempuan bernama Asih. Kisah mereka tidak berjalan lancar, manakala orang tua asih menganggap jika Setio tak cukup pantas untuk anaknya mengingat kekayaan harta yang tidak sepadan.

Berangkat dari hal tesrbut akhirnya Setio mencari jalan pintas dengan bekerjasama bersama iblis. Setio mengambil jalan pintas dengan melakukan ritual pesugihan kandang bubrah. Ritual pesugiahn dilakukan Setio sebagai upaya singkat mendaaptkan kekayaan dan bisa segera menjadi suami dari Asih. Meskipun demikian, pesugihan tersebut meminta sayarat, yakni ketika Setio meninggal, maka ia harus mengambdi kepada sang iblis dan menjadi tiang penyangga rumah.

Mengetahui rencana sang kekasih, Asih kemudian mendatangi sang iblis dan meminta pengampunan atas hukum yang akan dijatuhkannya kepada Setio. Alih-alih mengampuni justru sang iblis malah tertarik dengan Asih yang cantik. Sang iblis bersedia mengampuni Setio asalkan Asih memberikan badannya kepada sang penguasa pesugihan tersebut. Tentunya akan sangat menarik sekali melihat jalan cerita yang disuguhkan dlam film tersebut, mengingat tema-teman seprti ini jarang sekali diangkat ke media film.

Film Setan Jawa besutan Garin nugroho ini akan terlebih dahul ditampilkan dan diputar di Teater Jakarta sebelum nantinya akan melakukan screening di Australia. Bagi anda yang akan hadir menonton dipastikan akan terbawa masuk ke dalam suasa tempo dulu yang begitu kental terasa, apalagi nanti akan ada pengrawit yang mengiringi anda menikmati sajian visual dari film Setan Jawa ini.

Demikianlah karya film yang berhasil mengumpulkan berbagai apresiasi. Silahkan anda bagikan artikel mengenai karya anak Indonesia yang mendunia dengan menggunakan media sosial yang anda miliki. Anda bisa menekan tombol berbagi yang telah tersedia di halaman ini untuk mulai membagikannya melalui media sosial yang anda miliki. Berikan pula komentar serta pendapat anda mengenai artiekl tersebut dengan cara mengisi kolom yang terlah disediakan di bagian bawah dari artikel ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook