Serpihan Surga Di Kaimana. Berwisata Ke Teluk Triton

Saat libur, merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu sebagaian besar traveller.

Sangat ditunggu untuk melakukan sebuah perjalanan. Sebab sebuah perjalanan akan menambah pengalaman, pengetahuan, hingga rasa bersyukur kita atas kemurahan hati sang pencipta yang telah berbaik hati memberikan serpihan kecil surga yang indah di dunia.

Jika membicarakan mengenai surga, maka keindahan alam Indonesia yang tiada duanya ini sering sekali diasosiasikan dengan surga. Indonesia bagaikan serpihan surga yang membentang dari ujung barat ke timur dengan keindah yang sangat mempesona tiap mata yang melihat.
Dari berbagai keindahan yang tampak dihadapan mata, tersimpan dalam tanah, terhalang oleh rimbunnya hutan, hingga yang berada di dasar lautan biru Indonesia menjadi salahsatu destinasi kunjungan yang sangat berpotensi. Setiap lokasi memiliki nilainya tersendiri, tak bisa diperbandingkan antara satu dengan yang lainnya, semuanya indah dan semuanya menanti untuk dijelajahi. 

Serpihan Suga Di Kaimana. Berwisata Ke Teluk Triton

Dari berbagai jenis daftar tempat menarik yang bisa dikunjungi, mungkin sakahsatu yang bisa dianggap sebagai primadona wisatanya ialah pantai dan bahari. Dengan iklim dan segala atmosfir pendukungnya, perairan Indonesia memang memiliki segudang kejaiban, dengan keragaman biota laut paling banyak di dunia, mungkin hingga setengahnya lebih biota laut yang ada di dunia hidup di perairan Indonesia.

Jika bosan dengan destinasi di area barat Indonesia, mungkin ini saatnya anda kemasi barang dan semua perlengkapan lalu ambil penerbangan menuju ke arah timur. Di timur Indonesia kita akan menemukan sebuah pulau dengan keeksotisan yang tiada tara bernama Papua. Salahsatu tempat wista yang patut kunjungi ketika berkunjung atau berwisata ke Papua ini adalah Teluk Triton. Teluk Triton berlokasi di Papua Barat tepatnya berada di Kabupaten Kaimana, Kampung Lobo. Seperti sebagian besar wisata bahari di Indonesia Teluk Triton menyimpan berbagai macam keindahan yang mampu memanjakan anda dalam masa liburan yang indah.

Bahkan dengan keindahan soft coral, pulau-pulau kecil yang indah untuk sekedar bermain dan berjemur, spot diving yang jumlahnya mencapai sekitar 20 lokasi membuat investor asl Kanada berniat mengembangkan usahanya di Teluk Triton dengan melihat berbagai potensi pariwisata yang maha dahsyat, yang dimilikinya.

Teluk Triton yang Sangat Indah

Selesai berkemas, tiket di tangan, bersiaplah berangkat! Mengunjungi Teluk Triton akan memanjakan para traveler yang sangat mencintai dunia bahari, bahkan yang tidak sekalipun bersiaplah untuk takjub. Sebab pesona yang disuguhkan tidak tanggung-tanggung, kekayaan alam bawah air Teluk Triton menurut data yang dimiliki oleh Conservation International atau CI di tahun 2006 saja menyebutkan bahwa terdapat hingga 959 jenis ikan karang, dan 471 jenis karang, serta 28 jenis udang mantis. Hal tersebut tentunya akan menggugah rasa kagum yang besar dari setiap orang yang mengunjungi dan melihat sendiri bagaimana ciptaan Tuhan yang berada di Teluk Triton tersebut.

Beranjak dari sejuta pesona dan atraksi bawah air Teluk Triton, jangan terlalu terburu-terburu, ambil nafas sejenak tenanglah, sebab masih banyak sajian menarik yang juga dapat anda temui di darat. Teluk Triton juga merupakan tempat yang sangat menarik untuk anda semua menikmati indahnya rona merah keemasan yang terpancar dari matahari yang sedang terbenam. 

Selain itu cobalah tengok pesona yang ditawarkan oleh tebing-tebing warna-warni di sekitar pegunungan Maimai. Lukisan indah tebing Maimai sendiri merupakan hasil karya lukisan kuno prasejarah yang diperkirakan dibuat pada zaman Mesolitikum, meskipun hingga kini belum ditemukan petunjuk pasti siapa pembuat lukisan-lukisan yang mengagumkan itu. Tak cukup satu hari sepertinya mengunjungi tempat indah ini. Sempatkanlah juga untuk berkeliling di seputaran perkampungan Lobo. Di sana anda akan menmukan sebuah tugu yang bernama Ford Du Bus yang memberikan petunjuk bagi anda bahwa sebelumnya tempat yang indah ini pernah menjadi basis bagi pemerintahan Belanda, sebelum akhirnya mereka meninggalkan tempat ini pada tahun 1835 karena wabah malaria yang melanda.

Simpan dulu kekaguman anda hingga menyaksikan atraksi ikan paus besar yang tidak segan-segan muncul ke permukaan dan menyapa. Tak mengherankan memang, sebab kawasan indah ini merupakan habitat bagi populasi Paus Bryde’s. Masyarakat sekitar yang juga sangat melindungi paus ini menyebabkan hubungan keduanya harmonis, sehingga tak mengherankan jika paus-paus tersebut tak segan jika harus muncul ke permukaan dan menyapa para penduduk dan para nelayan.

Penginapan Di Sekitar Teluk Triton

Jika anda berminat untuk mengunjungi Teluk Triton, rasanya sangat tidak mungkin menikmati segudang keindahan yang tersedia hanya dalam waktu 1-2 hari saja, oleh kerna itu sepertinya anda harus bersiap menginap selama beberapa hari di sekitar Teluk Triton ini. 

Penginapan tidak terlalu sulit dicari di sekitar Teluk Triton, anda bisa mencarinya di sekitar perkampungan Lobo. Salahsatu penginapan yang bisa anda temui di Kampung Lobo ini adalah Penginapan Garuda. Namun justru jika anda mampu melihat peluang, banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa berbaur dengan lingkungan sekitar. Justru itulah yang menarik dari setiap perjalanan yang anda lakukan. Kemampuan negosiasi dan adaptasi anda dengan lingkungan sekitar menjadi kemampuan yang turut terasah seiring dengan pengalaman perjalanan anda yang semakin banyak.

Pilihan lain selain penginapan di kampung lobo, mungkin dengan kembali ke Kota Kaimana, di sana hotel dan penginapan jauh lebih lengkap dan tersedia dalam berbagai jenis.

Menuju Teluk Triton

Untuk menuju Teluk Triton ini sepertinya anda harus mengeluarkan kocek yang cukup dalam, meskipun demikian sepertinya bagi anda para pencari pengalaman dan pencinta wisata harga yang harus dibayar akan sangat sesuai dengan berbagai keindahan yang akan dirasakan ketika berada di sana.

Untuk menuju Teluk Triton satu-satunya akses yang dapat digunakan hanya menggunakan perahu. Perahu beroperasi dari Pelabuhan Kaimana. Biaya yang harus anda keluarkan untuk sekali perjalan menuju ke Teluk Triton adalah sekitar 4-5 juta rupiah. Belum ada kapal reguler yang beroperasi dan mengakomodasi turis.

Perhatikan Hal-hal Berikut Ketika Berkunjung Ke Teluk Triton

Ada beberap hal yang harus anda perhatikan ketika melakukan perjalan menuju tempat indah ini. berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Persiapkan waktu anda sebaik-baiknya, sebab perjalan menuju Teluk Triton memakan waktu yang tidak sedikit, belum lagi di sana tidak cukup hanya dengan 1 hari anda mengeksplorasi tempat yang sangat luar biasa ini.
  • Persiapkan keuangan anda dengan sangat baik. Buat rencana anggaran pengeluaran, jika bisa hingga ke keperluan selama di sana, sebab menuju ke tempat ini termasuk dalam perjalanan yang memekan biaya cukup besar. Meskipun tempatnya masih di Indonesia, keterbatasan akses membuat surga ini begitu berharga dan tersebunyi ekslusif bagi para wisatawan.
  • Perjalanan berhari-hari menuntut kondisi fisik anda sangat baik, sehingga pertimbangkanlah untuk memperhatikan kesehatan anda. Jangan memaksakan jika keadaan atau kondisi badan anda sedang tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan.

Ayo menabung agar bisa segera mengunjungi Teluk indah ini. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar dan share kepada teman atau keluargamu.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook