Semut Ini Mampu Membantu Menangani Luka

Semut merupakan binatang kecil yang diketahui sedikit memiliki fungsi dan dampak baik untuk manusia.

Semut sendiri diketahui sering sekali mengerubuti makanan yang disimpan, apalagi jika makanan tersebut merupakan makanan dengan rasa manis, seperti gula-gula, permen, biskuit dan berbagai makanan manis lainnya. Di beberapa kejaidna juga, semut bisa menjadi pengganggu dengan menggigit bagian tubuh kita dan menyemprotkan zat asamnya, ketika ia merasa terganggu, bahkan beberapa jenis semut memiliki kemampuan untuk membunuh dengan gigitannya yang sangat banyak.

Banyak sekali jenis semut di dunia ini hingga kini dilaporkan ada hingga 12.000 lebih jenis spesies semut yang tersebar di seluruh dunia kecuali beberapa daerah yakni, di Islandia, Greenland, dan Hawaii. Di tempat-tempat tersebut mereka tidak bisa menguasai tanahnya. Semut dikatakan sebagai makhluk sosial karena biasa hidup berkoloni, hingga mampu membuat binatang-binatang lainnya, bahkan yang berukuran sangat besar ketakutan jika mereka bersatu dan berkumpul. Semut juga diketahui sebagai binatang yang sangat kuat, pasalnya semut bisa mengangkat beban yang sangat berat, bahkan dengan berat 50 kali dari bobot tubuhnya. Kekuatannya tersebut bahkan melebihi kemampuan binatang gajah yang berukuran besar. Gajah hanya mampu mengangkat binatang yang memiliki bobot tubuh 2 kali besarnya.

04-semut-siafu

Dari sekian banyak jenis semut di seluruh dunia, ada salahsatu jenis semut yang diketahui memiliki kekuatan yang sangat besar dan cukup ditakuti oleh hewan lainnya bahkan manusia. Koloni semut tersebut bernama semut siafu. Semut siafu merupakan salahsatu jenis semut yang tinggal dan memiliki habitat tempat tinggal di Afrika barat da Kongo. Di habitatnya tersebut dikabarkan jika semut ini seringkali memburu hewan besar hingga manusia, sehingga reputasinya benar-benar mematikan dan sangat berbahaya.

Seperti kebanyak semut, semut sifu memiliki tatanan sosial yang sangt terstukturm dari mulai semut ratu, semut pejantan, pekerja hingga prajurit. Mereka akan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Sang ratu biasanya berukuran tubuh lebih besar dari semut lainnya dan bertelur 1 hingga 2 juta telur setiap bulannya. Sehingga bisa dibayangkan betapa banyaknya semut ini membangun koloninya di setiap waktunya.

Dibalik berbagai keseraman dan keganasan semut siafu ini, faktanya semut siafu ini memiliki kegunaan yang cukup membantu untuk masyarakat Afrika, khususnya Afrika Barat dan Kongo. Di wilayah tersebut, masyarakatnya yang cenderung masih menghormati alam dan mengambil segala sesuatunya dari alam, mereka memanfaatkan semut siafu ini untuk mengobati luka yang terbuka.

Sebeleumnya diketahui jika capit yang dimiliki oleh semut siafu ini sangat kuat, bahkan jika ia sudah menggigit kemudiah bagian tubhnya dipatahkan dan dipisahkan, maka kepelanya dan capitnya akan tetap tertinggal dan mencapit bagian kulit anda.bagian rahangya tersebut akan tetap mengunci dan mencengkarm bagian kulit anda. Melihat hal tersebut warga Afrika menggunakan semut siafu ini untuk menutup dan mengunci luka yang terbuka. Semut siafu ini digigitkan pada bagian yang terluka hingga terkuci, kemudia bagian tubuhnya dipathkan, dan kepalanya dibiarkan hingga luka yang tebuka di bagian tubuh tersebut menutup dan sembuh.

Ternyata dibalik keganasannya semut ini masih tetap bisa berguna dimanfaatkan untuk penyembuhan dan pertolongan pertama ketika sangat dibutuhkan. Jangan lupa berbagi dengan teman mengenai manfaat semut ganas siafu tersebut dengan cara menekan tombol share di bagian bawah. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar mengenai semut ini. terima kasih.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook