Rudal Petir Alat Utama Sistem Pertahanan Asli Buatan Dalam Negeri

Sebagai salahsatu negara yang memiliki armada keamanan yang cukup disegani di dunia, Indoesia juga kini semakin membekali diri dengan alutsista yang mendukung.

Sebagain besar dari anda mungkin seringkali mendengar istilah alutsista dalam dunia militer. Alutsista merupakan singkatan dari alat utama sistem pertahanan. Alutsista sendiri perlu diperhatikan setiap negara untuk dalam rangka menghadapi setiap kemungkinan ancaman militer yang bisa saja datang menyerang.

Indonesia sendiri dikenal dengan kekuatan militer yang cukup disegani, TNI dengan pasukan elit khususnya sudah sangat dikenal sebagai pasukan mumpuni dan siap untuk menghadapi segala bentuk ancaman yang bisa saja hadir dan mengancam kedaulatan NKRI. Kekuatan pasukan pertahanan Republik Indonesia juga sudah terbukti dan seringkali banyak berbicara di ajang-ajang internasional.

01-rudal-petir-indonesia

Berbicara mengenai kemampuan mengagumkan dan mumpuni dari pasukan pertahanannya sebenarnya mereka juga tidak akan mampu berbuat optimal jika peralatan pendukung mereka tidak terpenuhi dengan baik. Indonesia sendiri sebenarnya seiring waktu semakin memiliki iklim yang baik dalam produksi alutsista di dalam negeri, sebut saja PT Pindad yang semakin kemari semakin bergairah dalam memproduksi berbagai jenis persenjataan hingga alat tempur lainnya seperti kendaraan yang dilirik dan diapresiasi secara besar oleh negara-negara lain. Mereka juga yang memproduksi peralatan yang dipergunakan oleh para pasukan elit ketika belaga di ajang internasional yang bisa emukau banyak sekali negara-negara lain di dunia.

Belum lama ini Indonesia juga ternyata sudah berkembang dan mampu mencipta peluru kendali atau lebih dikenal dengan rudal dengan 100% menggunakan sumber daya dalam negeri, baik dari sisi pembuat maupun dari bahan-bahan yang digunakan. PT Sari Bahari dari Malang lah yang mebuat dan memperkenalkan rudal buatan anak negeri ini. Rudal yang diberi nama Petir ini diketahui dibuat dan didesain oleh anak bangsa, meskipun demikian kemampuan yang dimilikinya ternyata tidak bisa dipandang hanya dengan sebelah mata saja. Kemampuan yang dimiiki oleh rudal petir ini disebut-sebut mampu bersaing dengan berbagai jenis rudal buatan luar negeri.

Berbicara mengenai spesifikasi dan kemampuannya, rudal petir ini diketahui mampu melesat dan menerjang target sasarnya dengan kecepatan hingga 250 km/jam. dengan dibekali oleh bahan peledak yang disuplai oleh PT Dahana dengan berat mencapai 10 kg bahan peledak di dalamnya, peluru kendali ini mampu diluncurkan baik dengan menggunkan peluncur darat atau juga dari kapal perang. Dengan program yang ditanam rudal petir dapat di seting untuk menuju ke target sasaran vital tertentu yang tidak bergerak. Dengan titik kerendahan terbang berada pada ketinggian 20 meter, rudal ini juga mampu melintasi kontur sehingga meminimalkan untuk terbaca oleh radar dan menghindari frekuensi yang berubah-ubah

Kini rudal petir ini sendiri sebanrnya telah melewati serangkaian tahap uji coba dan teknis tertentu sehingga dlam waktu dekat bisa segera diproduksi secara massal, sehingga dapat mendukung kebutuhan alutsista dalam negeri sendiri. Kini pihak pemerintahan, yakni Presiden diwakili oleh Ryamizard Ryacudu selaku menhan atau menteri pertahanan sudah mulai menunjukan dukungan terhadap perkembangan produksi alutsista dalam negri. Pemerintah juga menyatakan dukungannya terhadap pihak-pihak swasta yang turut mengembangkan produksi alat pertahanan di dalam negeri, sehingga tidak harus selalu terpaku pada perusahaan BUMN saja.

Bagaimana? Jangan lupa untuk berbagi artikel dengan sahabat dan teman anda mengenai rudal petir buatan dalam negeri ini. Tekan tombol share yang terletak di bagian bawah artikel. Anda juga bisa memberikan komentar mengenai artikel rudal ini dengan menambahkannya pada kolom yang telah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook