Resep Nasi Kuning Tumpeng, Sajian Khas Indonesia

Nasi kuning merupakan salah satu varian menu nasi yang kita kenal selain nasi uduk, nasi goreng dan lain sebagainya. Nasi kuning merupakan salah satu sajian khas Indonesia, khususnya di daerah Jawa. Nasi kuning ini begitu populer dan biasanya hadir sebagai hidangan dalam acara tertentu, seperti misalkan syukuran atau hajatan.

Resep nasi kuning terdapat di beberapa daerah dan memiliki ciri khas masing-masing. Berdasarkan pakar kuliner Indonesia, nasi kuning yang terdapat di beberapa daerah di Indonesia pada awalnya karena memiliki pengaruh dari Jawa.

Khususnya nasi kuning tumpeng, sajian ini sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak dulu dalam  berbagai upacara. Nasi kuning tumpeng biasanya dihias dengan aneka menu pelengkap, selain untuk mempercantik tampilan juga membuat nasi kuning tumpeng menjadi enak untuk dinikmati.

Resep Nasi Kuning Tumpeng

Resep 

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Nasi Kuning Tumpeng 

Bahan Utama Nasi Kuning

  • 500 gram beras
  • 50 gram beras ketan putih
  • 350 ml air untuk merendam
  • 650 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa

Bumbu Nasi Kuning Tumpeng

  • 100 gram kunyit
  • 4 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh kunyit
  • 650 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa
  • 3 batang serai
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 6 lembar daun jeruk

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng

Cara Menyiapkan Bahan Bahan

  1. Jika semua bahan bahan yang disiapkan terkumpul semua, maka anda dapat langsung menyiapkannya agar siap untuk diolah. Pertama kali langkah yang dapat anda lakukan yaitu mencuci beras dan beras ketan putih sampai benar-benar bersih atau sampai air cucian beras bening. Jika sudah, anda dapat langsung meniriskannya.
  2. Parut atau haluskan kunyit yang sudah anda siapkan. Lalu tambahkan air sekitar 50 ml. Peras kunyit dengan air sambil disaring dan usahakan air perasan tetap 50 ml.
  3. Cuci daun pandan dan daun jeruk nipis sampai bersih. Lalu sisihkan.
  4. Memarkan serai dan buang tulang daun jeruk.

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng

  1. Ambil beras dan beras ketan yang sudah anda cuci tadi. Lalu campurkan keduanya.
  2. Siapkan wadah atau baskom. Rendam campuran beras dan beras ketan ini dengan menggunakan air dan air kunyit selama kurang lebih 30 menit atau hingga benar-benar  meresap.
  3. Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus campuran beras dan beras ketan hingga setengah matang atau selama kurang lebih 25 menit.
  4. Rebus santan bersama dengan bumbu yang lainnya seperti misalkan daun jeruk, serai, daun pandan, garam dan kunyit bubuk. Aduk-aduk sampai merata dan santan mendidih. Apabila sudah seperti itu anda dapat mematikan kompor dan mengangkatnya.
  5. Masukan beras yang sudah dikukus ke dalam santan. Aduk-aduk sampai merata dan santap terserap.
  6. Kemudian, siapkan kembali alat untuk mengukus dan kukus kembali sampai benar-benar matang atau selama kurang lebih 30 menit. Tambahkan perasan air jeruk nipis. Aduk sampai merata.
  7. Setelah itu, angkat nasi kuning. Selagi masih dalam keadaan panas, anda dapat langsung mencetaknya dengan cetakan tumpeng yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak goreng.

Saran Penyajian

  1. Siapkan daun pisang yang sudah anda bersihkan. Lalu bentuk bulat.
  2. Simpan di atas tempat yang akan anda gunakan untuk menyajikan nasi kuning tumpeng ini. Lalu letakan nasi kuning tumpeng yang sudah di cetak di atas daun pisang.
  3. Anda dapat menambahkan bahan-bahan pelengkap sesuai dengan selera anda seperti misalkan, orek tempe, ayam goreng, sambal, irisan mentimun dan lain sebagainya.

Demikian resep dan cara membuat nasi kuning tumpeng sajian khas Indonesia. Semoga bermanfaat.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook