Raymond Jr Pardaeman Sihombing: Ahli Hukum Luar Angkasa Pertama Indonesia

Ahli hukum diperlukan dalam membantu menentukan hukum bagi sebuah kasus atau masalah yang terkait dengan ranah hukum itu sendiri.

Mungkin anda kini hanya familiar dengan hukum pidana atau perdata yang seringkali didengar dan masalahnya seringkali terlihat dan terdengar di sekitar kita, namun pernahkah anda mengenai hukum atau permasalahan yang berkaitan dengan luar angkasa atau yang dikenal dengan sub-orbital law. Kajian yang dipelajari tentunya mengenai hal-hal yang terkait dengan luar angkasa dan belum terlalu familiar dengan kajian hukum yang seringkali kita dengar sehari-hari.

Berbicara lebih lanjut mengenai hukum luar angkasa atau sub-orbital law ini ada seorang anak Indonesia yang berhasil menjadi ahli hukum pertama yang berasal dari Indonesia, yakni Raymond Jr Pardaeman Sihombing. Pria yang berusia 34 tahun ini berkenalan dengan hukum luar angkasa ketika berkesempatan melanjutkan pendidikannya di Universitet Druzhby Narodov, Rusia setelah sebelumnya ia berhasil menyelesaikan pendidikannya di jenjang S1 Universitas Indonesia

10

Raymond yang merupakan anak dari pasangan Romulus Sihombing dan Jemdiana Simangungson ini menempuh pendidikan menegenai luar angkasa di Rusia tersebut bersama dengan 2 orang teman lainnya yan sama berasal dari Indonesia, namun sepertinya hanya Raymond yang memiliki pasion lebih di subjek yang satu ini, sehingga ia berkomitmen untuk terus memperdalam ilmunya di bidang hukum luar angkasa hingga jenjang doktoralnya.Raymond sendiri kini diketahui sedang menekuni dan memperdalam mengenai kajian aspek hukum luar angkasa internasional terkait dengan wisata luar angkasa.

Raymond menututrkan jika memang bidang kajian hukum luar angkasa belum banyak diminati oleh banyak mahasiswa terlebih dari Indonesia, sehingga sampai saat ini hanyalah dia satu-satunya mahasiswa yang berasal dari Indonesia yang mempelajari bidang satu ini. Kebanyakan mahasiswa yang memperlajari mengenai bidang hukum luar angkasa sendiri adalah mereka yang berasal dari Rusia itu sendiri, Eropa dan Amerika.

Sebagai ahli hukum luar angkasa pertama dari Indonesia, Raymond mengaku bangga pernah sempat belajar dari Prof. Gennady Petrovich Zhukov. Prof. Grnnady sendiri merupakan peletak dasar dari ilmu hukum luar angkasa sekaligus seorang tokoh ilmu pengetahuan yang cukup dikenal. Prof, Gennady juga diketahui sempat terlibat dalam proyek besar ruang angkasa bersama dengan pilot kosmonot Yuri Gagarin yang mungkin namanya sudah tidak asing lagi di telinga anda.

Raymond juga merupakan murid terakhir dari ilmuwan terkenal tersebut sebelum akhirnya wafat di tahun 2014 silam dengan penghormatan besar dari Pemerintahan Rusia serta seluruh civitas akademikadi Kota Moskwa. Sebagai mahasiswa Indonesia yang tinggal di luar negeri dan menuntut ilmu di negeri orang, Raymond tidak kehilangan identitas sebagai anak bangsa yang mencintai sejarah tanah kelahirannya. Raympon diketahui sangat menjunjung budaya nenek moyangnya yang berasal dari Nias-Samosir. Kini selain dengan menuntu ilmu dan memperdalam bidang hukum luar angkasa, Raymond juga diketahui aktif dalam kegiatan berkesenian, Raymond menjadi pengajar bagi 13 warga Rusia untuk mempelajari dan bisa bernyanyi lagu-lagu berbahasa Indonesia, selain itu ia juga mengjari sang kekasih yaitu Yulia Pavlona untuk bernyanyi dan berbahasa Indonesia.

Membanggakan bukan prestasi dan kemampuan yang dimiliki oleh anak bangsa ini hingga bisa mencapai posisi sebagai ahli hukum luar angkasa yang pertama dari Indonesia. Bagaimana tanggapan anda mengenai pencapaian dari Raymond Jr Pardaeman Sihombing sebagai ahli hukum luar angkasa pertama dari Indonesia dengan mengisi kolom komentar yang telah disediakan. Lanjutkan dengan menekan terlebih dahulu tombol share yang telah disediakan di halaman ini untuk kemudian membagikannya melalui media sosial yang anda miliki masing-masing.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook