Rammang-Rammang: Menyusuri Wilayah Karst Mempesona Di Sulawesi Selatan

Sebagai salahsatu lokasi yang masih memiliki cukup wilayah hijau Sulawesi juga menyimpan keindahan tersembunyi di dalamnya.

Dari sekian banyak keindahan yang dimiliki oleh Sulawesi adalah kawasan Karstnya yang terletak di Kabupaten Maros. Pemerintah Sulawesi Selatan sendiri khususnya ternyata telah menyadari bagaimana potensi yang dimiliki oleh kawasan karst di Maros ini. Kawsan karst di Maros ini dikenal dengan nama Rammang-Rammang.

Daerah Rammang-Rammang ini dikenal memiliki keindahan alam yang luar biasa menariknya. Anda akan disuguhi sebuahbentang alam indah yang terbentuk dari konstelasi gunungan karst cantik yang menjulang tinggi. Tidka hanya sampai di situ saja, sebab ketika berkunjung anda akan berkeliling dengan menyusuri sungai indah yang terletak di sana sehingga dapat dibayangkan betapa indahnya pengalaman berwiata ke daerah karst Rammang-Rammang ini.

03-rammang-rammang

Menikmati Pesona Indah Karst Rammang-Rammang

Menyusuri sepanjang sungai Puthe anda akan disuguhi oleh pemandangan batuan karts di setiap sisinya, anda akan terus mengendarai perahu hingga tiba di ujung dermaga Rammang-Rammang kemudian anda akan langsung disuguhi oleh indahnya alam pesawahan yang masih alami dan tentunya menawan hati. Dermaga ujung Rammang-Rammang sendiri berakhir di sebuah dusun yang terisolasi oleh batuan karst tersebut dan hanya bisa ditempuh melalu jalur sungai. Menurut informasi, dusun yang bernama Berua tersebut hanya memiliki 16 kepala keluarga saja. meskipun demikian ketik anda menginjakan kaki di sana, suasana tenag dan jauh dari hiruk pikuk kemacetan, polusi kendaraan hingga hingar bingar suara mesin kendaraan tidak akan anda rasakan.

Bagi anda seorang penghobi kamera atau fotografer lokasi karst Rammang-Rammang ini bisa menjadi salahsatu lokasi indah dan menawan untuk anda abadikan ke dalam lensa kamera anda, keindahannya luar biasa. Tidak hanya fotografer saja sebenarnya yang bisa berkunjung dan menikmati alamnya, kesejukan dan kesegaran udara membuat siapa saja boleh dan bisa datang untuk menyaksikan kebesaran Tuhan ini.

Berbicara mengenai kawasan Rammang-Rammang dan minat kunjungannya, maka berkat meningkatnya kunjungan ke kawasan ini, maka kini anda juga bisa menemukan wahana outbound yang akan semakin melengkapi kegiatan wisata dan petualangan anda di Rammang-Rammang.

Jika anda pernah melihat film Rambo dengan setting Vietnam pada perang dunia ke dua, mungkin kart Rammang-Rammang kurang lebih memiliki spesifikasi seperti itu. Dengan pegunungan menjulang, sungai yang mengalir serta pepohonan rimbun di sekitar aliran sungai, persis apa yang anda lihat di saluran discovery chanel. Perlu diketahui jika daerah karts Ramang-Rammang ini termasuk 3 besar kawasan karst terbesar di dunia bersanding bersama Tiongkok dan Vietnam.

Cara Menuju Rammang-Rammang

Jika anda berniat mengunjungi Rammang-Rammang dengan titik awal keberangkatan dari Makasar, maka yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan pete-pete berekndara menuju Bosowa, dari Bosowa kemudian perjalanan berlanjut dengan menggunakan alat transportasi berupa perahu menyusuri sungai menuju ke dermaga terakhir di Berua.

Akomodasi Wisata

Bagi anda yang berkunjung mungkin untuk penginapan yang lengkap tidak bisa anda temukan di sekitar lokasi ini, sehingga membuat anda harus kembali lagi ke kota untuk mendapatakan penginapan, namun jika anda tidak masalah dengan penginapan, beberapa rumah warga di sana mungkin bisa dijadikan tempat bagi anda untuk menginap sementra ketika berwisata dan menikmati alam Rammang-Rammang.

Tertarik untuk mengunjungi wilayah karst yang sangat mengagumkan di Sulawesi Selatan ini? Jangan lupa unutk berbagi dan mengajak teman anda dengan cara menekan tombol share di bagian bawah artikel. Anda juga bisa turut berkomentar dengan menambahkannya dalam kolom yang tersedia.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook