Quick Disaster Aplikasi Mitigasi Bencana Untuk Google Glass Buatan Anak Bangsa

Bagi anda seorang pecinta teknologi pasti sudah tidak asing lagi dengan sebuah gadet besutan google bernama google glass.

Google glass merupakan sebuha gadget yang bisa dibilang cukup futuristik, sebab dengan bentuknya yang seperti kacamata, benda ini memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang teknologi layaknya sebuh smartphone. Gadget besutan dari Google inc ini diketahui mampu memberikan layanan-layanan seperti yang anda dapatkan melalui smartphone namun dalam bentuk kacamata. Anda bisa menggunakannya untuk mengirimkan pesan suara, menjadikannya GPS, mengambil gambar dan berbagai fitur lainnya yang sangat canggih. Semuanya dikendalikan dengan menggunakan suara anda, yang kemudian akan divisualkan melalui gambar yang muncul.

Sebagai pelengkap dari kacamata canggih ini, anda bisa menanamkan berbagai macam aplikasi yang sangat berguna untuk memberikan kenyamanan dan membantu anda dalam mengerjakan pekerjaan atau hal-hal lainnya. Secara garis besar penggunaan dari google glas ini secara standar berbasis pada beragam aplikasi bawaan google, seperti gmail, google plus, dan beragam aplikasi lainnya yang khas dari google, dan sama seperti yang tertanam dalam fitur smartphone yang anda miliki, meskipun demikian ternyata untuk urusan aplikasi google glass perlu diisi oleh aplikasi khusus yang berbeda yang dikenal dengan sebuatan glassware. Glasware biasnaya dikembangkan oleh pihak ketiga sama halnya seperti beberapa aplikasi yang sering kita temukan dalam smartphone.

04-quick-disaster

Berangkat dari keungglan yang dimiliki oleh google glass beberapa mahasiswa Indonesia mencoba memanfaatkannya dalam mitigasi bencana. Glassware yang dikembangkan tersebut diberi nama “Quick Disaster”. Quick Disaster diketahui dikembangkan oleh 5 orang mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang kemudian bisa menjadi jawara dalam sebuah ajang bernama Code For Resilience yang dihelat oleh Bank Dunia. Dalam ajang yang digelar di london pada Juni tahun lalu itu, Quick Disaster ini berhasil mengalahkan cukup banyak pesaing dengan beragam aplikasi yang meraka buat, sehinga pada akhirnya mereka bisa mendapatkan penghargaan Global Winner dalam ajang tersebut.

Daniel Oscar Baskoro (Project Manager), Zamahsyari (Programer), Bahrunnur (Programer), Sabrina Woro Anggraini (Copy writer), dan Maulana Rizki Aditama (Data Analyst) mencoba mengangkat tema bencana setelah sebelumnya merasa terinspirasi dan ingin mencoba memberikan sedkit sumbangsih terhadap berbagai macam bencana yang kerap kali melanda Indonesia. dengan mengambil tagline “Quick, Simple, Solutive” kelima mahasiswa dari UGM itu ingin mencoba memberikan sesuatu yang solutif namun dalam bentuk yang simpel dan mudah digunakan.

Secara garis besar aplikasi Quick Disaster ini akan memberikan sang penguna Google Glass sedikitnya 3 informasi penting terkait dengan bencana alam. Dengan memanfaatkan Quick Disaster maka anda bisa melihat riwayat bencana suatu daerah, kemudian berlanjut dengan solusi yang bisa diambil ketika bencana tersebut uncul dan menerjang, dan terakhir anda bisa mendapatkan infromasi bagaimana cara pengulangan atau langkah-langkah rehabilitasi yang bisa anda lakukan ketika bencana tersebut usai menghampiri.

Berikut adalah sedikit demonstrasi dari Quick Disaster yang bisa anda dapatkan ketika menyematkannya dalam gadget canggih google glass.

Bagaimana? Mengagumkan dan sangat solutif bukan aplikasi buatan anak bangsa ini? Jangan lupa untuk membagikan artikel dan videonya kepada teman dan sahabat anda dengan cara menekan tombol share di bagian bawah ahalaman ini. Anda juga bisa turut memberikan pendapat seputra aplikasi Quick Disaster dalam google glass ini dengan enambahkan pendapat anda dalam kolom yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook