Pianis Cilik Asal Indonesia Menjadi Juara di Festival Internasional di Ukraina

Anak bangsa tidak henti-hentinya menorehkan prestasi di kancah internasional.

Dimana prestasi yang berhasil di raih ternyata bukan hanya dalam bidang olahraga saja, dalam bidang musik atau seni pun anak bangsa selalu unggul dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Dan pernyataan tersebut bisa dibuktikan oleh Joey Alexander Sila, dimana ia meupakan seoorang pianis cilik yang berumur 9 tahu, ia memenangkan Grand Prix 1st Internatinal Festival-Contest of Jazz Improvisation Skill. Dimana event besar tersebut diselenggarakan di Odessa, Ukraina, pada 5-8 Juni 2013.

Kelihaiannya dalam bermain piano mampu memukai para juri Jazz dari berbagai negara seperti Ukraina, Perancis dan Rusia. Semua juri memuji telanta bocah berbakat ini sebagai anugerah tidak ternilai yang diberikan oleh Tuhan. Joey pada saat itu merupakan peserta termuda dan ia merupakan satu-satunya peserta anak. Namun, meskipun begitu hal tersebut tidak pernah membuat dia berkecil hati. Dengan semangat dan rasa percaya diri yang besar akhirnya ia berhasil mengalahkan 43 peserta final yang berasal dari 15 negara.

Pada kompetisi improvisasi jazz yang diselenggarakan untuk pertama kalinya ini, semua peserta dikelompokan menjadi 5 grup band dimana masing-masing terdiri dari drummer, gitar, piano, bass gitar, tromboon, trompet, saksofon dan penyanyi. Selama beberapa hari semua anggota dari 5 band tersebut diganti dengan peserta yang berbeda-beda. Mereka pun berkompetisi memainkan beragam aliran jazz seperti halnya jazz funk, jazz rock atau jazz fusion.
Kompetisi besar ini dilakukan secara langsung di hadapan beberapa juri dan penonton. 5 grup band yang telah dibentuk sebelumnya kemudian bergantian untuk menampilkan improvisasi jazz mereka masing-masing.

Penonton yang memenuhi gedung tersebut tampaknya memberikan semangat yang besar kepada Joey. Saat itu Joey sama sekali tidak gugup. Kemampuannya dalam menggeluti musik tampaknya mampu menghalau rasa gelisah yang dirasakannya. Dengan rasa percaya diri Joey menggerayangi tuts-tuts piano dengan musik Jazz. Bahkan penampilannya dalam bermain jazz tersebut didampingi oleh salah satu drummer jazz berbakat yakni Sandi Winarta, dimana Sandi juga merupakan putra bangsa.

Joey Alexander Sila, bocah yang dilahirkan di Denpasar, Bali ini telah menunjukan kemampuannya serta minatnya dalam bermain piano sejak dirinya masih berusia 5 tahun. Kemampuan bocah ini terus diasah oleh sang ayah tercinta, Deni Sila. Dan di bawah asuhan ayahnya tersebut Joey telah mengikuti berbagai festival jazz seperti Java International Jazz Festival, World Youth Jazz Festival di Kuala Lumpur, Jakarta International Jazz Festival dan yang lainnya. Bahkan Joey juga pernah diundang oleh UNESCO untuk bermain di ikon jazz dunia, Herbie Hancock, di Jakarta.

Kemenangan Joey Alecander Sila dalam festival tersebut telah berhasil membawa nama baik dan mengharumkan bangsa Indonesia di Ukraina bahkan di seluruh dunia. Dengan kemengan yang di raih Joey tersebut mampu membuktikan bahwa bangsa Indonesia memiliki bakat-bakat muda dengan kualitas internasional. Dengan memenangkan festival tersebut Joey mendapatkan penghargaan dan diberikan kesempatan untuk berkeliling Eropa. Tidak hanya itu Joey pun melakukan proses rekaman di salah satu studio rekaman terbaik di dunia. Dan semoga setelah Joey ada lagi putra bangsa yang bisa membawa nama baik Indonesia.

Nah atas perstasi gemilang yang berhasil ditorehkan oleh Joey Alexander Sila ini semoga bisa menginspirasi kita semua untuk terus berkarya dan mengharumkan nama bangsa kita tercinta.

Dengan banyaknya anak bangsa yang berprestasi ini maka kita patut bangga menjadi bangsa Indonesia. Yuk berbagi bersama orang terdekat agar mereka juga tahu prestasi membanggakan yang telah dicapai oleh anak Indonesia.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook