Penemuan Spesies Hewan Unik Baru Di Indonesia Selama Tahun 2015

Alam ini menyimpan berbagai misteri serta pertanyaan yan belum sama sekali terpecahkan dan tersimpan di suatu tempat.

Sampai suatu ketika hal tersebut ditemukan, maka akan menjadi suatu hal yang dianggap aneh, unik dan juga baru. Setiap penemuan baru ini menunjukan sebuah hal baru yang kadang aneh dan belum pernah diketahui sebelumnya.

Berbicara mengenai penemuan baru yang unik dan aneh di tahun 2015 lalu, maka berikut ini ada beberapa penemuan terkait dengan spesies hewan baru yang memiliki keunikan dan baru. Penemuan spesies hewan-hewan berikut ini menjadi tambahan keanekaragaman fauna yang dimiliki oleh alam Indonesia yang memang banyak menyimpan hal unik dan belum banyak diketahui orang-orang.

10

Berikut ini adalah 5 daftar spesies hewan unik dan baru yang pernah ditemukan di tahun 2015 lalu. Mari simak daftarnya di bawah ini.

Tikus Hidung Babi

Hewan pengerat bernama tikus dan juga babi adalah 2 jenis hewan yang berbeda, namun pencarian dan penelitian yang dilakukan oleh gabungan ilmuwan 3 negara, yakni Indonesia, Australia dan juga Amerika telah berhasil menemukan satu jenis spesies hewan bernama Tikus Hidung Babi. Sesuai dengan namanya, tikus yang satu ini memiliki ciri fisik unik, yakni lubang hidung besar berwarna merah jambu layaknya babi. Penemuan tikus genus baru ini ditemukan di sekitar hutan Sulawesi Tengah.

Kepiting Vampir

Tidak seperti namannya, kepiting vampir justru memiliki tampilan yang sungguh sangat infah dan unik, yakni memiliki warna yang begitu bagus dan menarik. Kepiting yang ternyata sudah banyak diekspor dan dijadikan sebagai binatang hias ini tidak pernah disadari sebagai jenis atau spesies hewan baru. Hingga akhirnya seorang peneliti dari National University of Singapore menemukan jika kepiting yang berasal dari Ujung Kulon, Jawa Barat ini merupakan satu jenisn hewan yang baru.

Cherax Pulcher

Cherax Pulcher atau dikenal dengan lobster cantik ini diketahui sebagai sebuah spesies baru yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Spesies lobster cantik satu ini ditemukan di Kepala Burung, Irian Barat, Papua dan menjadi salahsatu penemuan yang unik di tahun 2015.

Katak Seblat

Dr. Amir Hamidy Ph. D. Ahli herpatolog bersama tim di tahun 2015 lalu berhasil menemukan sebuah spesies baru katak yang diberi nama katak seblat atau dengan nama ilmiah yakni, Rhacophorus indonesiensis. Katak yang ditemukan di Sumatera ini menjadi sebuah spesies baru karena memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan katak pada umumnya. Jenis katak pohon satu ini tidak memiliki gigi vomer seperti yang umumnya ditemukan pada katak umumnya.

Cnemaspis Rajabasa

Sungai Tajur, Gunung Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Sumatra merupakan lokasi ditemukannya spesies baru yang diberi nama Cnemaspis Rajabasa. Cnemaspis Rajabasa sendiri dikenal juga dengan cicak pupil bulat. Awal Riyanto peneliti ahli herpetofauna dari LIPI adalah penemu dari cicak jenis baru ini. Awal mengemukakan beberapa fakta yang menjadi bukti penguat jika katak ini meruapkan jenis baru dengan sejumlah perbedaan yang dimilikinya.

Demikianlah penemuan yang terjadi di tahun 2015 lalu yang cukup unik dan banyak menimbulkan tanggapan dan reaksi dari orang-orang tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Bagi anda yang senang dengan penemuan baru tersebut silahkan berikan komentar terhadap penemuan-penemuan tersebut dengan mengisi kolom komentar yang sudah disediakan pada bagian bawah halaman ini, kemudian silahkan berbagi artikel ini dengan cara menekan tombol share yang sudah disediakan pada halaman ini, dan mulailah berbagi bersama teman dan sahabat anda di media sosial.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook