Padukan Musik Modern dan Etnik Tradisional, Grup Musik Asal Indonesia Tuai Berbagai Apresiasi Positif dari Benua Eropa

Predikat Indonesia sebagai negara di dunia ketiga memang cukup membuat banyak orang kurang bisa memberikan kepercayaan kepada bakat dan potensi Indonesia. Dengan demikian, tidak jarang yang akhirnya malah malu dengan karya bangsa sendiri. Tidak jarang yang lebih menyanjung kebudayaan luar yang terkadang kurang sesuai dengan kebudayaan lokal asli Indonesia.

Meskipun demikian , faktanya justru begitu terbalik. Di balik itu semua, berbagai pujian, sanjungan dan ungkapan ketertasikan banyak berdatangan dari mereka yang berada di luar sana. Banyak sekali orang-orang luar negeri yang justru begitu memberikan apresiasi yang besar bagi bangsa ini. Sebagaian dari mereka bahkan begitu masuk hingga menggali dan mendalami berbagai banyak hal yang ada di Indonesia.

Dari sekian banyak potensi bangsa yang begitu mendapat perhatian dunia, salahsatunya adalah mengenai musiknya. Sebagai salahsatu bentuk manifestasi kreatifitas bangsa, musik Indonesia ternyata banyak sekali memikat hati orang-orang di benua Eropa. Slahsatu contoh nyata yang cukup membanggakan adalah sebuah grup musik duo asal Indonesia yang bernama V1MAST. Sebagai grup musik duo asal Indonesia V1MAST diketahui mengusung genre, pop rock modern yang dibalut dengan sentuhan etnis tradisional, hingga neotradisional.

06 indonesiaku

Mungkin nama V1MAST sendiri belum begitu di kenal di dalam negeri, namun penampilan mereka dalam ajang Indonesian Trade Expo dan World Music Festival 2016 yang digelar di Praha, Ceko telah berhasil merebut perhatian banyak sekali penikmat musik di Eropa. Salahsatu bukti jika mereka begitu mendapatkan penghargaan di sana adalah dengan larisnya berbagai jenis merchandise serta album yang meraka jual di stand waktu itu. Uniknya para penonton tetap mau membeli dan mengapresiasi meskipun banyak harga telah meraka naikan, bahkan hingga 7 kali lipat dari harga semula.

Dukat Fest di Bosnia dan Herzegovina juga menjadi saksi lain jika duoa musik unik aal Indonesia ini patut diperhitungkan. Gelar Best Ensemble Performance serta berbagai sanjungan positif berhasil mereka raih sewaktu menggelas pertunjukan di Benua Eropa tersebut. Meskipun demikian, perjuangan mereka tidkalah mudah, sebab di awal mereka datang ke sna, berbagai pandangan meremehkan mereka terima. Namun justru akhirnya mereka bisa membuktikan jika musik tradisi Indonesia bisa begitu menarik, apalagi ketika dipadu padankan dengan musik modern.

Konsep yang diusung oleh V1MAST juga begitu diapresiasi oleh berbagai lapisan. Tidka heran jika kemudian Badan Ekonomi Kreatif memberikan dukungan kepada duo musik satu ini agar terus berkembang. Ari Juliano selaku perwakilan dari Badan Ekonomi Kreatif sendiri berharap jika V1MAST bisa menjadi salahsatu jembatan para musisi untuk bisa turut bersaing di pasar musik dunia.

Karakter V1MAST yang begitu kuat memang bisa mewakili memperkenalkan Indonesia ke dalam kancah musik dunia. Sebagai grup musik mereka jug aternyata memiliki kepedulian yang cukup besar dengan sekitarnya. Keberangkatan mereka menuju dataran Eropa juga tidaklah bukan berkat aksi mereka turut serta dalam kampanye sosial membantu pendidikan anak-anak di Indonesia. Sehingga, V1MAST sendiri kini tidka hanya mendapatkan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif, beberapa organisasi laninnya di bidang sosial seperti Save the Children dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik, memberikan dukungannya kepada grup duo asal indonesia ini.

Apakah anda penasaran dengan penampilan menarik dan juga ciamik dari V1MAST? Silahkan anda simak dan tonton penampilan mereka melalui video di bawah ini!

Mari sebarkan dan bagikan kebanggan kita terhadap Indonesia ini dengan membagikan artikel dan videonya. Anda bisa terus berbagi informasi unik dan juga menarik seputar Indonesia dengan menekan tombolberbagi yang telah disediakan. Cukup tekan tombol berbagi yang telah disediakan dan mulailah berbagi melalui laman media sosial anda masing-masing.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook