Merasakan Keindahan Alam Sungai Limbong Sitodong, Wisata Polewali, Sulawesi Selatan

Alam asri dan sunyi merupakan tempat yang cocok untuk anda para traveler yang ingin sejenak bercengkrama dengan alam ciptaan Tuhan dan melupakan sejenak kepenatan sehari-hari.

Jika anda ingin mencoba nuansa alam asri yang sangat khas dan menenangkan maka sebaiknya anda mencoba sebuah tempat bernuansa alam nan indah yang terletak di Polewali Mandar, Sulawesi Selatan. Tempat yang bernama Limbong Sitodo itu merupakan salahsatu keindahan alam andalan Polewali yang menampilkan air terjun dan sungai indah sebagai sajian utamanya. Selain dari kedua hal tadi anda juga tentunya akan medapatkan suasana berada di tengah-tengah pepohonan asri dan hawa segar, berhias juga batu-batu besar yang terhampar di area tersebut.

Sungai Limbong Sitodong merupakan salahsatu destinasi andalan pemerintah daerah Polewali Mandar karena kecantikan alamnya yang sungguh luar biasa. Di lokasi tersebut anda bisa menemukan sebuah air terjun yang menjadi pelengkap elemen-elemen keindahan alam Limbong Sitodong bernama air terjun Indo Ranuang. Air yang mengalir dari tercurah dari Indo Ranuang sangatlah jernih dan indah, selanjutnya akan mengalir disela-sela bebatuan. Pemandangan dan pengalan seperti itu akan membuat sejuk dan tenang, tak hanya raga anda, namun juga jiwa anda.

Lokasi ini menjadi pilihan terbaik bagi anda menikmati nuansa alam hijau yang asri bersama keluarga ataupun sahabat dan teman. Mungkin untuk mengunjungi sungai Limbong Sitodong akan cukup mudah dan cukup ramah dilalui bagi anak-anak serta rombongan keluarga yang ingin menikmati alam indahnya, namun untuk anda yang berjiwa petualang sejati, mengunjungi lokasi ini juga akan cukup mampu memenuhi hasrat berpetualang anda, pasalnya justru jika ingin menikmati air terjun Indo Ranuang, anda diharuskan menempuh lagi perjalanan menuju ke arah hulu sungai. Perjalanan anda menuju hulu sungai Limbong Sitodong ini tidaklah terlalu mudah sebab perjalanan sejauh 4 kilometer harus anda tempuh dengan kondisi alam yang akan dilalui cukup menjadi rintangan bagi anda sebelum merasakan sejuknya air terjun indah bernama Indo Ranuang.

Air terjun Indo Ranuang merupakan sebuah air terjuan alam indah yang terbentuk dari tumpukan bebatuan besar yang sangat indah dan mempesona. Setelah anda berkeringat dan letih menyusuri jalan menuju lokasi yang tidaklah mudah, maka semua itu akan segera terbayar dengan kesejukan air yang terpercik dari curahan air terjun Indo Ranuang. Dengan ketinggian air terjun mencapai hingga titik tertinggi sekitar 100 meter anda akan disuguhi juga pemandangan indah dari Kota Polewali beserta Teluk Mandar.

Sejuknya Alam Limbong Sitodong 

Jika anda mengunjungi Limbong Sitodong, maka sensasi kesejukan alam dan ketenangan merupakan hal pertama yang akan anda temui dan rasakan. Begitu sampai di lokasi kejernihan air juga serasa merayu anda untuk segera merasakan dan menyentuh serta turun berendam dan menyatu dengan alam sekitar. 

Pepohonan besar yang mengelilingi area sekitar juga menjadi elemen penting bagi momen relaksasi yang dirasakan oleh anda ketika berada di area tersebut. Sejanak merasakan Sungai Limbong Sitodong, mungkin bagi anda yang berjiwa petualang akan langsung melangkahkan kaki untuk menuju hulu sungai dan merasakan kesegaran dari percikan air dari air terjun Indo Ranuang, tak salah lagi anda akan segera terjun berenang di hulu sungai jernih tersebut.

Setelah puas bermain air di Sungai Limbong Sitodong dan air terjun Indo Ranuang, maka jangan dulu langsung melangkahkan kaki untuk pulang ke rumah, sebaiknya anda menuju ke sebuah desa yang berajarak hanya sekitar 5 kilometer saja dari sungai Limbong Sitodong. Desa yang bernama Mandar tersebut merupakan sebuah desa tradisional yang masih memegang teguh adat budaya warisan dari leluhur dan nenek moyang .

Mengunjungi desa tradisional Mandar, anda akan disuguhi pemandangan dari kebun kakao yang menjadi salahsatu komoditi utama pertanian di desa tersebut, belum lagi perkebunan buah dan sayuran yang juga dikelola oleh masyarakat adat sekitar. Bagi anda yang hendak mengunjungi desa adat ini, kendaraan seperti motor dan mobil bisa anda gunakan hanya sampai setengah perjalanan, sebab jalan menuju ke desa adat tersebut akan mengecil seiring jalan masuk menuju desa.

Transportasi dan Lokasi Wisata

Lokasi wisata yang akan anda kunjungi ini belokasi tepatnya di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Polewali Mandar, Sulawesi Selatan. Lokasi wisata ini terletak tidak terlalu jauh dari Polewali, dengan jarak hanya sekitar 8 kilometer saja. adapun untuk menuju lokasi wisata alam nan indah dan sejuk ini anda bisa menempuh jalur berikut.

  • Dari Polewali anda bisa menuju ke kantor Desa Kunyi, Letak jalan menuju tempat tersebut berada di jalan utama Polewali.
  • Dari jalan utama yang sebelumnya anda lalui, berbeloklah menuju ke arah kanan, menuju ke Desa Kunyi. Dengan jarak tempuh hanya sekitar 4 kilometer saja anda akan langsung smpai menuju ke lokasi sungai Limbung Sitodong, ditandai dengan area parkir kendaraan dan beberapa warung makanan berada di area sekitar lokasi tersebut.
  • Jika ingin melanjutkan perjalanan menuju air terjun maka, anda tinggal mendaki saja dengan jalan yang sudah tersedia di sana, namun untuk meyakinkan, sebaiknya anda juga bertanya pada warga sekitar yang berada di sana, untuk memastikan letak lokasi air terjun.

Hotel dan Penginapan Terdekat

Bagi anda yang datang jauh dari luar Kota Polewali, tidak mungkin anda melakukan perjalanan pulang pergi rumah menuju lokasi, oleh karena itu menginap menjadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin merasakan kesejukan lokasi sungai Limbong Sitodo, air terjun Indo Ranuang dan desa adat Mandar. 

Penginapan terdekat yang bisa anda reservasi mungkin terletak di Kota Polewali. Meskipun demikian, anda belum bisa menemukan hotel berbintang untuk memenuhi akomodasi anda selama berwisata di sana. Hanya ada beberapa penginapan kecil yang bisa direservasi, beberapa nama seperti Hotel Perdana dan Hotel Lilianti bisa menjadi pilihan tempat anda menginap dan beristirahat.

Tips Berwisata

Jika berniat mengunjungi lokasi ini maka tips berikut ini bisa anda ikuti agar perjalanan anda lebih lancar.

  1. Untuk menuju ke lokasi akses jalan mungkin sudah cukup memadai, namun ketersediaan penunjuk jalan belum tersedia dengan baik. oleh karena itu pastikan anda telah survey mengenai lokasi dan jangan sungkan untuk bertanya arah.
  2. Bawalah pakaian ganti, sebab kegiatan anda di lokasi yang bermain dengan air dan kegiatan adventure yang menguras keringat. Oleh karena itu pastikan anda membawa pakaian ganti yang cukup.
  3. Bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi air terjun namun merasa tidak sanggup untuk berjalan mendaki, maka anda bisa menggunakan motor dengan biaya ongkos sebesar 40ribu. Kuatkan juga iri anda sebab berkendara mendaki juga cukup memacu adrenalin anda.

Tertarik berkunjung? Jangan lupa share artikelnya dan ajak keluarga serta temanmu merasakan sejuknya alam Polewali.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook