Menjawab Tantangan, Indonesia Siap Ekspor Kapal Perang Besar Canggih Ke Filipina

Seiring dengan waktu yang terus bergerak, ternyata anak Indonesia makin mampu menunjukan kualitas kemampuannya kepada dunia.

Dipercaya membuat kapal perang dengan kualitas internasional dan kontrol ketat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri sekaligus tantangan yang harus dijawab dan dipertanggungjawabkan. Menjadi proyek yang pertama bagi Indonesia, untuk memproduksi kapal perang canggih dan berkualitas internasional tentunya turut menentukan kredibilitas industri Indonesia.

Kapal perang yang diberi nama Strategic Sealift Vessel (SSV) itu dipesan oleh negara tetangga kita yaitu Filipina. Dibuat di Surabaya, di bawah naungan PT. PAL (persero) dengan tenaga-tenaga lokal dengan kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi. Turitan Indaryo, selaku proyek manajer yang merupakan seorang doktor kapal lulusan Jepang ditemani sekitar 400 orang lebih tim yang ada berusaha mewujudkan sebuah kapal yang memiliki sistem serta kualitas yang sangat bagus. Mereka bekerja dengan sangat semangat juga keras, hampir siang malam mereka lakukan demi pembuktian kepada dunia jika Indonesia juga mampu memproduksi sebuah kapal perang yang kemudian memiliki kelayakan untuk diekspor.

01

Kerja keras yang mereka lakukan adalah demi mengejar waktu launching yang sudah harus dilakukan pada November mendatang, namun di saat yang sama tidak boleh mengesampingkan kualitas serta sistem kapal dan tidak boleh mengecewakan customer. Dituturkan Turitan, jika kapal perang tidak semata kendaaran perang yang dibuat begitu saja, sebab didalamnya terdapat berbagai sistem persenjataan serta navigasi yang semuanya harus saling terintegrasi dengan sistem yang tidak main-main.

Kapal perang Strategic Sealift Vessel (SSV) yang dibuat ini merupakan pengembangan dari proyek sebelumnya yang pernah diproduksi bernama Landing Platform Dock 125 meter. Memiliki panjang hingga 123 meter, kapal perang yang satu ini dapat diawaki hingga 121 crew dan mampu menampung 500 pasukan serta membawa 2 helikopter, kapal perang juga truk militer. Kapal dengan daya angkut hinga mencapai 10.300 ton ini mampu melaju dengan kecepatan tertinggi 16 knot dan kapasitas mesin 2 x 2.920 kw. Dengan semua spesifikasi tersebut, kapal perang ini dibekali dengan mesin dan sistem canggih yang didatangkan dari Jerman dan juga Korea.

Kini pembuatan kapal ini sendiri sudah dalam tahap penyelesaian konstruksi yang dilakukan secara pararel serta penyesuaian sistem yang memang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi, jangan sampai terjadi sedikit saja kesalahan yang mampu mengacaukan seluruh sistem yang sudah susah payah dibangun. Sehingga jika dihitung-hitung pengerjaannya sendiri sudah mencapai 80%, baik SSV 1 maupun SSV 2.

Jika dilihat memang sebagaian besar peralatan yang tertanam di dalam kapal perang ini memang didatangkan dari negara luar semacam Korea dan Jerman, namun PT. PAL tetap mengusahakan penggunaan bahan tersebut juga melibatkan bahan baku lokal. Salahsatu bahan baku lokal yang dipakai adalah plat baja. Dengan pengalaman sebelumnya dalam produksi kapal Landing Platform Dock 125 meter sekelas SSV, PT. PAL bersama dengan seluruh tim yang bekerja yakin jika mereka mampu menghadirkan sebuah produk yang memiliki berbagai standar keamanan, kontrol produk serta ketepatan waktu penyelesaisan dan kirim yang baik dan memenuhi standar internasional.

Mari kita tunggu karya besar anak Indonesia yang membanggakan ini, semoga mampu memenuhi ekspektasi serta menjawab kebutuhan internasional akan kebutuhan kendaraan perang dengan kualitas memadai. Jangan lupa berbagi dengan teman dan sahabat anda mengenai informasi ini dengan menekan tombol share di bagian bawah artikel. Anda juga bisa berbagi komentar dengan memasukannya dalam kolom komentar yang telah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook