Menikmati Uniknya Wisata Sejarah dan Mitos Di Gua Sunyaragi Cirebon

Bagi anda sekalian penggemar traveling mungkin sudah sangat paham jika salahsatu keunikan wisata Indonesia selain keindahannya terletak pada mitos yang mengiringinya.

Temapat wisata yang berbalut cerita sejarah, mitos maupun misteri memang justru malah menambah banyak ketertarikan serta keingintahuan yang lebih besar dari para pelancong atau turis. Sehingga tidak mengherankan, jikaperpaduan keindahan serta misteri dari bermacam mitos menjadi sesuatu yang khas yang dimiliki hampir setiap kawasan wisata alam dan sejarah di Indonesia.

Berbicara lebih jauh mengenai tempat wisata dengan mitos dan sejarah, maka sebuah lokasi unik nan mengagumkan di Cirebon bernama Gua Sunyaragi mungkin bisa menjadi pilihan wisata yang menarik untuk coba anda singgahi. Gua Sunyaragi dikenal juga sebagai Taman Air Sunyaragi yang dibangun dengan tujuan tempat meditasi bagi para Sultan Cirebon serta keluarganya.

09

Bagi anda yang baru pertama kali mendengar mungkin membayangkan sebuah gua seperti umumnya, padahal Gua Sunyaragi yang berada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon ini sendiri merupakan sebuah bangunan yang sengaja di bangun, hingga bentuknya sendiri lebih menyerupai candi. Meskipun demikian jalan berliku dan lorong gelap di bagian dalam bangunan ini yang membuatnya dipanggil sebagai Gua Sunyaragi.

Menelusuri Uniknya Gua Sunyaragi

Luas areal loaski wisata unik ini ternyata cukup luas, yakni mencapai 15 hektar. Di dalamnya sndiri dibagi menajdi 2 bagian wilayah, yakni pesanggrahan dan bagian gua. Gua yang dimaksud berupa bangunan yang berbentuk gunungan-gunungan. Dengan areal yang sangat luas tersebut anda bisa menyaksikan bagaimana keunikan yang dimiliki oleh bangunan sejarah ini. bangunan yang tampak memiliki banyak sekali perpaduan corak budaya. Anda bisa melihat gaya arsitektur Hindu, Tiongkok kuno, Islam hingga gaya Eropa dalam arsitektur bangunannya. Situs ini juga telah beberepa kali dirombak, apalagi setelah hampir luluh lantah terkena efek ledakan yang dilakukan pemerintah kolonial Belanda pada saat penjajahan.

Selain bangunan unik, kolam, panggung pertunjukan terbuka, yang menjadi daya tarik dari Gua Sunyaragi adalah mitos yang seringkali terdengar, yaitu mengenai jodoh. Mitos pertama bisa anda temukan pada sebuah gua yang bernama Gua Peteng. Bangunan gua ini merupakan bagian utama di dalam situs bersejarah ini yang digunakan sebagai tempat meditasi. Menurut mitos yang berkembang jangan sekali-kali anda memegang patung perawan sunti yang berad di pint masuk jika anda tidak ingin jodoh anda menjadi sulit. Namun bagi siapapun yang ingin enteng jodoh, maka menurut tutur mitos maka cobalah untuk mengunjungi Gua Kelanggengan. Tentunya dengan adanya mitos ditambah banyaknya situs bersejarah unik menjadikan lokasi Gua Sunyaragi ini memiliki magnet cukup besar dalam menarik wisatawan berkunjung.

Transportasi Menuju Gua Sunyaragi Cirebon

Lokasinya yang beradi di pusat kota tampaknya tidak akan membuat anda kesulitan utnuk mencapai ke lokasi Gua Sunyaragi ini. anda hanyatinggal menggunakan angkutan umum yang banyak tersedia di sana. Dengan titik awal keberangkatan dari Terminal Cirebon saja anda hanya harus menempuh perjalan selama 10 menit untuk bisa sampai ke lokasi.

Akomodasi Wisata Gua Sunyaragi

Bagi anda yang ingin mencoba berkunjung dan berwisata di sekitar Gua Sunyaragi ini tidak usah terlalu khawatir, sebab dengan lokasi yang cukup dekat dengan karamaian tengah kota membuat anda bisa dengan cukup mudah mendapatkan tempat menginap ataupun penjual makanan utnuk mengisi perut anda.

Bagaimana? Sudah siap mengunjungi lokasi wisata di tengah Kota Cirebon yang sangat unik ini? Janfgan lupa utnuk terus berbagidengan teman dan sahabat anda mengenai artikel ini. jangan lupa juga untuk turut berkomentar di kolom yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook