Menikmati Indahnya Kesunyian Taman Laut 17 Pulau di Flores NTT

Dari sekian banyak lokasi indah di Indonesia Flores mungkin menjadi salahsatu lokasi favorit untuk dijelajahi, sebab dengan bentang alam yang sangat indah, kebudayaan yang masih terjaga dengan baik membuat Flores menjadi salahsatu destinasi favorit untuk dikunjungi, meskipun memang akses untuk mencapai lokasi tersebut cukup sulit dan menantang.

Banyak sekali tempat yang wajib anda kunjungi ketika berwisata dan berlibur di Flores, salahsatu yang harus anda kunjungi adalah Kabupaten Ngada. Di Kabupaten Ngada anda akan menemukan kebesaran Tuhan melalui keindahan alam yang diciptakannya. Ciptaan Tuhan yang mengagumkan tersebut bernama Taman Laut 17 Pulau Riung.

Pulau Riung masih terhitung sebagai lokasi yang cukup sepi dengan keindahan yang sebegitu mengagumkannya, bagaimana tidak sebab akses menuju ke tempat tersebut membutuhkan perjuangan yang cukup berat, di mana anda harus melalui jalan yang berliku dan sempit belum lagi anda harus menemui jalan naik turun dengan jurang di sampingnya, sungguh menantang sekali bagi anda yang senang dengan petualangan.

Namun justru perjalanan tersebut akan menjadi pengalaman sendiri dan tak terlupakan bagi anda yang ingin berkunjung ke Riung. Rasa lelah dan ngeri selama melalui perjalanan yang cukup menantang tersebut akan terbayar penuh dengan keindahan dan ketenangan yang ditawarkan Riung. Tidak seperti Bali dan beberapa lokasi pantai indah lainnya di Indonesia, Riung dan sekitarnya memiliki suasana yang masih terbilang sepi sebab kebanyakan penduduk yang tinggal di lokasi tersebut adalah suku Oting Bajo yang kebanyakan tinggal di lautan dan jarang memperlihatkan diri, hanya akan ditemukan beberapa penduduk lokal yang membuka homestay bagi para turis yang datang.

Dengan datang dan berkunjung anda akan merasakan ekslusifitas di tempat umum dengan suasana yang indah namun tak terasa keramaian yang berarti, yang mungkin banyak anda temui justru mungkin turis asing yang berjalan santai dengan bertelanjang dada. Mereka mungkin sebagian orang beruntung yang tahu dan mau berkunjung ke lokasi yang penuh dengan keindahan dan ketenangan ini. Hamparan pantai dan laut yang terbuka luas dengan udara tropis yang menenangkan. Kumpulan bukit-bukit hijau berlapis juga menjadi lokasi yang akan menyambut dan memanjakan mata anda selama berada di sini.

Nama Taman Laut 17 Pulau sendiri diambil dari banyaknya pulau yang tersebar di sekitarnya, meskipun memang jumlah pulau yang ada lebih dari 17 tetapi penaman dengan angka 17 agar lebih mudah diingat karena sesuai dengan tanggal kemerdekaan Indonesia. Dari sekian banyak gugusan pulau tersebut hampir semuanya tidak dihuni oleh penduduk sehingga keadaan Taman Laut 17 Pulau ini terasa cukup sunyi dan lenggang.
Dari sekian banyak pulau yang ada kebanyakan di huni oleh flora dan fauna khas. Untuk faunanya sendiri anda bisa menemukan hewan-hewan semacam komodo, biawak timur, ayam hutan, kelelawar, bangau hitam dan beberapa binatang lainnya. Di bagian bawah laut juga anda bisa menemukan beragam binatang yang mungkin jarang anda temui di wilayah lainnya yakni sebuah rumbaian berwarna merah, di mana sebenarnya itu merupakan telur dari Kelinci laut raksasa merah yang terikat oleh lendir.

Merasakan Ketenangan dan Keindahan Taman Laut 17 Pulau Riung

Tak mudah memang untuk mencapai gugusan pulau indah yang beregelar Taman Laut 17 Pulau ini sebab perjalanan panjang berliku menanti anda sebelum akhirnya anda merasakan keindahan yang dimiliki oleh pulau-pulau kecil tersebut. Kegiatan utama seperti berenang snorkeling dan diving memang menjadi agenda utama yang sangat tidak mungkin anda lewatkan ketika berkunjung ke lokasi indah ini. Lain daripada itu sepertinya lensa kamera anda akan sangat haus dan lapar akan objek-objek indah dihadapan mata yang terbilang sangat mengagumkan.
Tak berhenti di situ, gugusan-gugusan pulau-pulau yang indah tersebut menantyi kedatangan anda untuk dieksplorasi mengunakan perahu atau speedboat di mana pada saat bersamaan anda bisa melihat keindahan laut dari atas perahu menggunakan fibre glass.

Kegiatan lainnya yang mungkin anda ingin lakukan tidak lain dan tidak bukan adalah bersantai di pinggir pantai. Angin sejuk udara yang segar, cahaya matahari tropis yang menerpa membuat anda betah berlama-lama di pinggir pantai, di saat yang bersamaan anda juga bisa berinteraksi dengan orang-orang baru baik warga lokal maupun sesama turis yang melancong dari berbagai penjuru tempat. Beberapa nama seperti Pulau Batang Kolong, Pulau Meja, Pulau Sui, Pulau Tiga, Pulau Ruton, Tanjung Toro Padang, Pulau Lainjawa, Pulau Wongkoroe, Barrier reef adalah lokasi-lokasi yang sebaiknya anda kunjungi ketika berada di Taman Laut 17 Pulau, sebab sangat sayang apabila anda melewatkan begitu saja keindahan tersaji di hadapan mata.

Transportasi dan Akses Masuk

Riung sendiri masuk ke dalam agenda rute perjalanan surga-surga wisata Indonesia. Sehingga anda bisa melakukan perjalanan Panjang yang dimulai di Bali dan berakhir di Riung atau langsung menuju Riung. adapun akses menuju Riung adalah sebagai berikut.

Anda bisa mengambil penerbangan dari bandara-bandara besar seperti Jakarta, Surabaya dan Denpasar menuju ke Maumere.

Setelah mencapai Maumere anda bia menyewa kendaraan yang akan membawa anda menuju ke Bajawa dan kemudian Riung. Jika anda tidak menyewa kendaraan anda juga bisa menggunakan kendaraan umum yang kebanyakan berupa minibus dan beroperasi 2 kali yakni pada pagi hari dan siang hari saja.

Akomodasi Berwisata

Tak banyak yag bisa diharapkan dari Riung soal penginapan, sebab area ini masih terhitung terpencil dan belum berkembang. Meskipun demikian justru hal itulah yang membuat lokasi ini menjadi layak untuk dikunjungi bagi anda yang benar-benar memiliki jiwa petualang atau traveler sejati. Pasokan listrik yang tersedia pun hanya berfungsi selama 6 jam saja, di mana listrik tersebut masih berasal dari generator dan bukan dari PLN. 

Penginapan yang tersedian hanya berupa homestay yang terdapat di sekitaran Riung. bahkan untuk keperluan makan anda hanya bisa mendapatkan suplai terbaik dari sebuah restoran atau warung makan yang hanya ada satu-satunya di sana. Warung makan yang bernama warung murah meriah tersebut menyediakan menu makanan Indonesia dan Eropa. 

Tips Wisata

  1. Mengingat lokasi indah ini berada di area yang cukup jauh dan sulit diakses maka sebaiknya anda berangkat ketika memiliki waktu libur yang agak panjang. Selain karena jauh dan sulitnya akses juga jarak, hal tersebut juga ditujukan agar anda merasa puas untuk menjelajahi sebagaian besar wilayah di area Taman Laut 17 Pulau.
  2. Jika anda berniat menggunakan kendaraan sewaan dari Maumere lebih baik sekaligus bersama supir, sebab keadaan jalan yang cukup berliku dan sempit serta banyak sekali jurang dipinggirnya akan sangat berbahaya bagi anda yang pertama kali berkunjung dan tak mengenal jalur.
  3. Bagi yang hendak melakukan kegiatan snorkeling atau diving bisa menghubungi pemandu yang bisa anda temui di warung pada saat anda makan.

Tertarik mengunjungi lokasi indah nan sunyi di Flores ini? Ajak teman anda dengan cara share artikelnya dan jangan lupa berikan komentar anda.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook