Mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata yang Sangat Unik, Wisata Belitung

Besarnya apresiasi masyarakat terhadap kehadiran sebuah karya sastra berjudul Laskar Pelangi ternyata membuat banyak perubahan di Belitung.

Laskar Pelangi sebagai sebuah novel memang bisa dikatakan sangatlah sukses besar, sang pencipta Andrea Hirata dikatakan mampu menginspirasi banyak orang melalui kisah-kisah yang dituturkannya lewat banyak novel yang dirilisnya. Selain itu kesuksesan filmnya juga turut membesarkan Belitung sebagai tempat kelahiran sang penulis sekaligus latar kisah dari Laskar Pelangi.

Seiring dengan informasi keindahan Belitung yang turut terbantu tersiar berkat kehadiran Laskar Pelangi. Kunjungan wisatawan ke Belitung juga ternyata turut meningkat. Rata-rata mereka ingin mencoba menelusuri jejak-jejak Laskar Pelangi sembari mengeksplorasi Pulau Belitung yang ternyata keindahannya tidak kalah dengan pulau-pulau lain di Indonesia.

06

Seiring dengan perkembangan pariwisata yang terus meningkat di Belitung, selain lokasi-lokasi shoot film seperti sekolah SD Laskar Pelangi, lokasi pertambangan timah pada zaman kolonial hingga set pantai yang banyak terdapat batu-batu besar, anda juga bisa mencoba mengunjungi sebuah muesum yang bernama Museum Kata Andrea Hirata.

Mengunjungi Musem Kata Andrea Hirata

Museum Kata didirikan oleh Andrea Hirata selaku novelis dari Laskar Pelangi pada tahun 2010. Museum yang terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur ini menyimpan berbagai macam literatur dari berbagai macam jenis, anda bisa menemukan literatur musik, seni, anak dan masih banyak lagi jenis lainnya, anda juga tentunya bisa menemukan novel-novel karya Andrea Hirata, yang juga bertindak sebagai kurator di museum ini.

Banyak sekali keunikan yang dimiliki museum yang ternyata merupakan hanya satu-satunya di Indonesia ini. Dibangun atas idealisme Andrea Hirata Museum kata memiliki bagian-bagian khusus seperti kantor pos yang bisa digunakan untuk menulis surat dan mengirim kartu pos. Di bagian tengah anda juga akan menemukan sebuah kedai kopi, bernama kedai kopi kuli. Andrea menjalankan museum ini dibantu oleh beberapa warga lokal dan dirinya sendiri juga terjun mengelolanya langsung, salahsatu contohnya adalah dengan mengajar anak-anak dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Selain dari berbagai macam bagian di dalamnya, keunikan dari arsitektur, serta pajangan berupa foto-foto dan potongan kata-kata, ternyata bagian depan dari museum kata ini merupakan sebuah rumah yang sudah berusia 200 tahun lebih. Tentunya usia yang cukup tua dan bersejarah bagi sebuah bangunan.

Transportasi Menuju Museum Kata

Bagi anda yang ingin berkunjung, Museum Kata sendiri terletak di Belitung Timur, sehingga bagi anda yang ingin mencoba mengunjunginya, bisa mencapi lokasi yang hanya berjarak 1 jam perjalanan saja dari Bandar Udara Hanandjoeddin. Untuk kendaraan anda sebaiknya mencoba menghubungi travel agent sehingga akan lebih mudah berkendara selama melakukan wisata di belitung.

Akomodasi Wisata

Ada cukup banyak peginapan yang berada di dekat museum ini yang bisa anda jadikan tempat tinggal tinggal sementara anda berwisata di belitung. Beberepa nama seperti Desta Homestay, Bukit Samak A1 cottage, penginapan Bukit Samak dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa menggunakan beberapa situs penyedia layanan booking tiket untuk emndapatkannya.

Berikut video mengenai Museum Kata Andrea Hirata Di Belitung. Simak videonya di bawah ini.

Tertarik berkunjung ke museum keren di Belitung ini? Ajak teman-temanmu! Bagikan artikel dan videonya berikut ini dengan cara menekan tombol share di bagian bawah artikel. Anda juga bisa memberikan komentar dengan cara menambahkannya di kolom komentar yang telah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook