Mengunjungi Chocolate Hills, Wisata Mengagumkan Bohol, Filipina

Memasuki musim liburan biasanya anda mulai sibuk mencari destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.

Permasalahannya adalah ketika sedang memilih destinasi liburan, biasanya pilihan utamanya selalu pantai. Namun sebenarnya akan sangat menyenangkan apabila kita mencoba untuk mengunjungi sebuah tempat baru yang unik dan indah, sehingga bisa menjadi pengalaman baru untuk diceritakan ketika liburan sudah berakhir nanti.

Jika anda mencari sebuah tempat yang menawarkan keajaiban alam yang unik, maka ada sebuah tempat unik yang berlokasi di Filipina bisa menjadi pilihan anda untuk berwisata ketika musim liburan. Tempat unik nan mengagumkan tersebut bernama Chocolate Hills, yakni bukit kecil yang tersebar dalam area kurang lebih 50 kilometer persegi. Jumlah bukit-bukit yang tersebar mencapai 1200-1700 bukit, yang terhampar dengan indahnya.

Bukit bukit indah yang terdapat di tempat tersebut merupakan salahsatu keajaiban alam yang terjadi akibat fenomena geografi. Kini keindahan alam yang terbentuk tersebut mampu menarik banyak wisatawan yang penasaran menikmati manisnya pemandangan alam Chocolate Hills. Chocolate Hill juga kini sudah terdaftar sebagai salahsatu situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO. Nama Chocolate Hills sindir kini sudah menjadi daftar kunjungan wajib wisatawan ketika berada di Bohol, dengan terkenalnya nama Chocolate Hills bahkan sampai dijadikan simbol bendera dari Bohol itu sendiri.

Selain itu legenda dan cerita rakyat yang meyertai terbentuknya Chocolate Hills sendiri menjadi daya tarik yang cukup ampuh. Banyak cerita yang melatarbelakangi terbentuknya tempat indah ini yang semuanya berhubungan dengan raksasa seperti berakhirnya cinta raksasa yang bernama Arogo pada Aloya, di mana tetesan matanya membentuk bongkahan-bongkahan bukit-bukit indah tersebut. Cerita lain adalah di mana bukit-bukit tersebut terbentuk akibat dari perkelahian 2 raksasa yang saling melempar batu hingga terbentuklah rangkaian bukit-bukit yang indah tersebut. Ada pula yang mengisahkan bhawa bukit-bukit tersebut berasal dari kotoran kerbau raksasa. Dan yang paling terakhir adalah kisah cinta bersayarat antara raksasa yang bernama Adriana pada Miguel, di mana bukit tersebut merupakan hasil kotoran Miguel yang dipaksa Adriana untuk mengurangi bobot badanya untuk mendapatkan cinta dari Adriana.

Chocolate Hills yang Mengagumkan

Mengunjungi Chocolate Hills anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan berupa rangkaian bukit-bukit kecil berbentuk kubah dengan ketinggian mencapai 30 hingga 50 meter. Jika anda berkunjung ke sana mungkin akan mendapatkan informasi berbeda mengenai berapa jumlah pasti dari bukit-bukit yang tersebar di sana. Namun yang pasti di sana terdapat minimalnya 1200 bukit, dan ada beberapa sumber yang menyebutkan hingga 1700 lebih. 

Bukit-yang terbentuk dan terdapat di areal Chocolate ini merupakan bukit kapur yang ditumbuhi rerumput, di mana rumput-rumput tersebut menyelimuti seluruh permukaan dari bukit tersebut. Rumput-rumput yang menyelimuti bukit itulah yang menjadi efek unik yang akan anda saksikan di Chocolate Hills. Bukit-bukit tersebut akan memberikan pemandangan yang berbeda tergantung musim. Pada musim hujan pengunjung akan disuguhi oleh bukit-bukit hijau yang tersebar, di mana warna hijau itu sendiri berasal dari rumput-rumput yang tumbuh subur karena disirami air hujan. Pada musim kemarau pengunjung akan melihat pemandangan yang berbeda, di mana warna bukita akan berubah berwarna coklat karena rumput mengering. Pemandangan pada musim kemarau itulah yang menjadi awal penamaan tempat tersebut menjadi Chocolate Hills, karena bukit-bukit yang terhampar akan terlihat seperti coklat-oklat besar berbentuk kubah yang sangat manis dan mengagumkan. Memiliki areal yang cukup luas, wilayah Chocolate Hills bisa dinikmati dari 3 wilayah berbeda di Filipina, yakni Carmen, Batuan dan Sagbayan.

Rute Menuju Chocolate Hills

Ada beberapa pilihan rute atau akses jalan yang bisa anda pilih dan gunakan ketika melakukan kunjungan ke Chocolate Hills. Chocolate sendiri bisa diakses dari kota terdekat yakni Tagbilaran. Menuju Tagbilaran anda bisa menggunakan pesawat dari Manila, di mana ada hingga 3 maskapai yang melayani penerbangan melalui rute tersebut.

Adapun rute menuju Chocolate Hills view point Carmen adalah sebagai berikut.

Jika anda hendak menuju Carmen sebagai lokasi melihat Chocolate Hills maka anda bisa menggunakan bus dengan titik awal keberangkatan Kota Tagbilaran. Bus akan melaju menuju Dao. Dari Dao anda harus melanjutkan perjalanan menuju Carmen. Dari pintu masuk menuju view point itu cukup berjarak oleh karena itu anda bisa memilih untuk naik ojek atau pilihan lainnya berjalan kaki.

Penginapan Di Sekitar Chocolate Hills

sebagai salahsatu tempat wisata utama yang berada di Filipina, maka penataan tempat dan wilayah dari area wisata Chocolate Hills ini sudah dipikirkan dan dilakukan dengan baik. ketersedian fasilitas untuk akomodasi semacam hotel dan penginapan sudah tersedia di lokasi-lokasi terbaik untuk menikmati Chocolate Hills. Tak hanya penginapan atau hotel saja, bahkan restoran pun sudah tersedia ketika anda berada di lokasi untuk melihat Chocolate Hills. Berikut ini ada beberapa pilihan tempat bermalan atau penginapan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Tempat terbaik untuk melhat Chocolate Hills dan menjadi tujuan utama wisatawan biasanya adalah Carmen. Jika anda berniat mengunjungi dan melihat Chocolate Hill dari Carmen, maka anda bisa menyewa sebuah kamar di resort terdekat yang berada di Carmen, yaitu Chocolate Hills Complex.

Tempat lain yang bisa anda pilih untuk melihat Chocolate Hills adalah Sagbayan. Jika anda berniat melihat keindahan Chocolate Hills dari Sagbayan, maka tempat yang bisa anda gunakan untuk menginap adalah Sagbayan Peak. Sagbayan Peak merupakan sebuah resort baru yang terletak di atas sebuah bukit dan memiliki area rekreasi. Anda juga dapat melihat pemandangan tambahan berupa birunya laut yang terhampar dan mejadi pemisah antara Bohol dan Cebu. Di mana fasilitas-fasilitas lainnya sudah tersedia dan sebagian masih dalam rangkaian rencana pembangunan.

Tips Berkunjung

Jika hendak mengunjungi Chocolate Hills anda bisa melihat dulu beberapa tips berikut ini, siapa tahu bisa berguna menjadi sedikit petunjuk dan pengingta anda selama berwisata.

  • Pilihlah waktu yang tepat untuk berkunjung. Anda bisa menyesuaikannya, di mana ketika anda ingin mendapatkan pemandangan rumput kering yang membuat area tersebut dijuluki Chocolate Hills maka berangkatlah pada musim kemarau. Namun jika anda berangkat pada musim hujan anda akan menemukan bukit-bukit hijau yang terhampar.
  • Pilihlah tempat view point yang menurut anda terbaik, sesuaikan juga dengan destinasi kunjungan anda selanjutnya sehingga bisa menghemat biaya serta waktu perjalanan.
  • Jika anda termasuk orang yang simpel dan malas untuk mengatur hal-hal kecil seperti transportasi dan akomodasi, maka anda bisa menggunakan jasa agen perjalanan yang banyak tersedia dan siap membantu semua kebutuhan anda ketika berwisata di Chocolate Hills.

Tertarik untuk mengunjungi bukit-bukit coklat manis yang mengagumkan ini? jangan lupa ajak keluarga, teman, atau pasangan anda mengunjungi tempat ini dengan cara menekan tombol share. Jangan lupa juga berikan komentarmu.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook