Mengenal Cheetah, Mamalia Darat Tercepat di Dunia

Cheetah atau Acinonyx jubatus merupakan hewan mamalia tercepat yang pernah ada di dunia.

Diketahui Cheetah dapat berlari mencapai kecepatan 110km/jam dalam waktu yang sangat singkat sampai 460 m, dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik. Mereka tinggal biasanya di padang rumput dari timur, tengah, dan bagian barat daya Afrika, serta sebagian kecil di daerah Iran.

Cheetah pada dasarnya memiliki sebuah adaptasi khusus yang memungkinkan mereka bisa lari mencapai kecepatan puncak. Cheetah memiliki lubang hidung yag besar, dimana lubang hidung tersebut akan dikombinasikan dengan jantung yang kuat serta arteri yang kuat menyediakan oksigen dalam jumlah yang lebih banyak ke otot-otot mereka. Otot kaki besar cheetah terdiri dari serat berkedut cepat, ringan serta aerodinamis. Dengan kakinya yang panjang, pinggul serta sendi bahu, dan tulang belakang yang mereka miliki sangat fleksibel, memungkinkan cheetah dapat mencapai jarak sepanjang 7 meter dalam setiap satu kali langkah.

Fakta-cheetah

Ketika berlari dengan cepat cheetah membuthkan banyak energi, dimana cheetah hanya mampu mempertahankan sprintnya selama kurang lebih setengah menit sebelum akhirnya mereka kehabisan tenaga. Dengan faktor yang sangat terbatas ini, mereka akan mencoba dan berusaha untuk mendapatkan mangsanya sedekat mungin. Dimana biasanya mangsa yang diincar yakni rusa, kelinci dan antelope.

Cheetah memiliki strategi memangsa yang sangat unik dan brilian. Dimana sebelum memulai serangan biasanya mereka akan bersembunyi dibalik rerumputan tinggi, mereka akan diam-diam menyelinap baru kemudan memulai serangan. Cheetah menggunakan akornya sebagai kemudi dalam membantu menjaga keseimbangan saat akan membuat tikungan tajam. Ketika itu, cakar yang mereka miliki tidak sepenuhnya menarik, dimana cakarnya tersebut mencengkram tanah dengan sangat kuat. Ketika mereka telah mendapatkan target mereka, maka mereka akan menggunakan kaki depannya untuk menjatuhkan mangsa. Setelah itu mereka akan mencekik mangsanya dengan gigitan tajam, baru kemudian akan menariknya dan dibawa ke tempat persembunyian sebelum tiba predator lainnya seperti singa, hyena, atau macan tutul yang akan mencuri hasil tangkapannya tersebut.

Terkadang banyak orang yang merasa bingung ketika membedakan cheetah dengan macan tutul, hal tersebut disebabkan karena kedua hewan ini memiliki corak bulu yang sama. Namun perbedaan yag terlihat menonjol yakni dimana cheetah memiliki tanda berwarna hitam seperti air mata yang mengalir dari sudut-sudut mata menuju sisi hidung dan mulut mereka. Bentuk tubuh mereka pun lebih kecil, dimana kepalanya pun lebih datar. Cheetah tidak bisa mengaum, namun mereka bisa mendengkur. Mereka pun tidak bisa memanjat pohon berbeda halnya dengan macan tutul.

Cheetah betina biasanya melahirkan sekitar tiga anak dalam satu kali proses melahirkan. Dalam beberapa minggu pertama, mereka akan memindahkan anaknya dari sarangnya dan akan menyembunyikannya selagi mereka pergi berburu. Hal tersebut disebabkan karena pada masa-masa seperti itu anak mereka akan snagat rentan terhadap predator.

Anak mereka yang bertahan hidup akan mulai mengikutinya ibunya saat menginjak usia 6 minggu. Mereka pada saat itu berlatih berburu. Dan setelah setangah tahun ibu mereka akan pergi meninggalkan mereka agar bisa berkembang. Saat ini ada sikitar 7.500 cheetah yang hidup di alam bebas dan seitar 200 cheetah yang tinggal dipopulasi kecil di Iran.

Nah setelah mengenal lebih dalam hewan mamalia tercepat ini, maka tidak ada salahnya jika anda membagikan informasi ini kepada orang-orang yang ada di sekitar anda lainnya dengan cara menekan tombol share. Anda juga bisa menambahkan komentar pada kolom di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook