Mengapa Pisang Disebut Sebagai Buah Istimewa Saat Puasa? Simak Yuk Penjelasannya!

Bagi umat Muslim berpuasa di bulan suci Ramadhan merupakan sebuah kewajiban.

Nah, puasa sangat identik dengan sahur. Dan memang makan pada jam sebelum waktu puasa tiba adalah hal yang harus dilakukan. Dimana sahur ini merupakan pembeda dengan puasa umat lain. Namun tujuan utama menjalankan sahur yaitu agar kita bisa mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang lebih agar kita tetap kuat saat menjalankan puasa selama waktu yang telah ditentukan.

Nah, dalam menjalankan sahur tidak ada anjuran apapun kepada kita untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Namun jika anda ingin puasa yang dijalankan lancar, maka hal yang harus anda lakukan yaitu mengkonsumsi makanan sehat ketika sahur. Banyak sekali makanan sehat yang bisa anda konsumsi dan pilih saat sahur. Dimana salah satu makanan yang bisa anda konsumsi untuk mendukung puasa yang akan anda jalankan menjadi lancar yaitu buah. Mengapa demikian? Ya karena buah dipercaya mengandung nutrisi yang penting dalam membantu serta meningkatkan kebugaran tubuh selama kita menjalankan ibadan puasa.

Manfaat-pisang-untuk-puasa

Hampir semua buah baik dikonsumsi saat sahur. Namun buah yang dipercaya istimewa dan memang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur yaitu pisang. Buah berwarna kuning ini dipercaya memiliki kandungan gizi yang lengkap. Kandungan gizi yang terkandung di antaranya yaitu gula alami, air, protein, Vitamin A, Vitamin B (B1, B2, B6 dan B12) Vitamin C, Vitamin D, serta beberapa mineral penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, kalium dan juga seng.

Nah, anda pun mungkin merasa bingung mengapa pisang disebut sebagai buah istimewa saat bulan puasa?

Ya seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa buah pisang ini mengandung kalium. Dimana kalium yang terkandung cukup tinggi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Daging buah pisang yang bertekstur lembut mampu melapisi dan mempertebal dinding usus dan mukosa lambung, sehingga dengan begitu mampu meminimalisasi peradangan yang akan terjadi. Jika peradangan terjadi dan menghampiri maka efek yang akan dirasakan yaitu perut terasa melilit, terlebih lagi bagi mereka yang menderita penyakit maag. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki penyakit maag maka akan sangat baik jika anda mengkonsumsi pisang saat sahur.

Buah pisang pun mengandung kalori serta nutrisi yang lengkap, sehingga buah yang satu ini bisa menjadi solusi terbaik jika saat sahur anda bangun kesiangan. Karbohidrat kompleks, gula alami, serat, mineral dan asam amino merupakan kombinasi tepat dalam buah ini yang mampu meningkatkan energi serta mengenyangkan lebih lama.

Bahkan beberapa kandungan vitamin yang ada pada buah pisang pun mampu membantu kita dalam meningkatkan kekebalan tubuh saat berpuasa. Tidak sampai di sana, dengan mengkonsumsi buah pisang saat bulan puasa maka mampu mencegah dan mengatasi anemia. Hal tersebut disebabkan karena zat besi yang terkandung dalam buah pisang cukup tinggi.

Nah, karena mengetahui buah yang satu ini sangat baik dikonsumsi di bulan puasa terlebih lagi pada saat sahur, maka sudah sepatutnya anda memasukan buah pisang ini dalam list belanjaan anda.

Yuk mulai dari sekarang konsumsilah makanan sehat saat bulan puasa. Hindarilah makanan-makanan tidak jelas agar anda tetap sehat dan puasa yang anda jalankan tetap lancar.

Setelah mengetahui keistimewaan buah pisang ini maka alangkah baiknya jika anda membagikan artikel ini kepada teman, saudara atau orang-orang terdekat anda agar mereka pun bisa mengetahui keistimewaan buah pisang.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook