Mengapa Mata Perih Saat Mengiris Bawang? Yuk Simak Alasannya Di Sini!

Bagi anda yang memiliki hobi memasak tentunya sudah tidak asing lagi dengan beragam bumbu masak yang biasanya ditemukan di dapur.

Ada berbagai macam bumbu masak yang digunakan ketika memasak, dimana salah satu bumbu yang tidak bisa dihindari penggunaannya yaitu bawang, baik bawang merah, bawang putih ataupun bawang bombay.

Semua bawang tersebut tentunya harus diiris atau dihaluskan terlebih dahulu sebelum kita olah. Namun, masalah akan muncul ketika kita mengiris atau menghaluskan bawang-bawang tersebut. Dimana biasanya tiba-tiba air mata akan keluar, karena merasa perih. Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya dan penasaran mengapa mata perih saat mengiris bawang?

FAKTA-BAWANG

Sebenarnya, bawang memiliki senyawa sulfur, yang mana ketika kita mengirisnya maka sulfur tersebur akan mulai bereaksi dengan enzim, kemudian akan menghasilkan sebuah asam yang bernama asam sulfenat. Asam yang satu ini memiliki sifat yang tidak stabil, dimana asam ini akan dengan cepat berubah menjadi senyawa lainnya yang lebih stabil, seperti misalkan propenatiol S-oksida. Senyawa ini sangat mudah sekali menguap, sehingga akan berinterkasi dengan mata kita dan membuat asam sulfur.

Ketika mata kita terkena asam sulfur, maka mata akan mengalami iritasi serta mata akan menjadi kemerahan, bahkan terasa perih. Nah, untuk melindungi mata yang mengalami iritasi tersebut, mata akan memproduksi air mata yang mana tujuannnya yaitu untuk membantu dalam mengeluarkan senyawa yang mengganggu mata. Setelah mata hilang kontak dengan bawang, maka iritasi yang terjadi pada mata lambat laun akan menghilang dengan sendirinya, dan pastinya anda pun sudah pernah mengalaminya.

Ketika bawang tersebut sudah diolah atau diporses, seperti misalkan di goreng, maka bawang tersebut tidak akan menimbulkan iritasi dan perih lagi. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena senyawa asam sulfenat yang terdapat pada bawang sudah rusak ketika dimasak. Jika anda ingin menghindari perasaan yang tidak nyaman karena mata perih akibat bawang ini, maka anda bisa memasukan bawang ke dalam lemari es atau kulkas, kemudian anda bisa mengiris bawang tersebut ketika masih dalam keadaan dingin.

Ketika bawang dalam keadaan dingin, maka reaksi yang terjadi akan berjalan menjadi lebih lambat dari sebelumnya, kemudian bawang tersebut akan memproduksi gas yang jauh lebih sedikit. Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mencegah iritasi mata karena bawang yaitu, dengan menggunakan kaca mata atau menjaga jarak antara mata dengan bawang.

Selain itu, untuk menghindari mata iritasi dan perih karena bawang, yaitu anda bisa mengirisnya di dekat air atau di dalam air. Metode ini menjelaskan bahwa gas yang dihasilkan bawang terebut akan bereaksi dengan air yang berada di dekatnya, bukan dengan yang ada di dalam mata. Namun, ketika anda mengiris bawang di dalam air, hal yang harus diperhatikan yaitu anda harus berhati-hati karena pisau yang digunakan untuk mengiris bawang tersebut bisa saja akan melukai tangan anda.

Sebenarnya menangis memiliki manfaat. Ketika kita menangis, maka air mata kita akan keluar. Air mata yang keluar tersebut akan membantu membersihkan bakteri yang ada atau yang menempel pada mata. Jika bakteri tersebut tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan gangguan atau penyakit mata.

Ituah penjelasan mengapa mata perih ketika kita mengiris bawang. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi ini kepada teman atau sahabat anda , baik yang ada di facebook atau di twitter. Berikan juga komentar anda pada kolom yang kami sediakan di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook