Mengapa Kita Dilarang Menahan Bersin? Inilah Penjelasannya

Secara ilmiah bersin bisa dijelaskan sebagai aliran udara yang hebat dan kencang melalui hidung dan mulut.

Proses bersin ini merupakan proses keluarnya udara semi otonom yag terjadi dengan keras serta memiliki kecepatan yang tinggi. Melalui bersin, pada kenyataannya penyakit memang bisa dengan mudahnya tersebar. Ketika kita bersin, tubuh kita sebanarnya sedang memberikan respon pada kuman dan bakteri, termasuk juga cairan yang masuk ke dalam tubuh dengan melalu udara kencang yang keluar dari hidung dan mulut. Maka secara otomatis tubuh akan menolak bakteri, kuman atau cairan tersebut.

Bersin terjadi karena tubuh kita memberikan respon pada rangsangan yang kita hirup oleh indera penciuman kita, seperti misalkan ketika kita mencium bau yang sangat menyengat seperti salah satu contoh yaitu bubuk cabai, atau bahkan mungkin karena debu yang ada di sekitar kita.

Fakta-bersin

Saat bersin terjadi, maka mata kita akan terpejam. Hal tersebut disebabkan karena berbagai macam syaraf yang ada pada hidung dan mata akan saling bertautan. Saat kita refleks bersin, maka otomatis mata kita pun akan terpejam. Dimana hal seperti itu sebenarnya adalah proteksi dari tubuh kita sendiri agar dapat melindungi saluran air mata serta pembuluh kapiler darah agar mereka tidak dapat terkontaminasi oleh bakteri atau kuman yang keluar dari membran hidung. Ketika bersin pun secara refleks otot-otot yang ada pada wajah kita akan menjadi menegang. Ketika itu juga jantung akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara waktu. Jika bersin telah selesai, maka jantung pun akan kembali lagi berdenyut.

Berdasarkan penjelasan ilmiah, bersin terjadi dimulai dari sistem syaraf. Dimana semua orang memiliki sistem kerja syaraf yang sama. Namun yang membedakannya yaitu perjalanan sinyal yang ada dalam sistem syaraf tersebut. Maka dari itulah beragam cerita tentang bersin pun bermunculan, dan tentunya memiliki perbedaan untuk setiap orang.

Terkadang ketika berada di lingkungan luar atau banyak orang kita merasa malu untuk bersin, dengan begitu tidak jarang jika kita menahannya. Namun tahukah anda? Menahan bersin pada kenyataannya akan menyebabkan akibat yang sangat fatal. Lantas apa akibat yang akan didapatkan ketika kita menahan bersin?

Berdasarkan penelitan para ahli, kecepatan bersin yang dilakukan oleh manusia maksimal bisa mencapai 160km/ jam. Nah, dengan kecepatan seperti itu maka ketika tubuh kita menahan bersin tubuh pun harus mengatasi setiap perubahan yang terjadi karena adanya tekanan udara yang kuat dari bersin, yang mana tekanan udara tersebut masuk kembali ke dalam saluran pernapasan di dalam tubuh.

Dan bisa anda bayangkan sendiri, ketika kecepatan semaksimal itu terbalik kembali ke saluran pernapasan tentunya akan menyebabkan organ tubuh yang berhubungan dengan fungsi bersin akan mengalami gangguan. Bahkan tekanan yang kembali ke saluran pernapasan pun akan menyebabkan gendang telinga kita rusak. Ketika bersin di tahan, maka akan memaksa bakteri atau kuman masuk kembali ke dalam rongga hidung dan kanal telinga, dimana hal terebut bisa menyebabkan infeksi. Apabila infeksi yang terjadi pada gendang telinga semakin parah, kemungkinan yang akan terjadi yaitu fungsi pendengaran akan hilang. Tidak hanya itu resiko pecah pembuluh nadi di kepala dan leher pun mungkin akan terjadi.

Bersin sebenarnya memiliki fungsi untuk menjaga hidung tetap dalam keadaan bersih. Oleh sebab itulah, saat anda ingin bersin maka jangan sekali-kali untuk ditahan.

Nah, setelah mengetahui fakta tentang bersin, maka tidak ada salahnya jika anda berbagi bersama teman-teman sekitar dengan cara menekan tombol share. Anda juga bisa menyertakan komentar atau pendapat pada kolom di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook