Mengagumkan! Penemu Spesies Ikan Pari Terbaru Di Dunia Ini Berasal Dari Indonesia

Melakukan sebuah riset dan penelitian bukanlah sebuah perkara mudah dan merah, banyak hal yang harus diperjuangkan dengan penuh kesabaran.

Jiwa yang gigih, semangat pantang menyerah serta kesabaran yang besar mungkin beberepa hal yang harus dimiliki oleh seorang peneliti, sebab dalam setiap proses riset atau penelitian yang dilakukan ada begitu banyak hal yang harus dikorbankan dan disikapi dengan sabar. Dana riset yang minim, persaingan ketat dengan para peneliti lainnya hanyalah sebagian kecil tantangan dalam melakukan tugas riset.

Hal itu pulalah sepertinya yang tertanam dalam diri Dr. Irma Shita Arlyza M.Si yang diketaui sebagai penemu spesies pari baru di dunia. sangat membanggakan sekali melihat kiprahnya di bidang penelitian ikan pari ini, sebab tidak kurang dari 6 tahun lamanya ia berjuang dan berdedikasi dalam pencarian spesies baru itu, hingga akhirnya penelitiannya berhasil di tahun 2014.

05

Cerita getir mengenai dana riset yang minim, hingga bentuk dukungan yang juga minim dari Pusat Oceanografi LIPI tidak lantas membuatnya menyerah begitu saja, hingga akhirnya kini ia dikenal sebagai orang pertama di seluruh dunia yang menemukan spesies terbariu dari ikan pari. Dengan dana yang terbilang sangat minim, ia kemudian mencoba membuat proposal untuk mengajukan bantuan terhadap pihak-pihak terkait untuk turut serta membantu program penelitiannya tersebut. proposal yang dibuatnya tersebut kemudian ia sebarkan melalui relasinya yang cukup luas saat itu.

Dalam melakukan penelitiannya tersebut Dr. Irma memerlukan dana yang cukup besar, 300 juta rupiah menjadi targetnya untuk membiayai dari mulai survey ke lokasi penelitian hingga melakukan analisis molekuler. Dari sekian banyak proposal yang disebar ia mengatakan justru perhatian pihak asing terhadap penelitiannya tersebut dirasa sangatlah besar ketimbang pihak lokal, meskipun pada aprakteknya Dr. Irma sendiri melakukan sejumlah filter atau penyaringan terhadap dana-dana yang ia dapatkan tersebut.

Ikan pari yang ditelitinya termasuk ke dalam jenis ikan pari tutul yang diketahui cukup sulit ditemukan. Utnuk menemukannya ia harus mengunjungi beerapa spot tertentu yang sebelumya telah dianalisis berkemungkinan menjadi habitat tinggal ikan pari tutul. Sekilas mungkin anda tidak akan menemukan perbedaan yang terlalu signifikan dari ikan pari yang sama-sama memiliki tutul ini, namun secara sederhana Dr. Irma menjelaskan jika spesies baru yang ditemukannya ini memiliki ciri-ciri tutul yang lebih bervariasi dan lebih banyak ketimbang pari tutul yang biasanya.

Dengan penemuan jenis pari baru ini Dr. Irma enggan menggunakan namanya untuk mengabadikan spesies baru ini, ia justru lebih memilih menggunakan nama Himantura Tutul untuk memberi nama spesies pari baru ini. Akhrinya penemuan dari Dr. Irma ini mendapat pengakuan dunia seteleh sebelumnya penemuannya ini terpublikasi melalui media Perancis. Dalam prosesnya Irma sebenarnya mendapat kompetitor dalam peneleitiannya, yakni dari Malaysia dan Australia, hanya saja, mereka tidak samapai melakukan analisis molekuler untuk kemudian memperdalam analisisnya.

Mengagumkan sekali bukan dedikasi serta kegigihan dari Dr. Irma Shita Arlyza M.Si dalam menemukan spesies baru ikan pari? Demikianlah, karya Dr. Irma ini diharapkan bisa menjadi pemicu bagi para peneliti muda Indonesia untuk kemudian mengembangkan risetnya dan jangan samapai menyerah karena keterbatasan. Jangan lewatkan untuk berbagi komentar dengan pembaca lain mengenai aksi dari Dr. Irma ini dengan cara memasukan pendapat tersebut ke dalam kolom yang sudah disediakan. Lanjutkan dengan menekan tombol share yang berada pada bagian bawah artikel untuk kemudian menyebarkannya melalui media sosial yang anda miliki masing-masing.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook