Mengagumkan! Inilah yang Akan Terjadi Jika Anda Melemparkan Bola Basket yang Diputar Dari Atas Bendungan

Pernah melihat bagaimana tendangan melengkung yang dilakukan oleh para pemain sepakbola dunia, David Beckham hingga Roberto Carlos contohya?

Melalui tendangan tersebut kita dapat belajar mengenai hukum fisika yang terjadi dan digunakan oleh sang pemain bola dalam upayanya menendang. Ia memperhitungkang sudut, cara menembak, hingga putaran bola yang pas hingga bisa membuat bola tersebut berbelok arah sesuai dengan apa yang diharapkan. Secara umum pembelokan bola yang terjadi tersebut disebut dengan efek magnus.

Efek magnus sendiri merupakan sebuah kejadian fisika tentang perbedaan tekanan udara yang berdasar pada hukum Bernoulli. Tekanan udara yang berbeda antara bola dengan angin dan udara di sekitar membuat benda yang secara cepat bergerak kemudian berbelok arah, sesuai dengan arah yang dituju. Efek magnus yang bisa membuat bola berbelok tersebut ditemukan oleh seorang yang bernama Gustav Magnus yang kemudian namanya dijadikan sebagai julukan pada efek yang terjadi untuk menghormatinya.

05-bola-basket-dam-percobaan

Berbicara mengenai efek magnus, sebenarnya anda bisa mencoba membuktikan efek tersebut sendiri. Tidak perlu harus sampai belajar menendang dan mengasah skill bola yang anda miliki, sebab akan memamakan waktu lama. Sekelompok pemuda mencoba membuktikan efek magnus ini juga bisa ditemukan di sebuah bendungan. Dalam pembuktiannya tersebut mereka mencoba membawa bola basket menuju ke bagian atas bendungan yang memiliki posisi yang cukup tinggi, yaitu 126,5 meter atau sekitar 415 kaki, setelah beberapa saat kemudian bola basket pertama dijatuhkan dari atas bendung dengan tanpa melakukan putaran. Hasilnya bola tersebut jatuh menuju ke tanah tanpa mengalami belokan ataupun hasil magnus efek seperti yang diharapkan.

Pada percobaan keduanya, mereka kemudian mencoba membuat bola berputar seperti apa yang dilakukan para pesepakbola terhadap bolanya. Sesaat setelah dilempar ternyata hasil mengejutkan terjadi. Bola yang dijatuhkan dari atas bendungan dengan cara di putar tersebut kemudian bergerak melengkung dan tidak jatuh lurus tepat ke tanah, melainkan berbelok ke arah perputaran bola. Dengan hasil percobaan yang terjadi tersebut, didapatkan jika perputaran pada bola tersebut membuat perbedaan tekanan antara bola dan udara terjadi dan membuat bola berbelok ke arah yang lain, sedangkan jika bola dijatuhkan tanpa berputar maka, ia akan jatuh lurus saja, sebab tekanan yang terjdai tidak sebesar seperti yang terjadi pada bola yang berputar.

Efek magnus ini sendiri ternyata cukup berguna di dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan efek magnus juga diaplikasikan dalam perahu tentunya selain dalam permaianan olahraga seperti sepakbola atau tenis. Jika dalam permainana olahraga, penggunaan efek magnus ini digunakan sebagai srana pengecoh sehingga membuatlawan bingung dengan seranagan kita, pada perahu penggunaan efek magnus terlihat dari adanya sebuah benda bernama rotor. Rotor pada perahu tersebut dapat membelokan udara dan membantu dalam pergerakan perahu. Selain pada perahu penggunaan efek magnus ini juga dipergunakan dalam pesawat sederhana dengan penggunaan rotor pada bagian samping pesawat.

Berikut ini adalah video mengenai keunikan magnus efek yang bisa anda lihat melalui percobaan di atas bendungan. Simak videonya berikut ini.

Bagaimana? Sangat unik dan menarik bukan? Jangan lupa untuk terus berbagi ilmu pnegetahuan dan informasi berharga kepada teman dan sahabat adna di media sosial dengan cara menekan tombol share di bagian bawah halaman ini. Anda bisa menambahkan komentar mengenai uniknya ilmu fisika dalam video di atas dengan menambahkan pendapat anda dalam kolom yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook