Menakjubkan! 5 Binatang Laut Ini Hanya Terdapat Di Indonesia Saja! Simak Daftarnya

Indonesia dikenal sebagai sebuah daerah yang memiliki kekayaan luar biasa besarnya.

Alam Indonesia yang begitu besar dan alami menjadi tempat tinggal bagi banyak sekali ragam dan jenis makhluk hidup. Makhluk hidup yang tinggal di Indonesia sendiri secara jenis bayak sekali yang memiliki ke khasannya tersendiri, bahkan hingga beberapa di antaranya merupakan jenis-jenis binatang yang tidak akan anda temukan di tempat lainnya selain dengan Indonesia.

Berikut ini ada 5 jenis binatang laut yang dikenal sebagai binatang yang hanya terdapat di Indonesia saja, mau tahu binatang unik apa sajakah itu? Silahkan anda simak dan lihat daftarnya di bawah ini!

05

5. Penyu Hijau

Salahsatu binatang laut yang berasal dari Indonesia adalah penyu hijau. Binatang satu ini merupakan keluarga Cheloniidae.Indonesia sendiri memang dikenl sebgai rumah bagi sekitar 6 jenis penyudari 7 jenis penyu yang ada di seluruh dunia. Diberi nama penyu hijau karena memang bagian tubuh bagian bawanya memiliki warna hijau tereang yang begitu unik dan indah.

4. Bangai Cardinal Fish

Dengan ukuran tubuh yang hanya 8 cm, binatang laut satu ini justru memiliki keunikan dalam bentuk tubuhnya. Keunikan tubuh dari Bangai Cardinal Fish inilah yang kemudian menjadi daya tariknya yang membuat dirinya banyak diinginkan menjadi ikan hias. Dengan corak hitam lurus di bagian tubuh dan bintik mutiara di bagian ekornya yang bercabang, ikan yang satu ini mampu menarik minat banyak orang untuk kemudian mengoleksinya. Namun karena itu justru di habitat aslinya, yakni provinsi Banggai, sulawesi,ikan yang satu ini semakin mendekati kepunahan.

3. Hiu Berjalan

Dikenal dengan nama Hemiscyllium halmahera, ikan hiu bambu ini pertama kali ditemukan di sekitaran perairan Halmahera. Secara bentuk, ikan yang memiliki keunikan tersendiri, yakni mampu berjalan di atas pasir dengan siripnya tersebut bisa dikatakan cukup mirip dengan kerabatnya, yaitu Hemiscyullium galei yang ditemukan di sekitaran Papua Barat, tepatnya di Teluk Cendrawasih.

2. Ikan Raja Laut

Ikan raja laut merupakan salahsatu ikan purba yang bernama Coelacanth. Menurut informasi, ikan jenis Coelacanth ini sudah punah bakan sejak 65 juta tahun yang lalu, namun ternyata beberapa waktu ke belakang, ditemukan kembali jenis baru dari Coelacanth ini di sekitaran perairan Manado tua dan beberapa jenis lagi di beberapa perairan di Afrika. Untuk jenis khusus yang berada di Indonesia, orang-orang mengenalnya dengan sebuatn ikan raja laut.

1. Mimik Octopus

Dari sekian banyak gurita di seluruh dunia, ternyata Indonesia memiliki salahsatu jeni gurita pintar yang dikenal dengan nama Mimik Octopus atau gurita penyamar. Gurita yang satu ini dikenal memiliki kemampuan hebat untuk berkamuflase dan bersembuni di lautan untuk menghindarai musuhnya, selain itu keunikan lain dari mimik octopus adalah karena binatang ini mampu meniru karakter fari bebrapa jenis hewawn laut lainya, contohnya sperti kuda laut atau ular laut dna masih banyk lagi lainnya.

Bagaimana? Sudah tau binatang laut apa saja yang asli berasal dari Indonesia? Dengan keunikan yang dimiliki oleh Indonesia ini, keberadaan dari binatang-binatang ini menjadi begitu berharga dan tentunya menjadi ciri khas unik dan luar biasa bagi Indonesia secara umum. Bagikan artikel ini kepada teman dan sahabat anda di media sosial dengan menekan tombol share dan membagikannya melalui saluran masing-masing. Berikan pula pendapat anda mengenai artikel tersebut melalui kolom yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook