Mau tahu Fakta Di Balik Perut Kita yang Berbunyi? Silahkan Simak Faktanya Berikut Ini!

Perasaan lapar merupakan hal yang sangat wajar dirasaakan kala tubuh membutuhkan asupan makanan.

Gejala lapar memang seringkali dialami oleh setiap makhluk hidup, khusunya manusia. Dengan begitu kita menjadi sadar dan ingat jika tubuh memerlukan asupan makanan. Rasa lapar sendiri memiliki skala yang bisa dijadikan tanda bagi anda yang merasakan, sehingga anda sadar bagaimana kondisi tubuh anda sebenarnya saat tersebut. Rasa lapar sendiri ditandai dengan berbagai kondisi, dari mulai Kepala pusing, keringat dingin, hingga yang paling ringan dan seringkali ada adalah perut yang mengeluarkan bunyi.

Seringkali ketika lapar perut kita mengeluarkan suara hingga terdengar dan membuat kita malu. Bayangkan saja jika anda alam kondisi banyak orang dan ditengah suasana serius seperti meeting lalu perut anda berbunyi nyaring, perasaan malu tentunya akan kita rasakan. Namun benarkan suara perut yang terjadi tersebut dikarenakan rasa lapar? Faktanya bunyi perut sendiri bukan disebabkan karena rasa lapar, melainkan karena mekanisme pencernaan yang disebut sebagai gerakan perialistik.

fakta 08

Perut bisa saja berbunyi meskipun perut kita sudah terisi penuh dengan makanan, karena memang bunyi tersebut dihasilkan oleh gerakan-gerakan otot pada proses pencernaan di lambung dalam sebuah saluran panjang. Dalam proses teresbut otot tersebut akan bergerak untuk mendorng masuk makanan yang anda konsumsi beserta dengan cairan dalam tubuh. Kondisi tersebut kemudian akan membentuk suatu adonan lengket yang nantinya akan diambil dan diserap nutrisinya oleh tubuh kita.

Selain dengan adonan lengket yang dihasilkan dari percampuran makanan dan minuman akan terdapat juga gas dan dan udara di dalam usus anda. Dengan proses tersebut dan tekanan yang terjadi di saluran usus, maka terjadilah bunyi yang selama ini kita dengar dan kita asumsikan sebagai tanda bahwa perut kita sedang lapar dan butuh asupan makanan. Meskipun demikian tidak ada salahnya juga mennghubungkan antara kondisi lapar dengan perut berbunyi, sebab ketika kita lapar atau memikirkan makanan, maka tubuh akan secara otomatis mengirim sinyalke otak yang kemudia memerintahkan sistem pencernaan kita bersiap menerima asupan makanan dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut. Oleh karena itu akan terdengar suara yang semakin nyaring saat kita tengah dalam kondisi lapar.

Lantas apakah bunyi perut tersbeut bisa dicegah atau diminimalisir? Sebetulnya ada beberapa langkah mudah untuk membuat perut anda tidak berbunyi atau setidaknya meminimalisir bunyi perut, sehingga anda tidak perlu malu karena perut anda yang berbunyi saat tengah berada dalam kondisi penting dan juga resmi. Cara yang paling mudah adalah dengan mengikuti kemauan tubuh kita, yakni dengan mengkonsumi makanan kala perut mulai lapar, yang idealnya rasa lapar akan muncul setelah minmal 2 jam. Anda tidak perlu mengkonsumi makanan dalam jumlah besar, cukup sedikit makanan saja. Dengan begitu gerakan perialistik yang terjadi dalam sistem pencernaan kita akan memiliki sediktinya makanan untuk dicerna dna tentunya mengurangi siara ribut karena gas dan udra yang ada. Konsumsi makanan yang tidak terlalu banyak juga mengurangi resiko banyaknya gas yang berkumpul dalam sistem sehingga akan mengurangi kondisi prut yang berbunyi secara keras dan juga ribut.

Demikianlah alasan mengapa perut anda berbunyi ketika sedang merasa lapar. Silahkan menekan tombol berbagi ke media sosial yang telah tersedia di halama ini untuk berbagi dengan teman anda atau sahabat anda di medioa sosial yang anda miliki masing-masing. Berikan pula komentar atau pendapat anda mengenai fakta unik penyebab bunyi perut ketika tengah merasakan lapar. Berikan komentar anda dengan mengisi kolom komentar yang disediakan di bagian bawh artikel.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook