Mari Simak Fakta Unik Di Balik Sejarah Perkembangan Kaos

Salahsatu item fashion favorit masa kini adalah kaos atau t-shirt.

Ringkas, nyaman dan terkesan stylish mungkin menjadi beberapa hal yang membuat kaos ini menjadi pilihan terbaik bagi sebagian besar orang saat sekarang. Kaos kini sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari dan menjadi salahsatu kebutuhan sandang yang termasuk dalam kebutuhan utama.

Namun tahukah anda jika faktanya kaos pada awal penggunaannya hanya berfungsi sebagai kaos dalam dan tidak digunakan seperti sekarang ini? Di awal penggunaanya, kaos hanya digunakan oleh para penambang yang bekerja di lingkunagn pertambangan yang diknal sangat panas,oleh karena itu kaos menjadi salahsatu pilihan terbaik. Kaos juga dikenal hanya sebagai pelengkap keperluan berpakaian khususnya bagi mereka para tentara di Amerika. Secara model dan gaya pun masih sangat seragam dan terkesan standar atau basic. Hanya penggunan warna dan tanpa grafis apapun di cetak di bagian kaosnya.

10

Kepopuleran kaos mulai menanjak dan banyak digunakan sebagai produk fashion utama dan bukan pelengkap setelah aktor ternama dunia Marlon Brando memakainya di sebuah film yang berjudul A Streetcar Named Desire di tahun 1947. Pada film itu Marlon Brando mengenakan kaos yang mungkin tidak umum pada saat itu, sebab kebanyak orang masih menggunakan kemeja atau baju sebagai gaya dandanan sehari-hari, dan kaos hanya dianggap sebagai pakaian dalam. Melanjutkan virus itu, James Dean kemudian mengenakannya kembali dalam film yang dibintanginya pada tahun 1955 dan kaos mulai meledak sebagai salahatu ikon fashion dunia.

Mulai merebaknya kaos sebagai pakaian utama dan bukan pakaian dalam ternyata sempat menjadi polemik, bagaimana tidak yang tadinya merupakan pakaian dalam kemudian menjadi pakaian utama yang dipakai secara mandiri dan terpisah tentunya membuat sebagian orang merasa hal tersebut tidak pantas dan tentunya tidak sopan untuk dilakukan. Meskipun demikian pada akhirnya banyak sekali orang yang mendukung kaos tersebut dipakai sebagai sebuah pakaian utama dan bukan pakaian dalam, terlebih para anak muda yang berjiwa bebas.

Mulai dari sejak itu, bentuk kaso pun mulai berkembang dan mengalami berbagai inovasi. Jika pada awalnya hanya berupa kaos polos saja, basic dan tanpa grafis apapun, maka seiring dengan waktu kaos mulai memiliki corak dan orang mulai mendalami teknik pencelupan serta sablon. Kaso juga mulai menjadi salahsatu media berkarya dan berekspresi. Banyak juga yang kemudian menggunakan kaos sebagai media promosi usaha, bahkan media penyaluran protes dan kritik sosial.

Kini dengan perkembangan yang terjadi sejak dahulu, anda sudah bisa menggunakan kaos sebagai salahsatu produk pelengkap di kegiatan sehari-hari, apalagi untuk Indonesia yang berada di iklim tropis, penggunaan kaos sebagai item sehari-hari memang sangat berguna dan nyaman, sebab bisa digunakan dalam berbagai kondisi, meskipun masih kurang pas jika digunakan dalam beberapa kegiatan atau acara yang bersifat sangat resmi. Meskipun demikian, jika dilihat sejak awal hingga kini perkembangan yang dialami oleh kaos ini bergitu pesat dan tentunya berkembang secara positif mengikuti inovasi-inovasi yang terus bergulir dari waktu ke waktu.

Bagaimana? Sudah tahu bagaimana sejarah dan fakta unik di balik sebuah kaos? Jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan sahabat anda sesama penggemar kaos dengan cara menekan tombol share di bagian bawah artikel. Anda juga bisa turut memberikan komentar seputar fakta dan sejarah kaos dengan memberikan komentar di kolom yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook