Mari Restorasi Sel Tubuhmu Dengan Berpuasa

Bulan ramadahan merupakan bulan yang memang benar-benar memberikan keberkahan bagi siapapun yang menjalankannya.

Puasa di bulan Ramadhan sendiri memang memiliki fungsi utama sebagai ibadah wajib yang harus dijalankan oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Pada perkembangannya ternyata banyak orang yang mulai menyadari jika konsep puasa memiliki hikmah-hikmah lain di dalamnya yang memberikan banyak sekali manfaat untuk berbagai segi kehidupan manusia, dari yang sifatnya psikologis hingga yang lahiriah.

Menarik untuk melihat manfaat puasa tersebut sebab meskipun sudah banyak yang menyadari tetapi masih banyak juga yang tidak mengetahui apa yang bisa mereka dapatkan dengan berpuasa. Dari sekian banyak manfaat dan hikmah puasa yang bisa anda dapatkan adalah mengenai peremajaan tubuh. Tubuh terdiri dari sekian banyak sel yang pada akhirnya membentuk sebuah sistem yang disebut sebagai sistem organ. Dalam menjalankan sistem dan fungsinya tersebut semua yang ada dalam tubuh dari yang terkecil hingga yang terbesar harus berjalan secara sinergi, lalu apa kaitannya dengan puasa? Kaitannya adalah ternyata puasa mampu menjadi sarana penyedia waktu bagi semua sistem dalam tubuh untuk bisa beristirahat dan memiliki waktu untuk bisa merestorasi sistemnya.

19-puasa-restorasi-sel-rusak

Pada hari-hari biasa di luar bulan puasa biasanya semua sistem bekerja secara maksimal, contoh yang paling mudah adalah pencernaan, sistem pencernaan mulai dari mulut hingga anus biasanya akan bekerja dengan sangat keras di waktu hari-hari biasa, konsumsi makan yang besar dan tidak teratur baik secara waktu dan kandungan terkadang bisa memuat fungsi dari organ-oragan tertentu menjadi berkurang bahkan rusak, namun dengan hadirnya bulan puasa semua sistem tersebut tidak akan bekerja sekeras biasanya. Dengan kerja organ yang tidak sekeras dan seintensif biasanya, maka hal tersebut memberikan kesempatan bagi organ-organ tersebut beristirahat sejenak bahkan hingga merestorasi kinerja sistem yang dimilikinya, sehingga ketika kembali pada rutinitas semula organ-organ tersebut akan kembali berjalan dengan lebih baik dan segar.

Pada kenyataanya setiap detik dalam tubuh kita ini akan ada sel mati sebanyak 125 juta, meskipun memang akan diperbaharui dengan yang lebih banyak lagi,tapi ketika anda berpuasa maka proses pembaharuan dan restorasi yang dilakukan oleh sel tersebut akan lebih optimal dan baik, sel baru akan terbentuk dan sel lemak yang menggumpal dalam hati bisa terbersihkan.

Dengan proses peremajaan yang dilakukan dalam tubuh kita, maka sudah jelas jika pada akhirnya kita bisa mendapatkan tubuh yang lebih bugar setelah selesai berpuasa. Dengan berpuasa anda bisa mendapatkan badan yang lebih segar dan bisa kembali berfungsi dengan baik ketika kembali pada rutinitas biasa di luar bulan Ramadhan, meskipun demikian sebenarnya konsep ini bisa diterapkan dengan menjalankan puasa sunah lainnya di luar bulan Ramadhan seperti puasa Daud ataupun puasa Senin-Kamis.

Penelitian mengenai manfaat yang didapatkan dari puasa ini telah seringkali dilaporkan oleh banyak pakar seperti dalam beberapa jurnal kesehatan. Sehingga jika dilihat secara fungsi dan manfaat puasa merupakan sebuah hal yang sangat penuh dengan kebaikan dan sepatutnya dilakukan dengan kesadaran penuh jika kita menjalankannya, sebab bukan hanya kewajiban kita sebagai Muslim yang akan terpenuhi, tapi juga manfaat dan kebaikan dari puasa itu sendiri bisa kita dapatkan.

Bagaiamana? Masih mau lalai menjalankan ibadah puasa? Jangan lupa utnuk membagikan artikel ini kepada teman dan sahabat anda, mungkin bisa jadi informasi kecil yang berguna. Anda juga bisa turut memberikan pendapat anda mengenai puasa melalui kolom komentar yang terdapat di bagian bawah halaman ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook