Mari Ketahui 5 Hewan Purba di Indonesia Masih hidup

Sejak jutan tahun lalu hewan yang ada di muka bumi terus mengalami perkembangan dan evolusi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang juga berubah.

Indonesia dikenal sebagai salahsatu negara yang masih memiliki ekosistem alam cukup banyak dan menjadi tempat tinggal yang cukup baik bagi berbagai jenis hewan. Dari sekian banyak hewan diketahui ada beberapa yang termasuk dalam binatang-binatang purba. Meskipun masuk dalam binatang purba, namun mereka diketahui masih hidup dan berkembang biak di habitatnya.

Beikut ini kami sajikan 5 hewan purba yang diketahui masih hidup dan berkembang di Indonesia. Simak artikelnya di bawah ini.

09-hewan-purba-di-indonesia

05. Komodo

Komodo merupakan salahsatu binatang yang cukup terkenal dan menjadi endemik Indonesia. Komodo sendiri merupakan spesies kadal terbesar di dunia dengan ukuran tubuh mencapai 2 hingga 3 meter. Komodo pertama kali ditemukan dan didokumentasikan adalah pada tahun 1910 oleh Orang Eropa. Komodo sendiri diperkirakan sebagai kerabat dekat disnosaurus dan menjadi saksi sejarah hidup atas punahnya peradaban di masa lalu tersebut. Berhasilnya mereka bertahan hidup hingga sekarang diduga karena teknik reproduksinya yang sangat mengagumkan, mereka diketahui mempu bereproduksi dengan 2 cara yakni fertilisasi atau pembuahan seperti biasa, atau juga Parthenogenesis yang membuat betina bisa hamil tanpa dibuahi, namun hasil anaknya akan menjadi jantan.

04. Penyu Belimbing

Salahsatu hewan purba yang masih hidup di Indonesia adalah penyu belimbing. Penyu belimbing ini merupakan jenis penyu yang memiliki tubuh besar dan berwarna hitam. Besar tubuh yang dimilikinya membaut penyu ini juga menjadi reptil terbesar ke empat di dunia dengan berat tubuhyang bisa mencapai 900 kilogram. Penyu belimbing diketahui sebagai salahsatu hewan purba yang hidup di Indonesia, sebab diperkirakan jika penyu ini telah mulai berkembang sejak 100 juta tahun yang lalu. Keberadaan penyu belimbing kini sudang sangat langka dan dilindungi dengan sangat ketat oleh pemerintah, agar keletariannya tetap terjaga dan tidak punah.

03. Belangkas

Pertama kali anda melihat belangkas pasti anda sudah bisa menilai jika binatang yang satu ini termasuk dalam binatang purba yang masih hidup, salahsatunya di Indonesia. wilayah hidup belangkas biasanya ada di air payau di sekitaran perairan yang dangkalnya. Awal mula ditemukannya belangkas adalah ketika menemukan sebuah fosil yang merujuk pada kehidupannya di 450 juta tahun yang silam.

02. Trenggiling

Pernah mendengar trenggiling? Hewan yang mampu menggulung tubuhnya ini diketahui sebagai salahsatu binatang purba yang hidup di Indonesia. Trenggiling termasuk dalam binatang purba, sebab penemuan menunjukan jika fosil trenggiling sendiri sudah ditemukan sejak masa Miosen dan juga Oligosen. Dilihat secara sekilas, Trenggling akan terlihat seperti hewan melata dan reptil, namun ternyata binatang ini justru masuk ke dalam mamalia. Makanan dari trenggiling ini adalah berbagai jenis serangga, khususnya semut. Trenggiling akan memangsa menggunakan lidahnya yang bisa terjulur dengan panjang. Perburuan trenggiling secara besar-besaran membuat spesiesnya diketahui semakin menurun, karena ditakutkan akan punah maka program perlindungan dan penetapan sebagai hewan langka diambil sebagai langkah untuk melindunginya.

01. Buaya Muara

jika bertanya apa binatang purba yang masih hidup hinga kini mungkin banyak yang akan menjawab buaya. Buaya sendiri merupakan produk binatang pada zaman pra-sejarah dengan bentuk tubuhyang sangat mencirikan binatang masa lalu tersebut. Dilihat secara keturunan maka crocodile saurus merupakan nenk moyang mereka yang idup pada jutaan tahun lalu. Dari sekian banyak buaya yang hidup, jenis buaya muara merupakan yang paling besar yang pernah ada saat ini. Ukuran yang dimilikinya bahkan lebih besar dari buaya nil sekalipun, ukuran tubuhnya bisa berkembang hingga mencapai 12 meter bahkan lebih.

Demikian adalah 5 hewan purba yang diketahui masih hidup di Indonesia, meskipun sebagian besar di antaranya merupakan hewan terancam punah dan harus dilindungi dengan ketat. Oleh karena itu sebaikya kita turut menjaga kelestarian hewan-hewan purba tersebut dengan cara tidak memburu dan membunuhnya, serta tidak merusak ekosistem tempat ia tinggal. Ajak teman-temanmu dengan cara menekan tombol share di bagian bawah artikel ini untuk membagikannya. Berikan pula komentar terkait dengan hewan purba tadi dengan memberikan komentar pada kolom yang tersedia.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook