Mari Cari Tahu Fakta Unik Di Balik Sejarah Bendera Merah Putih Indonesia

Sebagai sebuah negara Indonesia memiliki berbagai simbol serta benda kenegaraan yang menjadi kebanggaan bagi segenap rakyat Indonesia.

Dari sekian banyak simbol dan benda kenegaraan yang dimiliki oleh indonesia salahsatu yang paling utama dan tidak lain menjadi kebangaan adalah bendera. Indonesia memiliki bendera merah putih sebagai simbol kenegaraan dan benda bersejarah yang menjadi salahsatu identitas yang tidak bisa dilepasksan dari sebuah negara.

Untuk negara kita tercinta Indonesia ini keberadaan bendera merah putih diyakini memiliki sejarah yang panjang dan filosifi yang tentunya mendalam. Tentunya sebagian besar orang sudah mengetahui jika komposisi warna merah dan putih yang berada di dalam bendera tersebut melambangkan keberanian untuk warna merah dan kesucian untuk warna putih. Kedua warna tersebut dipercaya bisa melambangkan karakter Bangsa Indonesia secara keseluruhan.

02

Berbicar lebih lanjut mengenai benderasang saka merah puti kebanggan indonesia yang asli, maka berikut ini ada beberapa fakta unik dan menarik yang mungkin sebelumny tidak atau mungin belum anda ketahui sbelumnya. Simak di bawah ini!

Sang Saka Merah Putih Pernah Sobek dan Kini Pensiun Dikibarkan

Jika and seringkali melihat aca pengibaran di gedung negara ketika 17 Agustus, maka bendera yang dikibarkan tersebut ternyata bukanlah bendera merah putih asli yang dijait pertama kali untuk Indonesia. bendera tersebut hanyalah berupa replika dari sang saka merah putih yang ternyata pernah mengalami robek di tahun 1968, sehingga pada akhirnya bendera tersebut disimpan sebagai properti bersejarah negara yang tersimpan rapi di Istana Merdeka. Meskipun demikian setip tahunnya bendera ini selalu dibawa oleh pembawa bendera untuk kemudian dittukar dengan bendera replikanya yang akan dikibarkan.

Proses Penjahitan dan Bahan Pembuatan

Sebagai bendera kebanggaan bansa, bendera merah putih pertama kali dijhitkan oleh Ibu Fatmawati sebagai ibu negara dengan ukuran 276 x 200 cm. Bendera pertama dibuat dengan menggunakan bahan kain katun Jepang yang dianggap yang terbaik dan terkuat di masanya. Di masa itu pula kebanyakn bendera dibuat dengan menggunakanbhan kain tersebut.

Tiga Nama Untuk Bendera Kebanggan Bangsa

Faktanya bendera merah putih ini memiliki 3 nama atau julukan yang melekat pada dirinya, adapun nama-nama tersebut antara lain adalah Bendera Pusaka, Sang Saka Meah Putih dan yang paling terakhir dikenal jug dengan istilah Dwi Warna

Kesamaan Warna Dengan Bendera Monaco

Siapa yang mencuri dan siapa yang dicuri? Mungkin hal tersebut yang pertama kali muncul di benak anda. Faktanya tidk ada pencurian ide di kedua negara ini mengenai bentuk dan warna bendera, sebab meskipun secara sekilas sama, namun jika anda mengukur rasionya maka akan berbeda (Indonesia 2:3 sedangkan Monaco adalah 4:5). Jika dilihat siapa yang pertamakali secara resmi menggunakan benderamerah putih di kancah Internasional, mungkin jawabannya adalah Monaco yang sudah mendeklarasikan negara merdeka sejak tahun 1881 cukup jauh dengan Indonesia yang barumeredeka di tahun 1945. Namun jauh sebelumnya ternyata bendera Indonesia sendiri terilhami oleh bendera Majapahit dengan corak yang sama dan sudah digunakan sejak tahun 1293.

Demikianlah beberapa fakta yang berada di balik bendera sang saka merah putih yang menjadi kebanggaan dari Indonesia. Jangan lupa untuk membagikan artikel fakta-fakta di balik bendera sang saka merah putih tersebut kepada teman dan sahabat anda di media sosial yang anda miliki. Berikan pula komentar serta pendapat anda mengenai fakta-fakta di balik sejarah sang saka merah putih ini dengan mengisi kolom komentar yang terletak di bagian bawah artikel.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook