Mari Cari Tahu Fakta Di Balik Minuman Kopi! Simak Artikel Berikut

Kopi merupakan salahsatu jenis minuman yang memiliki banyak sekali penggemar di seluruh dunia.

Dihasilkan dari biji tumbuhan kopi yang diolah hingga menjadi bubuk, kopi kemudian dikenal secara luas dan mendunia. Banyak sekali sejarah serta fakta unik dan menarik di balik nikmatnya secangkir kopi yang kita sesap dan minum. Pada kenyataannya seiring dengan waktu keberadaan kopi serta budaya minum kopi seakan sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan bagi para penggemarnya.

Bagi anda penggemar kopi yang tinggal di Indonesia, sebaiknya bersyukur, sebab Indonesia dikenal sebagai salahsatu yang memiliki beragam jenis kopi yang berkualitas dan memiliki rasa yang sedap, selain itu setiap kopi yang ada memiliki karakteristik khusus hingga menjdai pembeda antara satu dengan lainnya.

01

Berbicara lebih lanjut mengenai kopi mungkin anda pernah medengar berbagai fakta serta mitos di balik lezatnya sebuah kopi, oleh karena itu sebagai penikmat kopi sebaiknya anda mengetahui berbagai macam fakta unik dan menarik yang berkembang seputar kopi. Berikut ini ada beberapa fakta unik dari minuman kopi yang sebaiknya anda ketahui.

Pada Awalnya Kopi Dimakan Bukan Diminum

Tahukah anda jika pada awalnya kopi yang masih berupa biji itu dikonsumsi dengan cara dimakan, dan bukan dengan diminum. Jika sekarang anda mengenal kopi itu sebagai minuman lezat, maka suku-suku di Afrika mengkonsumsinya dengan cara dicampurkan bersama dengan semacam mentega utnuk kemudian dimakan. Mereka percaya dengan mengkonsumsi kopi mereka jadi lebih fokus dan menambah energi.

Tanaman Kopi di Seluruh Dunia Tumbuh Pada Satu Garis yang Sama

Tahukah anda jika tanaman kopi hanya tumbuh pada satu garis yang sama yakni di antara garis balik selatan dan garis balik utara. Sehingga hanya di daerah itulah kopi itu tumbuh, di selain itu pohon kopi tidaklah tumbuh. Dari sekian banyak kopi yang tumbuh dan diproduksi, kopi arabika dikonsumsi oleh 70% penikmat kopi dunia dan sisanya merupakan penikmat robusta.

Kopi Komoditi Terbesar Kedua Setelah Minyak

Mungkin anda tidak pernah membayangkan, ternyata dengan kebutuhan konsumsi kopi yang demikian besarnya di seluruh dunia, kopi menjdai salahsatu komoditi kedua terbesar di dunia yang diperdagangkan setelah urutan pertama ditempati oleh minyak. Hal ini membuktikan jika keberadaan kopi sebagai salahsatu jenis minuman di dunia ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Kopi Menahan Kantuk dan Menambah Konsentrasi

Fakta ini adalah yang paling umum dan seringkali didengar dari minuman kopi. Jika anda mau menahan kantuk cara yang paling sering dilakukan adalah dengan meminum kopi. Tapi tahukah anda mengapa kopi mampu menahan kantuk dan membuat yang meminumnya memiliki konsentrasi yang lebih? Hal tersebut diakibatkan oleh kandungan yang palin dikenal dalam kopi yakni kafein. Kandungan kafein ternyata mampu menghambat zat kimia yang menstimulus rasa kantuk pada otak, oleh sebab itu dengan meminum kopi yang memiliki kandungan kafein anda bisa terhindar dari kantuk. Selain dari itu kandungan kafein dari kopi juga bisa meningkatkan sistem kerja dari tubuh terutama pada bagian pernafasan, oleh karena itu daya tahan serta konsentrasi kita akan meningkat, karena aliran gula di dalam darah juga turut meningkat.

Demikian tadi adalah fakta-fakta dibalik minuman yang banyak digemari di seluruh dunia. Jangan lupa untuk berbagi fakta-fakta unik yang ada di balik secangkir kopi kepada teman dan sahabat anda sesama pecinta minuman ini di media sosial. Cukup tekan tombol share yang berada di bagian bawah artikel, jangan lupa berikan komentar di kolom di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook