Maratua, Wisata Bahari Berjuluk Pulau Surga

Tak ada habisnya memang mengulik keindahan panorama bahari Indonesia dari titik-titik yang berada di dalam wilayah Republik ini hingga yang berada di posisi garis terluar.

Pernahkah kamu mendengar mengenai segitiga coral Indonesia dimana taman indah bawah laut berisi coral-coral menawan sangat indah menggugah mata? Ya, Kepulauan Derawan berlokasi di Kalimantan Timur, kepulauan ini merupakan sebuah tempat di mana keindahan tersebut tersedia. Dari total 31 pulau yang ada di Kepulauan Derawan ada 4 pulau yang merupakan pulau paling terkenal dan sangat diminati turis baik lokal maupun mancanegara untuk singgah dan merasakan pesonanya, 4 pulau yang dimaksud adalah Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan yang paling terakhir adalah Pulau Maratua.

Dari ke 4 pulau yang paling terkenal salahsatu di antaranya yakni Pulau Maratua dikenal dengan sebutan pulau surga oleh banyak orang karena keindahana alam yang dimilikinya.Pulau Maratua sendiri posisinya berada di bagian terluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Filipina. Pulau ini terdiri dari beberapa pulau kecil yang tersebar di teluknya.

Berwisata di pulau ini sangat menyenangkan dengan 21 titik penyelaman yang sangat indah para wisatawan yang hendak mengadakan penyelaman sungguh akan sangat dimanjakan oleh pesona alam bawah lautnya. Spesies yang terdapat di dalamnya antara lain pari manta, penyu hijau, beragam jenis coral dan berbagai biota laut menawan lainnya. Perlu diketahui juga garis pantai Maratua juga merupakan salahsatu lokasi bagi penyu hijau bertelur dan merupakan yang terbesar di Indonesia. Dihuni sekitar 3.168 jiwa Pulau Maratua hampir seluruhnya merupakan Suku Bajo dan bermata pencaharian nelayan. Dengan berjuta pesona alam dan kearifan lokalnya yang dimilikinya maka tidaklah salah pulau ini memiliki julukan pulau surga (paradise island).

Ayo berkunjung dan ajak teman-temanmu. Share artikel ini pada mereka

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook