Manakah yang Lebih Baik Konsumsi Buah Sebelum Makan atau Setelah Makan? Simak Faktanya Berikut!

Jika ada pertanyaan kapan waktu konsumsi buah terbaik, apakah sebelum atau sesudah makan?

Sebagian besar dari anda pasti menjawab jika konsumsi buah yang paling cocok dan baik dilakukan setelah selesai makan besar sebagai makanan penutup dan pencuci mulut. Konsumsi buah setelah makan juga dirasa sebagai pelengkap yang tepat dari kombinasi makanan 4 sehat 5 sempurna yang seringkali dikampanyekan dalam rangka pemenuhan dan penyeimbangan gizi dalam tubuh kita.

Tapi tahukah anda faktanya konsumsi buah yang tepat itu dilakukan sebelum anda mulai makan makanan besar. Meskipun demikian ternyata stereotip orang mengenai konsumsi buah sudah kadung melekat dan susah untuk diubah kebiasaanya. Padahal dengan konsumsi makanan yang tepat, berbagai kandungan baik serta gizi yang terdapat dalam makanan akan lebih mudah untuk didapat dan diserap oleh tubuh anda. Tentunya hal ini sangat berbading terbalik dengan mitos yang berkembang jika konsumsi buah sebelum makan bisa menyebabkan mencret atau perut tidak enak.

03

Lantas apa saja sebenarnya pengaruh kurang baik dari konsumsi buah setelah makan besar atau makan nasi dan lauk pauknya? Ada beberapa latar belakang mengapa buah lebih baik dikonsumsi di awal. pertama adalah karena nasi dan lauk pauknya merupakan makanan padat dan butuh waktu cukup lama bagi usus untuk mencernanya, sehingga jika anda mengkonsumsi nasi lalu buah, proses pencernaan akan berlangsung laa, dan buah yang masuk akan cepat membususk sebelum akhirnya diverna dan diperoleh nilai kebaikan gizinya. Kombinasi dari nasi kemudian buah juga ternyata akan berpengaruh pada peroduksi serotonin dalam tubuh yang pada akhirnya membuat kita lebih mudah mengantuk.

Pola konsumsi buah sebelum makan besar memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut, salahsatu yang cukup dikenal adalah membantu program diet yang sedang anda lakukan. Buah dikenal memiliki kandungan gula yang baik, sehinga jika dikonsumsi lebih awal, maka bisa turut membantu anda menakar pemasukan karbohidrat dalam tubuh sehingga tidak terlalu besar yang menjadi salahsatu penyebab kegemukan.

Oleh karena itu sebaiknya cobalah untuk mengkonsumsi buah 15-20 menit sebelum anda mengkonsumsi makanan besar (nasi dan lauk pauknya), anda juga bisa memposisikan makan buah-buahan sebagai menu sarapan pagi anda yang lebih menyehatkan dan menyenangkan. Jika anda tetap ingin emngkonsumsi buah setelah makan, maka pastikan untuk mengkonsumsinya paling tidak 3 jam setelah makan nasi atau makan berat, karena pada saat tersebut makanan yang sebelumnya anda makan, sudah dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan anda.

Jika dilihat secara umum, sebenarnya paduan buah dan nasi atau makan berat itu sudah sangat baik, hanya saja diperlukan kebijaksanaan untuk melihat waktu yang tepat serta memposisikan makanan mana yang bisa lebih dahulu kita makan, sehingga nilai gizi serta kebaikan makanan bisa kita dapatkan dengan optimal apabila kita melakukan pola konsumsi yang benar. Penting juga untuk memperhatikan kondisi buah, buah segar dan telah dicuci terlebih dahulu akan lebih baik untuk menghindari zat-zat berbahaya seperti pestisida yang tercecer di buah-buahan yang hendak anda konsumsi.

Bagaimana? Sudah tahu waktu terbaik untuk konsumsi buah? Jangan lupa untuk selalu berbagi dengan sahabat teman dan keluarga anda informasi-informasi unik dan menarik. Tekan tombol share dan bagikan melalui saluran media sosial anda. Anda juga bisa turut memberikan komentar seputar fakta konsusmsi buah melalui kolom kometar yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook