Kumbang Bombardier, Kumbang yang Mampu Menyemprotkan Cairan Kimia Panas Dari Dalam Tubuhnya

Banyak sekali organisme yang ada di dunia ini, dari mulai yang terkecil hingga yang terbesar.

Dari sekian banyak jenis organisme yang hidup di dunia, kita mengenal adanya organisme serangga. Serangga sendiri merupakan sebuah binatang kelas avertebrata yang secara umum tubuhnya terbagi atas tiga bagian utama, tiga pasang kaki yang pangkalnya menyatu serta sepasang antena.

Di lingkungan sekitar sendiri banyak sekali ditemukan dengan mudah macam-macam serangga, dari muali semut, kupu-kupu, capung dan masih banyak lagi. jumlah spesiesnya pun diperkirakan mencapai lebih dari satu juta spesies.

10-kumbang-bombardier

Dengan begitu banyaknya serangga yang adad di dunia, maka serangga mungkin paling bisa menggambarkan lebih dari setengah organisme hidup yang telah diketahui oleh kita sekarang ini. setiap serangga memiliki kunikannya sendiri, biasanya masing-masing jenis memiliki bentuk tubuh dan cara serta gaya bertahan hidup dengan menyesuaikan dengan habitat dan lingkungannya tinggal saat itu. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempertahankan diri dari kemungkinan-kemungkinan gngguan dan mangsaan hewan lainnya.

Dari sekian banyak jenis seranggga yang diketahui memiliki gaya dan cara bertahan hidup unik adalah kumbang. Kumbang merupakan salahsatu binatang yang termasuk dalam ordo serangga. Kumbang digambarkan sebagai makhsluk serangga yang berukuran keil tidak terlalu besar dan memiliki dua pasang sayap di bagian belakang tubuhnya. Sayap pertama terdapat di bagian luar tubuhnya dan memiliki tingkat kekerasan dan tebal untuk melindungi sayap dan tubuh bagian dalamnya.

Berbicara mengenai serangga khususnya kumbang maka ada salahsatu jenisnya yang diketahu mempnyai teknik unuik dalam mempertahankan dirinya dari serangan, kumbang tersebut diketahui sebagai kumbang bombardir atau bombardier beetle. Mendengar namanya saja sekilas kumbang yang satu ini sepertinya memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis kumbang lainnya.

Kumbang bombardir merupakan salahsatu jenis kumbang tanah yang hidup di dunia. Lantas kenapa diberi nama kumbang bombardir? Hal tersebut ternyata merujuk pada teknik pertahanan tubuhnya yang sangat unik dan menarik yakni ketika mereka merasa terganggu dengan lingkungan sekitarnya mereka mencoba menyemprotkan cairan kimia dari bagian buntut ujung tubuhnya disertai dengan letupan seperti senjata yang membombardir lawannya.

Cairan kimia yang dihasilkannya ternyata tidak main-main, sebab cairan yang bisa ia hasilkan tersebut bersifat sangat panas dan juga korosif, sehingga siapapun musuh yang terkena cairan tersebut bisa terluka bahkan buta. Teknik itu digunakannya sebab kumbang bombardir ini seringkali menjadi mangsa yang cukup empuk bagi kebanyakan predator lainnya. Cairan yang disemprotkannya tersebut merupakan campuran antara hydroquinone dan hidrogen peroksida yang tersimpan dalam perutnya, namun penyimpanan yang dimilikinya tersebut terpisah ke dalam 2 bagian. Hingga pada saat yang dibutuhkan, kumbang tersebut kemudian menyemprotkannya secara bersamaan dan secara alami tercampur.

Kumbang jenis ini diketahui dapat tingal di berbagai belahan dunia dan benua kecuali antartika, kumbang jenis ini juga diketahui sebagai serangga yang karnivora atau memakan daging. Sebagai hewan karnivora Kumbang bombardier ini diketahui aktif berburu pada malam hari. Meskipun demikian ia tidak menggunakan cairan tersebut untuk berburu, ia hanya menggunakannya sebagai bentuk pertahan diri saja. untuk bertahan hidup ia menggunakan rahangnya yang tajam untuk berburu.

Jangan lupa berbagi dengan kawan dan teman dan dengan cara menekan tomblo share pada bagian bawah artikel ini. Anda juga bisa memberikan pendapat mengenai mekanisme unik dari serangga unik yang satu ini dengan memasukan pendapat dalam kolom komentar yang tersedia di bagian bawah.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook