Kopi Manggarai Timur Dinobatkan Sebagai Kopi Terbaik Indonesia 2015

Jika anda penikmat kopi pasti anda sudah mengenal dengan baik bagaimana kualitas biji kopi Indonesia.

Biji kopi Indonesia dikenal memiliki rasa yang luar biaa mantapnya, dari sabang sampai merauke menyimpan begitu banyak jenis kopi yang muncul dengan karakternya masing-masing. Ke khasan itulah yang membuat kopi Indonesia kemudian muncul dan digemari oleh banyak lapisan masyarakat, khususnya bagi mereka yang benar-benar mencintai kopi.

Selain dengan pecinta kopi dalam negeri cita rasa khas kopi dalam negeri juga banyak dicari oleh merteka yang menggilai kopi dari luar negeri, banyak sekli pecinta kopi internasional yang datang jauh melancong ke Indonesia hanya untuk mencoba mencicipi kopi asli lokasl Indonesia. tentunya hal itu sangatlah membanggakan, karena sebagai salahsatu komoditi perdagangan terbesar ke-2 di dunia kopi dapat tumbuh dengan baik di Indonesia.

05

Berbicara lebih lanjut mengenai kopi, maka pernahkah anda mencicipi kopi Manggarai Timur? Kopi yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini belum lama ditetapkan menjadi salashatu kopi terbaik di nusantara di tahun 2015. Penetapan kopi terbaik tahun 2015 ini dilangsungkan di Banyuwangi, Jawa Timur pada perhelatan kontes kopi spesialti Indonesia yang ke 7.

Kopi Manggarai Timur ini bisa keluar sebagai jenis yang terbaik, baik jenis Arabika maupun Robusta sebab menurut Surip Sumawardi selaku pecinta dn peneliti kopi, kopi Manggarai Timur ini memiliki rasa yang begitu spesifik. Rasa mantap yang keluar dari kopi Manggarai Timur ini dipengaruhi dari tempat di mana ia tumbuh. Dengan lokasi tumbuh yang berudara kering dan adanya pengaruh angin Australia membuat sajian kopi ini memiliki cita rasa khas yang mengundang selera para penikmat kopi. Arabika Flores dikenal memiliki citarasa asam yang murni dan bernuansa lemon serta wangi saat dihirup, sedang untuk robusta memiliki rasa yang halus, dan terasa mengandung mint.

Kopi Manggarai Timur ini juga dikenal terlebih dulu dengan nama kopi Flores. Menurut Surip yang pernah terlibat pembinaan petani kopi di Flores, sejak tahun 2004 kopi Flores mulai ditingkatkan kualitasnya, dari yang awalnya sama sekali tidak dikenal dan memiliki harga juah jauh di bawah kopi kelas dunia kini kopi Flores sudah mampu menempatkan diri sebagai salahsatu jenis kopi premium yang banyak dicari oleh penikmat kopi di dunia. bahkan dari yang semula harga berada 40% di bawah harga pasaran kopi di New York, justru kini berbanding terbalik, harga Kopi Flores bisa berada 5 sampai dengan 10% di atas pasaran harga kopi New York.

Kopi manggarai sendiri baru satu jenis dari sekian banyak kopi bercitarasa mantap dari Indonesia. Seorang pengusaha kedai kopi di Belnda yakni Paul Dehaan yang juga pada saat ajang tersebut mengatakan jika pasar lebih menyukai kopi asal Indonesia dibandingkan dengan negara pesaing lainnya, sebut saja Brazil atau Vietnam, sebab kopi asal Indonesia memiliki citarasa yang lebih ketimbang kopi dari negara lain, hanya saja dengan citarsa yang mantap tersebut para importir kopi di luar negari harus sedikit berusaha mendapatkannya, pasalnya memang agak sulit mendatangkan kopi dari Indonesia.

Siap mencicipi kopi nikmat dan mantap asli Indonesia tersebut? Janagan lupa untuk mengajak temanmu pecinta kopi untuk menikmatinya bersama agar terasa labih nikmat dan mantap. Tekan saja tombol share yang berada di bagain bawah artikel untuk membagikannya kepada teman dan sahabat anda. Berikan pula komentar anda mengenai kopi dengan kualitas terbaik tersebut.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook