Komodo: Mobil Besar Produksi Dalam Negeri

Sebagian dari anda yang menggemari otomotif terutama mobil-mobil besar buatan pasti mengenal Hummer, mobil SUV besar produksi Amerika.

Ternyata Indonesia juga memiliki dan memproduksi mobil sejenis untuk keperluan militer. Mobil tersebut diberi nama Komodo dan diproduksi oleh PT. Pindad. Secara sekilas mobil besar ini memang memiliki bentuk body mirip mobil Hummer meskipun dengan spesifikasi khusus yang dibuat untuk keperluan militer. Badan mobil terlihat sangat kokoh khas mobil-mobil yang dipakai untuk terjun di medan pertempuran, cotrak warna yang diberikan pun didominasi oleh warna loreng-loreng khas pasukan. Mobil komodo diproduksi untuk beberapa spesifikasi dan jenis, seperti ambulans, APC battering ram, hingga canon towing, di mana masing-masing memiliki fungsi serta kegunaan tersendiri ketika diturunkan di medan pertempuran.

Melihat kepada potensi serta spesifikasi yang dimilikinya, banyak sekali permintaan dan masukan yang berasal dari orang-orang agar mobil komodo buatan PT. Pindad ini dapat diproduksi secara umum, sebab mereka menganggap masa depan mobil ini cukup menjanjikan jika dapat diproduksi untuk keperluan umum di luar kebutuhan militer juga.

04-mobil-komodo

Pihak PT. Pindad sendiri selaku produsen mobil komodo tersebut hingga kini sebenarnya masih memikirkan masukan yang datang, sebab jika mobil ini jadi diproduksi secara umum dan disebarluaskan secara masal, maka harus ada beberapa spesifikasi yang dikurangi atau dirubah, sehingga mobil komodo ini layak pakai di tempat umum, karena pada dasarnya mobil ini memang dibuat pertama kali untuk keperluan militer dengan berbagai spesifikasi pendukung seperti persenjataan dan navigasi-navigasi militer, selain itu pengurangan spek juga dimaksudkan untuk mengurangi biaya produksi yang pasti berpengaruh terhadap harga jualnya nanti di pasaran, begitulah yang disampaikan oleh Silmy Karim sendiri selaku direktur dari PT. Pindad, sebagai produsen dari mobil komodo.

Mobil komodo ini juga masih terbilang mahal sebab mesin yang tertanam di dalamya masih menggunakan produsen pembuat mesin mobil dari luar negeri yakni dari negara Perancis dengan merk produsen Renault, sehingga tentunya harga jual satu unit kendaraan ini terbilang cukup mahal untuk kendaraan produksi dalam negeri. Satu unit mobil komodo ini bisa berharga hingga mencapai satu miliar bahkan lebih.Pihak PT. Pindad sendiri berencana untuk memproduksi mesinnya sendiri jika pada akhirnya mereka merilis mobil ini ke pasaran umum. Dengan mesin yang diproduksi sendiri di dalam negeri atau di Indonesia mereka berharap bisa mengurangi ongkos produksi serta budget penyediaan bahan-bahan pembuatan dan akhirnya berimbas pada harga jualnya nanti yang pastinya menjadi lebih murah dari harga yang saat ini dibanderolkan pada mobil besar ini.

Hingga kini Silmy sendiri masih menimbang dan memikirkan bagaimana kelanjutan dari usulan mengani komersialisasi mobil buatan dalam negeri ini. Usulan komersialisasi mobil komodo ini sendiri sebelumnya sudah disampaikan kepada dua menteri yang sempat berkunjung ke PT. Pindad untuk melihat bagaimana produksi mobil tersebut berlangsung, namun Saleh Husein selaku mentri perindustrian serta Andrinof Chaniago selaku mentri Pembangunan dan Perencanaan Nasional belum memberikan tanggapan terkait rencana tersebut. setelah diberikan penjelasan mengenai kabar tersebut, mereka hanya langsung menilik bagaimana keadaan serta interior dalam mobil itu sendiri.

Jangan lupa untuk berbagi bersama dengan teman dan keluarga anda mengenai usulan komersialisasi dari mobil komodo yang satu ini. Berikan juga komentar anda mengenai rencana komersialisasi dari mobil asli buatan Indonesia ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook