Ketahui Fakta Unik Di Balik Filtrum atau Celah Lebar Di Bawah Hidung

Hidung merupakan salahsatu indrayang begitu penting bagi seorang manusia atau makhluk hidup. Dengan indra penciuman, maka seseorang bisa mengenal rangsangan sekitar yang terkait dengan bau-bauan yang berada di sekitar kita. Terkait dengan hidung, maka anda tentunya mengenal bagian jalur yang berada di bagian bawah hidung dan di atas bibir. Bagian tersebut lazim disebut dengan filtrum. Namun tahukah anda apakah sebenarnya fungsi dan manfaat dari filtrum?

Mungkin, tidak banyak yang tahu apa manfaat dan fungsi yang dimiliki oleh filtrum. Banyak yang menganggap filtrum tidak memiliki fungsi dan hadir sebagai pelengkap, bahkan ada yang memplesetkannya sebagai jal untuk ingus yang keluar dari hidung anda. Faktanya filtrum memiliki fungsi yang sangt penting, yakni sebagai alur sempit yang membawa uap air ke dlaam hidung dalam rangka menjaga hidung agar tetap basah dan meningkatkan kemampuan indera penciuman kita.

07 fakta

Melihat fakta tersebut tentunya keberadaan dari filtrum ini begitu penting adanya bagi keseimbangan tubuh dari seorang manusia. Filtrum sendiri memang secara natural dan alamiah dimiliki oleh mamalia secara umum. Filtrum sendiri terbentuk melalui serangkaian proses yang khusus dan tersendiri, oleh karena itu, jika pada prosesnya pembentukan dari filtrum gagal, maka yang akan terbentuk adalah bibir sumbing.

Pada faktanya sebenarnya fungsi filtrum pada manusia dan juga primata kelas atas tidaklah terlalu signifikan, sebab pada dasarnya manusia dan juga primata kelas atas lebih menggunakan visi ketimbang bau. Meskipun demikian, primata kelas bawha masih memerlukannya untuk membuat hidungnya tetap memiliki indera penciuman yang lebih tajam daripada biasanya.

Pada sebagian kasus, besar atau lebarnya filtrum pada manusia bisa memperlihatkan ciri kelainan yang dideritanya. Sebuah studi yang dilakukan terhadap anak lelakiyang didiagnosa menggalami spektrum autis ditemukan bahwa, ternyata filtrum yang mereka miliki lebih lebar atau lebih luas daripada filtrum rata-rata manusia.

Keberadaan filtrum sendiri bahkan telah disebutkan dalam beberapa mitologi, dari mulai mitologi Yahudi hingga Filipina. Dalam mitologi kaum yahudi, filtrum yang terdapat di bagian atas dari bibir bayi tersebut dibuat oleh seorang malaika kesuburan yang bernama Lailah. Lailah menyihir bibir atas bayi tersebut bertepatan dengan sebelum bayi tersebut lahir ke dunia. hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar sang bayi yang dilahirkan ke dunia tersebut nantinya tidak akan melupakan ajaran-ajaran dari Taurat.

Lauin dengan Yahudi, Filipina memiliki versinya sendiri mengenai mitologi asal muasal penciptaan filtrum. Bagi orang Filipina sendiri, mereka yang tidak memiliki filtrum atau belahan yang terletak pada bagian atas bibir tersebut merupakan seorang peri langsing yang sangat cantik, tinggi dan menawan. Orang Filipina menyebutnya dengan julukan Enkantado.

Demikianlah kisah mengenai sejarah terkait dengan fakta-fakta di balik penciptaan dari filtrum yang dimiliki oleh manusia. Di balik fakta-fakta unik yang belum anda ketahui tersebut, ternyata ada juga beberapa mitos yang menyertainya. Terkadang mitos-mitos yang dipercayai oleh para masyarakat itu memang menjadi sebuah hal yang begitu dipercayai oleh orang-orang yang percaya dengan kisah penciptaan dan sejarahnya tersebut.

Sudah tahu sekarang fakta di balik lekukan bernama filtrum, yang terletak di bawah hidung? Jangan lupa untuk terus berbagi dengan teman atau sahabat anda mengenai fakta unik dan menarik seputar hal-hal yang mungkin anda belum ketahui sebelumnya. Tekan tombolnya dna mulailah berbagai menggunakan laman media sosial anda masing-masing.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook