Ketahui 5 Stadion Sepakbola Dengan Kapasitas Terbanyak

Mari cari Tahu Stadion Sepakbola Mana Saja yang Memiliki Kapasitas Terbanyak

Sepakbola merupakan olahraga yang saat ini paling digemari di seluruh dunia.
Kemudahan sepakbola untuk dimainkan membuat sepakbola menjadi olahraga yang sangat populer dan merakyat. Siaran-siaran pertandingan sepakbola yang kini menjadi primadona selalu ditanyakan di berbagai media dan selalu mengundang banyak penikmat bola untuk betah selama 2x54 menit atau lebih untuk melihat proses pertandingan hingga hasil akhirnya. Belum lagi wajah-wajah pemain yang menghiasi terkadang menjadi daya tarik tersendiri bagi para fans dan penggemarnya.

Menonton sebuah pertandingan sepakbola memang sangat menyenangkan, euforia kegembiraan dan emosi selalu terasa manakala dihadapkan pada pertandingan-pertandingan yang seru dan krusial, namun akan berbeda rasanya menyaksikan sebuah pertandingan hanya melalui layar kaca dan datang langsung ke stadion. Dengan datang ke stadion kita akan dihadapkan pada pengalaman menonton yang sesungguhnya, euforia yang besar dan perasaan yang lain dibanding hanya di rumah saja. Banyaknya penonton yang hendak menyaksikan sebuah pertandingan membuat stadion harus mampu mengakomodasinya.

Berikut adalah 5 dari banyak stadion besar yang ada di dunia dengan kapasitas penonton terbanyak.

5. Azadi Stadium (Iran)

Terletak di kota Tehran Iran, stadion Azadi juga sering disebut sebagai stadion termegah di Asia. Stadion ini dipergunakan oleh tim nasional sepakbola Iran dalam menggelar laga-laga internasional resmi maupun persahabatan. Ketika awal dibuat stadion ini mampu menampung hingga 100.00 orang namun dikurangi kapasitasnya pada saat renovasi 2002. Tujuan awalnya stadion ini dibuat adalah untuk penyelenggaraan Asian Games pada tahun 1973. Nama Azadi pernah diganti menjadi stadion Aryamehr namun kembali diubah menjadi Azadi.


4. Melbourne Cricket Ground (Australia)

Dengan jumlah kapasitas daya tampung penonton yang cukup besar, yakni hingga 100.000 orang stadion ini dipergunakan untuk menggelar berbagai acara megah dan besar seperti cricket, atletik, rugby, sepak bola, hingga konser-konser musik berskala besar. Pada awalnya stadion ini mampu menampung hingga 120.000 penonton namun karena pada suatu acara yang menyebabkan stadion ini harus menampung hingga 130.000 penonton membuat diberlakukannya sistem keamanan yang lebih ketat dan pengurangan jumlah penonton.

3. Estadio Azteca (Mexico)

Memiliki kapasitas penonton hingga 105.000 orang stadion ini berlokasi di Mexico City, Mexico. Dibuka pertama kali sejak tahun 1966 stadion ini sempat direnovasi pada tahun 1986.


2. Salt Lake Stadium (India)

Stadion yang sebenarnya multifungsi ini terletak di sebuah daerah di India bernama Bidhannagar, Kalkota. Stadion sepakbola yang dalam bahasa bengal ini bernama Yuva Bharati Krirangan atau Stadion Pemuda ini mampu menampung penonton hingga berjumlah 120.000 orang. Pertama kali dibuka pada tahun 1984 stadion ini memiliki luas dimensi bidang 105 meter x 68 meter. Kegunaannya yang tidak hanya diperuntukan sebagai lapang sepakbola membuat lapangan ini juga dapat berfungsi sebagai tempat bagi acara-acara lainnya yang membutuhkan tempat yang luas.

1. Rungrado Mayday Stadium (Korea Utara)

Terletang di kota Pyongyang Korea Utara, stadion yang dalam bahasa Indonesia ini disebut sebagai stadion hari buruh ini memiliki kapasitas yang disebut-sebut terbesar di dunia yakni memiliki jumlah kursi penonton hingga mencapai 150.000. Stadion ini sebenarnya merupakan stadion yang multifungsi dan didirikan sejak tahun 1989. Korea Utara ini sendiri menggunakan stadion ini untuk beragam keperluan dari mulai olahraga seperti atletik dan sepakbola hingga untuk peringatan hari buruh yang lazim diperingati oleh negara komunis seperti Korea Utara. Salahsatu yang menarik dari desain stadion ini adalah atapnya yang memiliki desain seperti bunga magnolia.

Yuk share ke teman-temanmu.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook