Keren! Inilah Dia Alat Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Buatan Anak Negeri!

Kreatifitas dan inovasi tidak akan pernah bisa terbendung dan terhenti oleh keterbatasan dan kekurangan.

Kreatifitas tak melulu hadir karena tersedianya bahan baku dan teknologi pendukung, melainkan karena didukung juga oleh motivasi dan keinginan. Terkadang justru malah yang dlam kondisi serba kekurangan yang memunculkan ide-ide brilian dan cerdas untuk bisa survive dari keadaan sekitar yang menekan.

Berbicara mengenai kreatifitas dan inovasi, maka seorang anak bangsa bernama Zamrisyaf membuktikannya, dirinya diketahui mampu menciptakan sebuah alat pembangkit listrik tenaga gelombang yang berbasis sitem bandulan. Diketahui alat ciptaanya tersebut mampu menghasilkan daya listrik hingga 2000 watt. Alat pembangkit listrik tersebut diciptakan Zamrisyaf karena melihat permasalahan keterbatasan listrik masih menjadi hal yang krusial dan perlu diperhatikan lebih mendalam, pengadaan listrik yang kurang membuat pencapaian ekonomi pun di sisi lain turut terganggu.

10

Zamrisyaf yang hanya seorang lulusan SMK ini ingin mencoba mencari solusi permaslahn keterbatasan listrik tersebut dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar yang tersedia secara gratis. Dianugerahi lingkungan berupa lautan dengan gelombang air yang cukup, mengilhaminyauntuk kemudian membuat PLTG-SB tersebut.

Pembangkit listrik tenaga gelombang – sitem bandulan buatan Zamrisyaf tersebut terbilang cukup sederhana. Dengan berbentuk perahu ponton segitiga terbalik berukuran 4,8m x 3m x 3m, Zamrisyaf mulai menggunakan alatnya tersebut dengan cara membawanya sejauh 100 meter menuju ke tengah laut, kemudian ia stabilkan dengan jangkar agar tidak hanyut terbawa gelombang. Selama terombang-ambing tersebut, bandunl yang berada di bagian dalam perahu terus berputar dan bergoyang dan berputar, lantas putaran itu dikonversikan oleh dinamo menjadi energi listrik.

Melihat mekanisme dan prosesnya tentunya alat pembangkit listrik satu ini sebenarnya bisa menjadi salahsatu sumber pemecahan masalah krisis listrik. Jika dibandingkan dengan pembangkit listrik tenaga lain, tentunya alat satu ini bisa dibilang sebagai alat yang cukup ramah lingkungan, aman dan juga murah. Apalagi jika dicermati, gelombang di laut itu hampir bahkan tidak pernah hilang atau habis. bandingkan dengan panel surya, yang arus menunggu siang untuk bisa kembali digunakan. Kota Padang sendiri di klaim masih memiliki kekurangan listrik hingga sebesar 30 megawat. Menurut Zamrisyaf kekuranagan tersebut bisa terselesaikan atau terbantu dengan pengadaan PLTG-SB sampai 100 unit saja.

Di awal-awal percobaanya dengan alat buatannya tersebut, Zamrisyaf tidak sedikit mengalami cemoohan atau banyak sekali yang memandang remeh. Bahkan di beberapa kesempatan banyak juga yang kemudian mengatakan jika inovasinya tersebut gila dan tidak akan berhasil. Namun yang terjadi kini justru sebaliknya, alat buatannya tersebut mampu memberikan manfaat yang begitu besar bagi banyak pihak.

Pria yang juga pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru ini juga kini berencana semakin mengemabangkan alat buatanya tersebut, sehingga bisa dimanfaatkan oleh para nelayan sebagai sumber listrik di kapalnya, tentunya cara ini akan lebih baik dibanding dengan penggunaan diesel yang pada akhirnya membutuhkan isian bahan bakar berupa solar. Selain itu energi listrik yang dihasilkan nantinya bisa memfasilitasi para nelayan membuat lemari pendingin atau ruangan pendingin, sehingga hasil tangkapan ikan anda akan tetap terjaga kesegarannya.

Sangat kreatif dan menarik sekali bukan konsep alat ciptaan anak Indonsia bernama Zamrisyaf ini? Silahkan memberikan komentar mengenai artikle ini melalui kolom komeentar yang sudah tersedia di bagian bawah artikel. Anda juga bisa dengan mudah berbagi artikel ini dengan cara menekan tombol share yang berada di bagian bawah artikel.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook