Kedinginan Ternyata Bisa Menular! Simak Faktanya Berikut Ini!

Angin kencang, hujan atau terkena air dalam waktu yang lama merupakan beberepa faktor yang bisa memicu kondisi dingin pada tubuh anda.

Reaksi yang diterima karena rangsangan luar terhadap tubuh itu tidak jarang membuat tubuh menggigil dan bergetar, dalam kondsi dingin bahkan seringkali muncul uap dari mulut. Pada kondisi yang bahkan sangat ekstrim kedinginan hebat pada tubuh juga bia memicu kematian karena hilangnya panas dalam tubuh, kemudian berlanjut dengan penurunan tekanan darah dan detk jantung sampai benar-benar berhenti, kondisi tersebut disebut sebagai hipotermia yang jamak terjadi di kondisi-kondisi tertentu seperti atas pegunungan, kondisi bersalju atau karena kedinginan berkepanjangan serta sangat ekstrim.

Berbicara mengenai kondisi dingin pada tubuh maka ada sebuah fakta unik dan menarik di baliknya, yakni faktanya kondisi kedinginan pada tubuh seseorang itu bisa menular kepada orang lainnya. Mungkin sebelumnya hal ini kurang amsuk di akal, sebab kedinginan sendiri tidak seperti penyakit yang menular, namun pada faktanya memang kedinginan ini bisa menular sehingga ketika melihat seorang yang kedinginan anda bisa ikut merasaakan hal yang sama.

07

Kondisi unik ini telah diteliti oleh bebearapa peneliti di Brighton dan Sussex Medical School. Para peneliti di sana menemukan jika kedingina merupakan sebuah kondisi yang bisa menular atau ditularkan kepada orang lainya. hal tersebut diketahui dipengaruhi oleh perasaan empati yang dimiliki oleh manusia. Penelitian yang dilakukan dengan cara mempertontonkan video ini menunjukan bagaimana perasaan yang dirasakan siswa ketika melihat sebuah tangan dicelupkan ke dalam air dingin. Dibandingkan ketika melihat video tangan dicelupkan ke air panas siswa, perubahan suhu tubu pada siswa justru terjadi ketika mereka melihat video orang yang mencelupkan tangan ke dalam air dingin.

Tim peneliti beresama Dr. Neil Harrison sebagai peneliti utama mengaku cukup terkejut dengan kondisi yang terjadi pada siswa yang ditelitinya tersebut. ia tidak menyangka jika memang kondisi dingin tersebut bisa ditularkan kepada orang lain dengan hanya melihatnya saja. Dari penelitian yang telah dilakukan dan menemukan bukti tersebut akhirnya ada sebuah kesimpulan sederhana yang mungkin bisa menjadi penjelasan yang paling rasional hingga saat ini, yakni karena rasa empati yang dimiliki oleh manusia. Manusia sebagai makhluk sosial memang memiliki rasa empati di dalam dirinya masing-masing dan ketika melihat kondisi orang yang mengalami kedinginan, maka dari perasaan tersebut ia menerjemahkannya ke dalam perasaan dingin, akibatnya ia juga mengalami kedinginan.

Jika begitu lantas mengapa jika melihat video orang mencelupkan tangan ke dalam air hangat atau panas orang tidak mengalami hal yang sama atau mengalami perubahan suhu tubuhnya. Hal tersebut diduga karena rangsangan dan klu yang diberikan oleh kondisi dalam air hangat tidak terlalau kuat seperti ketika menggunakan air dingin. dalam air panas hanya memperlihatkan beberepa klu atau petunjuk berupa tangan memerah serta uap air, sedangkan jika dengan air dingin maka anda akan melihat beberepa petunjuk kuat dari mulai uap, arna kulit sampai bongkahan es batu yang diterjemahkan sebagai hal yang sangat dingin.

Sudah mengetahui sekarang bagaimana fakta unik dan menarik mengenai kedinginan yang menular? Mari bagikan informasi unik dan mungkin belum diketahui oleh orang banyak mengenai kedinginan ini. Tekan tombol share yang berada pada bagian bawah artikel untuk kemudian berbagi info unik ini dengan teman serta sahabat anda di media sosial yang anda miliki. Lanjutkan dengan cara mengisi kolom komentar dan menambahkan pendapat anda ke dalamnya.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook