Karambit: Pisau Paling Mematikan Asli Buatan Nusantara

Anda pasti tidak asing dengan seni beladairi asli Nusantara, yaitu silat atau pencak silat.

Pencak silat sendiri merupakan salahsatu identitas bangsa Indonesia yang sudah sejak lamanya turun temurun diwariskan oleh nenek moyang untuk tujuan mempertahankan diri dari berbagai tindak kejahatan atau hal-hal yang tidak diinginakan. Meskipun memang berasal dari Nusantara atau Indonesia, pencak silat tersebar cukup luas, khususnya di wilayah Asia Tenggara yang memenag serumpun dan memiliki persebaran nenek moyang berasal dari Nusantara, sebut saja Malaysia, Singapura dan beberapa negara lainnya.

Selain dengan negara di Asia Tenggara, Silat juga dikenal sangat luas dan banyak diminati oleh orang-orang di berbagai belahan dunia, mereka tertari dengan konsep pencak silat yang memang membawa nilai-nilai luhur dan juga penuh sinergi dengan alam. Pencak silat sendiri diperkirakan lahir dari adanya kebutuhan nenek moyang Nusantara pada zaman dahulu dalam meluakukan perburuan dan dalam uapaya mempertahankan diri dari segala kemungkinan buruk yang bisa saja sewaktu-saktu menimpa mereka, apalagi sejarahnya, budaya perang sudah dikenal sejak lama.

06

Pencak silat kebanyak diilhami dari alam, biasanya dari binatang-binatang melalui gerakan-gerakan serta kebiasaannya mempertahan diri dari berbagai serangan. Selain dengan gerekan-geerakannya yang mengilhami pencak silat, senjata serta bentuk tubuh dari hewan tersebut mengilhami senjata-senjata yang kemudian digunakan untuk melengkapi seni beladiri yang kini sudah sangat mendunia. Salahsatu jenis senjata tersebut adalah karambit. Karambit dikenal sebagai jenis senjata tradisional asal Nusantara yang terilhami dari kuku harimau dan diketahui menjadi jenis pisau paling mematikan di dunia.

Bagi anda yang belum mengenal karambit, maka anda bisa melihatnya dipakai di dalam film Merantau ataupun Berandal yang mendunia. Dalam film tersebut diketahui jika karambit atau karambiak dipergunakan oleh aktor laga Indonesia Iko Uwais dengan gerakan silat Harimau asli Minang dengan sangat mengagumkan. Selain Minang Karambit sendiri dipergunakan juga di beberapa daerah seperti Jawa Barat meskipun dengan bentuk yang agak sedikit berbeda.

Karambit merupakan sebuah pisau kecil yang dipergunakan dengan cara digenggam. Karambit dipergunakan untuk mempersenjatai beladiri jarak dekat khususnya silat atau silek dalam bahasa Minang. Bentuknya yang kecil hanya seukuran genggaman tangan membuat lawan tidak bisa mlihat penggunaanya. Karambita dipergunakan untuk merobek dan menyayat bagian tubuh lawan tanpa bisa terlihat atau terdeteksi sebelunya, sehingga sangatlah berbahaya, apalagi jika sudah dipadukan dengan gerakan silat. Penggunaan karambit juga tercatat dalam sejarah, yakni dalam buku-buku sejarah Eropa, yang menyebutkan jika karambit dipergunakan para prajurit dan tetara kerajaan zaman dahulu sebagai sejata terakhir di kala semua senjata lainnya telah habis terpakai.

Kepopuleran karambit sebagai senjata yang sangat mematikan tersebut akhirnya menyebarluas hingga ke berbagai penjuru dunia, seiring dengan peminat beladiri pencak silat yang juga bertambah. Berkat kebutuhan yang banyak dan melihat keganasan karambit, bahkan beberapa produsen pisau terkenal asal Amerika pun memproduksi pisau jenis ini dalam jumlah banyak. Sebut saja Emerson Knives dan Strider Knives yang kemudian memproduksipisau karambit ini. Karambit diketahui juga sebagai senjata yang jantan, karena penggunanya haruslah pemberani yang mau berhadapan dalam jarak yang dekat.

Mau tahu seperti apa penggunaan pisau karambit yang disebut-sebuat sebagai pisau atau alat beladiri paling mematikan di dunia? Lihat videonya di bawah ini!

Sangat mengagumkan sekali bukan karya cipta dari tanah Nusantara ini? Alam menjdai inspirasi utama dari berbagai hal yang nenek moyang kita ciptakan dan aplikasikan. Mereka hidup bersinergi sehingga tercipta kehidupan yang damai dan tenteram. Jangan lupa meberikan komentar pada bagian kolom, kemudian lanjutkan dengan membagikan informasi artikel ini kepada teman dan sahabat anda di media sosial.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook