Jember: Kota Penghasil Tembakau Terbaik Di Dunia

Mendengar kata cerutu mungkin yang akan terlintas cepat di benak anda adalah Kuba yang sangat dikenal dengan kualitas cerutu yang luar biasa.

Hingga kini Kuba dikenal sebagai pemasok dan produsen terbaik untuk produk rokok berukuran besar yang dikenal dengan nama cerutu Kuba. Kepopuleran cerutu Kuba juga sering terlihat dalam film-film mafia Hollywood dengan setelan perlente sedang menghisap dalam-dalam cerutu buatan Kuba tersebut.

Lantas apa kaitannya cerutu Kuba dengan Indonesia? Mungkin anda tidak tahu sebelumnya jika selain Kuba, Indonesia merupakan salahsatu produsen terbaik cerutu kedua setelah Kuba. Tidak mengherankan memang jika mengingat Indonesia memiliki potensi hasil alam yang sangat begitu luar biasa besarnya. Bahkan berkat hal tersebut, para juragan cerutu asal Kuba pun hingga menjuluki Indonesia sebagai tanah yang menjanjikan atau dalam istilah mereka disebut sebagai la tierra prometadora.

06

Para juragan cerutu yang berasal dari Kuba tidak pernah melawatkan Indonesia sebagai destinasi lahan berburu bahan baku yang berkualitas. Ada cukup banyak nama produsen maupun daun tembakau yang dikenal di dunia inteernasional, salahsatunya adalah Besuki Na Oogst (BNO). Daun tembakau satu ini dikenal karena keunggulan rasa, warna daun hingga elastisitas dari daunnya yang sangat baik. Daun tembakau satu ini berasal dari Besuki, Jember, dan hingga kini mengangkat dan mengharumkan nama Jawa Timur di mata dunia internasional.

Jika dilihat dari tradisi dan sejarahnya, cerutu sendir diperkenalkan sejak lama di Indonesia dan merupakan bagian dari tradisi Hindia-Belanda. Jejak itu terlihat dari Industri Bobbin PTPN X di Desa Jelbuk, Jember yang diketahui sudah beroperasi sejak 2 abad silam. Menurut sejarah pula jika memang tembakau produksi Jember ini memilki kualitas tinggi sehingga tidak kalah dari tembakau Amerika bahkan Kuba sekalipun. Sejak dahulu tembakau produksi Jember ini diekspor ke Jerman. Bahan baku yang diekspor tersebut digunakan sebagai bahan pembalut, pengikat, hingga sebagai pengisi bagian dalam dari cerutu berkualitas tinggi.

Jember memang memiliki sejarah yang sangat panjang dengan tembakau serta cerutu. Berawal dari George Bernie yang memulai menanam tembakau jenis BNO setelah mendapat izin usaha di Jember, kemudian beralih kepemilikan kepada pemerintahan Belanda saat itu, lanjut dengan pendudukan Jepang dan dinasionalisasikan. Sengketa antara petani dengan pihak PT Perkebunan (PTP) XXVII yang merupakan pengelola dari perkebunan tembakau tersebut juga sempat terjadi, meskipun demikian permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

Kini anda bisa berbangga jika ternyata cerutu terbaik dunia saat ini salahsatunya dipasok dari salahsatu kota di Indonesia, yakni Jember. Jika anda perhatikan, maka dalam logo daerah Jember sendiri terdapat gambar daun tembakau yang menunjukan jika daun tembakau tersebut merupakan bagian penting yang dimiliki oleh kota satu ini. Anda sendiri bisa mendapatkan 3 jenis tembakau yang diproduksi oleh Jember dalam berbagai merk produksi seperti Cadenza Long Premium, Bali Janger, Bali Legong dan beberapa merk lainnya.

Demikianlah tembakau terbaik dari tanah Jawa yang begitu mendunia karena rasa dan kualitasnya begitu disukai oleh begitu banyak orang di dunia. Patutnya anda mengetahui jika selain Kuba yang dikenal dengan kualitas terbaiknya Indonesialah yang termasuk ke dalam negara penghasil cerutu terbaik ke 2.

Silahkan berbagi dengan teman anda dengan menekan tombol share media sosial yang berada di bagian bawah artikel, cukup tekan dan mulai berbagi dengan teman anda. lanjutkan dengan mengisi kolom komentar yang sudah disediakan pada bagian bawah artikel.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook