Jangan Menggaruk Bekas Gigitan Nyamuk, Karena Faktanya Es Batu Bisa Mengatasinya

Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini bukan?

Ya es batu biasanya digunakan sebagai campuran juice, teh, serta aneka jenis minuman lainnya. Selain mampu menyegarkan tenggorokan dan tubuh saat diminum, ternyata es batu juga memiliki manfaat atau khasiat lainnya.

Nah, apakah anda pernah mengalami gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk? Biasanya ketika kulit terasa gatal akibat gigitan nyamuk tersebut kita langsung menggaruknya, karena selain menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan juga akan menimbulkan bekas merah di tangan sehingga dengan begitu akan membuat kita merasa tidak nyaman bahkan akan sangat menggangu terlebih lagi ketika kita tidur di malam hari.

Fakta-es-batu1

Menggaruk kulit karena rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk memanglah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengatasi atau meminimalisir gatal yang dirasa. Namun tahukah anda? ternyata menggaruk rasa gatal pada kulit akibat gigitan nyamuk dapat menimbulkan bahaya yang tidak pernah kita sadari sebelumnya.

Pada kenyataannya menggaruk kulit bekas gigitan nyamuk bukan hanya mengakibatkan timbulnya luka atau bentol pada kulit saja, melainkan juga akan memberikan efek yan lebih berbahaya dibandingkan dengan itu. Apabila garukan yang anda lakukan sampai menembus hinggga ke kulit, maka infeksi yang akan ditimbulkan pun menjadi lebih besar.

Banyak sekali orang yang berpendapat bahwa menggaruk bekas gigitan nyamuk atau serangga lainnya bisa membantu dalam meredakan rasa gatal di kulit dengan cepat. Hal itu memang benar sekali adanya, namun meskipun begitu seharusnya kita semua mengingat bahwa garukan yang dilakukan bisa lebih berbahaya dibandingkan dengan gigitan nyamuk itu sendiri. Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Purdue mengatakan bahwa menggaruk bekas gigitan nyamuk dapat menyebabkan infeksi yang serius di kulit, bahkan hal itu pun akan menyebabkan waktu penyembuhan menjadi lambat.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa menggaruk bekas gigitan nyamuk akan membuat rasa gatal yang menempel menjadi lebih lama hilang. Bahkan yang lebih mengerikan lagi garukan yang dilakukan akan membuat pendarahan. Nah, oleh sebab itulah ketika anda merasa gatal akibat gigitan nyamuk atau serangga lainnya usahakan jangan menggaruknya, karena es batu faktanya bisa mengatasi itu semua.

Es batu memang dipercaya dapat membantu untuk mengompres gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Tidak hanya itu saja, es batu pun dipercaya mampu mengurangi pembengkakan yang kemungkinan besar akan terjadi di sekitar bekas gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Memanfaatkan es batu untuk mengatasi rasa gatal juga dapat membantu dalam mematirasakan area bekas gigitan dan mengurangi rasa gatal yang berlebih.

Cara mengatasi rasa gatal karena gigitan nyamuk menggunakan es batu ini sangat sederhana sekali, dimana anda hanya tinggal menggosokan es batu pada kulit bekas gigitan nyamuk. Cara ini juga bisa anda lakukan sebagai cara alternatif apabila pada saat itu tidak ada obat yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal di kulit anda.

Nah, setelah mengetahui tips dan informasi bermanfaat ini maka akan lebih baiknya apabila anda membagikan atau menyebarkannya kepada teman, sahabat, keluarga dan rekan-rekan anda lainnya dengan cara meneka tombol share yang telah kami sediakan agar mereka pun tahu tips ini. Selain itu, anda juga bisa menyertakan atau meninggalkan komentar pada kolom yang telah kami sediakan di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook