Jangan Buang Silica Gel! Gunakan Untuk Hal-Hal INI

Apakah anda sering membeli sepatu atau barang-barang lainnya yang dikemas di dalam kardus?

Tentunya anda tidak asing lagi dengan gel-gel kecil yang dibungkus dalam kertas bukan? Ya itu disebut dengan silica gel.

Silica gel merupakan butiran seperti kaca berukuran kecil dan berpori-pori. Dimana silica gel itu sendiri dibuat secara sintetis dari bahan natrium silikat. Benda ini disebut gel karena termasuk ke dalam mineral alami yang dibuat atau diproses menjadi butiran. Meskipun pada kenyataannya bentuk fisiknya adalah padat.

MANFAAT-SILICA-GEL

Silica gel yang terdapat di dalam kardus biasanya kita buang begitu saja. Bahkan semua orang meremehkannya dan menganggapnya tidak berguna atau tidak memiliki manfaat. Namun, faktanya silica gel ternyata memiliki banyak manfaat.

Anda bisa memanfaatkan silica gel untuk hal-hal seperti di bawah ini.

Menghilangkan Bau

Tas, sepatu, handuk, dan pakaian apabila tidak disimpan dengan baik dan benar maka akan berbau. Untuk mengatasinya atau mencegah agar bau tersebut tidak muncul, anda bisa memanfaatkan silica gel. Simpan silica gel ke dalam tempat untuk menyimpan sepatu, tas, handuk atau lemari pakaian.

Selain itu, silica gel juga berfungsi untuk menjaga barang-baang anda yang disimpan di dalam lemari tidak berbau.

Menjaga Agar Kaca Mobil tetap Bening

Silica gel juga bisa membantu menjaga kaca mobil anda agar tetap bening. Caranya yaitu, simpan silica gel di dashboard, hal ini dilakukan untuk mencegah kelembaban yang nantinya akan menyebabkan kondensasi di kaca depan mobil anda. Agar semuanya bekerja dengan sepenuhnya, mungkin akan memakan waktu beberapa hari lamanya.

Mengatasi Ponsel Basah

Selama ini kita meyakini bahwa beras dapat mengeringkan handphone yang basah karena terkena air atau cipratan air. Namun, selain beras ternyata silica gel pun bisa kita gunakan untuk mengeringkan handphone. Caranya yaitu, masukan silica gel ke dalam sebuah kantong yang berisi handphone basah. Dibandingkan beras, silica gel dipercaya lebih efektif.

Melindungi Make Up

Terkadang alat make up akan rusak ketika di bawa ke dalam tas atau kantong tertentu. Namun, anda jangan merasa khawatir lagi karena kini alat make up anda akan lebih awet, karena silica gel bisa membantu.

Masukan silica gel ke dalam wadah atau tas make up, silica gel akan melindungi alat make up anda. Selain itu, silica gel juga berfungsi untuk menghindari alat make up yang berbahan dasar powder menggumpal.

Membuat Bunga Tidak Cepat Layu

Bagi anda yang memiliki hobi menyimpan bunga segar di dalam ruangan, untuk membuat bunga tersebut lebih awet anda bisa memanfaatkan silica gel. Cara memanfaatkan silica gel untuk menjaga agar bunga awet atau tahan lama cukup mudah. Anda cukup memasukan silica gel ke dalam wadah atau vas bunga. Lalu timbun agar silica gel tidak terlihat.

Mengawetkan Album Foto

Album foto tidak bisa terhindar dari jamur, terlebih lagi jika album foto tersebut disimpan di tempat yang lembab. Sementara itu, udara di dalam plastik foto pun lembab. Keadaan ini dialami oleh banyak orang dan membuat album fotonya menjadi rusak.

Jangan sampai keadaan tersebut menimpa album foto kenangan anda. Untuk mencegah agar jamur tidak tumbuh, anda bisa menyelipkan silica gel ke dalam plastik foto. Silica gel tersebut mampu menyerap uap air, sehingga dengan begitu akan membuat album foto tidak lembab dan jamur pun tidak akan tumbuh.

Mulai dari sekarang jangan buang silica gel dan manfaatkan untuk hal-hal di atas. Semoga bermanfaat.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook